Cara Meluluskan Siswa di Dapodik SMA-SMK Terbaru


Cara Meluluskan Siswa di Dapodik. Sobat operator, Aplikasi Dapodik itu digunakan untuk berbagai keperluan sekolah, mulai dari pendataan peserta didik, guru, sarana prasarana hingga struktur kurikulum pembelajaran sekolah tersebut. Semua lengkap tersedia di dalam Dapodik dan harus diisi sesuai dengan data sebenarnya di dalam sebuah sekolah.

Sobat operator, terkait dengan kompleknya fungsi Dapodik tersbut pada kesempatan saya akan membuat sebuah artikel mengenai cara meluluskan siswa. Seperti yang telah anda semua ketahui, setelah siswa resmi dinyatakan lulus maka operator dapodik perlu segera meluluskannya melalui aplikasi dapodik.

Cara Meluluskan Siswa di Dapodik
Cara Meluluskan Siswa di Dapodik.

Langkah ini dimaksudkan untuk memastikan secara administratif di dalam dapodik siswa bersangkutan telah dinyatakan lulus dari sekolah tersebut. Apabila hal ini tidak dilakukan, maka siswa yang telah lulus UN itu akan tetap masuk dalam kategori siswa aktif.

Namun, persoalannya siswa yang belum diluluskan melalui Dapodik tidak memiliki Rombongan Belajar dan Pembelajaran. Sehingga ini dapat menjadi temuan dari pihak yang berwenang dan dapat merugikan sekolah bersangkutan di kemudian hari. Tentu anda sekalian tak ingin mengambil resiko tersebut. Untuk itu segeralah meluluskan siswa di dapodik setelah usai pengumuman UN.

Dalam melakukan proses kelulusan di dapodik cukup mudah, anda hanya perlu menggunakan fasilitas Proses Kelulusan bersama yang berada di Menu Peserta Didi yang telah tersedia. Namun ada yang perlu diingat, jika proses kelulusan di Dapodik harus dilakukan di awal semester gasal pada setiap tahun ajaran baru. Atau kira-kira antara bulan juli sampai agustus.

Jangan sampai anda melakukannya di waktu yang salah atau melewati batas ketentuan yang telah ditetapkan. Sebab dapat mengakibatkan kegagalan dalam proses meluluskan siswa dari aplikasi dapodik.

Memang, sebenarnya dalam manual aplikasi (Buku panduan Dapodik) dijelaskan bahwa proses kelulusan bersama bisa dilakukan pada saat awal semester gasal dan kedua. Tetapi saya pribadi mengajurkan agar anda melakukannya ketikan awal semester gasal dimulai.

Untuk melakukan proses kelulusan bersama ini, sebenarnya cukup mudah. Anda cukup melakukan beberapa langkah maka semua siswa kelas 12 bisa segera diluluskan dari dapodik. Namun, jika anda masih kebingungan dan belum tahu perhatian penjelasan di bawah ini secara lengkap.

Cara Meluluskan Siswa di Dapodik

1. Terlebih dahulu Login ke Aplikasi Dapodik

Tentunya anda semua sudah sangat hafal dengan hal ini, dan tak perlu lagi saya jelaskan.

2. Silahkan anda masuk ke Periode Ganjil tahun pelajaran baru

Menu ini berada saat di halaman localhost dapodik. Tepatnya berada di bawah kolom ussername dan password. Pilih periode ganjil tahun ajaran baru. Jangan yang periode genap karena itu untuk semester genap.

3. Kemudian Pilih Menu Peserta Didik

Menu peserta didik berada di sebelah kiri aplikasi. Ketika anda berhasil login dapodik pasti akan terlihat beberapa menu, dan silahkan klik Peserta Didik. Cukup satu kali saja kliknya. Jika sudah maka akan muncul daftar peserta didik di sekolah anda.

Tandai semua peserta didik yang ingin diluluskan dari dapodik dengan cara melakukan di tombol ceklis yang berada di sebelah kiri nama siswa. Harap semua siswa yang lulus untuk ditandai jangan sampai ada yang terlewat. Setelah semua ditandai maka silahkan Klik Menu Proses Bersama Kelulusan.

4. Lengkapi Data yang Diminta

Setelah langkah ketiga anda lakukan maka akan mucul jendela Proses Kelulusan. Isi semua data yang diminta biasanya meliputi, kolom keluar yang harus anda isi karena lulus, tanggal keluar dari sekolah yang harus anda isi berdasarkan tanggal lulus siswa, dan kolom alasan yang harus anda isi dengan Lulus. Usai semua terisi dengan benar maka selanjutnya Klik Tombol Simpan.

5. Selesai Siswa Berhasil Diluluskan

Keberhasilan kelulusan siswa dari Dapodik ditandai dengan adanya pemberitahuan bahwa proses kelulusan telah berhasil. Yang anda lakukan selanjutnya adalah klik tombol OK yang disediakan.

Catatan Penting, jika anda berhasil melakukan Cara Meluluskan Siswa di Dapodik dengan baik, maka perlu segera melakukan sinkronisasi Data Dapodik. Tujuannya, agar data lama segera diubah dengan data pembaruan terbaru.



Artikel Terkait :

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Meluluskan Siswa di Dapodik SMA-SMK Terbaru"

Posting Komentar