Cara Cek Pembaruan pada Aplikasi Dapodik SMA-SMK Terbaru


Cara Cek Pembaruan pada Aplikasi Dapodik SMA-SMK Terbaru. Menu Cek Pembaruan yang terdapat di di aplikasi Dapodik adalah fitur yang berisi berbagai macam pembaruan aplikasi. Terutama untuk melakukan pembaruan atau update aplikasi Dapodik jika ada rilis baru dai Ditjen Pendidikan Dasar dan Menengah.

Pada perkembangannya, aplikasi dapodik SMA-SMK kini mulai terintegrasi dengan Dapodik pendidikan dasar yaitu SD dan SMP. Sehingga fitur aplikasi dapodik untuk dua jenjang ini saat ini sama, termasuk dalam Menu Pembaruan aplikasi.




Sebagai operator yang baik, sebaiknya anda perlu selalu mengecek Pembaruan di aplikasi. Tujuannya supaya selalu responsif terhadap segala macam bentuk pembaruan dan tidak ketinggalan informasi yang dapat merugikan anda maupun sekolah di mana anda menjalankan tugas sebagai seorang operator dapodik Sekolah.

Kemudian, bagaimanakah Cara Cek Pembaruan Aplikasi Dapodik itu? Sebenarnya ada dua cara, yaitu melalui pemberitahuan resmi dari Ditjen Dikdasmen melalui websitenya dan melalui Dapodik langsung.

Pada artikel kali ini, saya akan membahas mengenai cara cek pembaruan aplikasi melalui dapodik. Sebab jika melalui website, saya kira anda sekalian sudah memahaminya dan terbilang cukup mudah. Sebab anda cukup mengunduh file installer ataupun updater yang sudah disediakan dalam website.

Sebenarnya, cara melakuakn Cek Pembaruan aplikasi dapodik bukan perkara sulit. Asalkan, anda memahami betul tahap-tahapnya. Sehingga apa yang anda lakukan sesuai dengan prosedur yang ditetapkan dan pada akhirnya proses pembaruan aplikasi bisa berlangsung dengan sukses dan lancar.

Silahkan anda perhatian langkah-langkah Cara Cek Pembaruan Aplikasi Dapodik berikut ini:

1. Silahkan terlebih dahulu masuk ke Dapodik anda dengan cara login menggunakan ussername dan passwor anda sendiri. Ingat, jangan sampai keliru sebab hal itu akan menyebabkan anda gagal login ke aplikasi

2. Arahkan pandangan anda ke Menu Pengaturan yang berada di sebelah kanan bagian atas aplikasi

3. jika sudah ketemu, kemudian pilih dengan cara Klik Menu Cek Pembaruan yang ada di kolom Cek Pembaruan pada aplikasi Dapodik.

4. Usai anda Klik tombol Cek Pembaruan tadi, nanti akan muncul sebuah kotak dialog yang berisikan Status Aplikasi anda. Apabila Dapodik anda sudah versi terbaru, maka akan muncul informasi bahwa tidak ada pembaruan aplikasi.

5. Sebaliknya, jika pada Kotak dialog muncul pemberitahuan bahwa Pembaruan aplikasi tersedia, silahkan anda segera Klik Menu Lanjutkan yang disediakan pada pertanyaan tersebut.

6. Setelah anda klik, maka sistem di Aplikasi Dapodik akan melangsungkan proses Pembaruan. Biarkan proses pembaruan berlangsung sampai selesai. Jika anda hentikan di tengah-tengah proses pembaruan, maka dapat dipastikan pembaruan tersebut gagal dilakukan. Biasanya proses pembaruan ini berlangsung beberapa menit saja.

7. Tunggu sampai ada keterangan Berhasil. Yang artinya aplikasi anda berhasil di perbarui.

8. Terakhir segera refresh PC anda dengan cara menekan tombol f5 di keybord dan lihat aplikasi anda telah berhasil diperbarui.

Catatan Penting. Cara Cek Pembaruan Aplikasi Dapodik ini harus dilakukan secara online dengan koneksi internet. Maka dari itu, penting bagi anda untuk memastikan bahwa koneksi internet berjalan dengan lancar. Jangan sampai terputus-putus sebab bisa mengakibatkan Proses Pembaruan aplikasi gagal. Kartu yang anda gunakan dalam internet harus sesuai dengan kuatnya jenis sinyal di daerah anda. Sebab masing-masing wilayah memiliki kualitas jaringan internet yang berbeda-beda. Sehingga tidak bisa disamaratakan. Dengan memerhatikan hal-hal tersebut, pembaruan aplikasi anda akan berjalan dengan lancar.



Artikel Terkait :

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Cek Pembaruan pada Aplikasi Dapodik SMA-SMK Terbaru"

Posting Komentar