Spektrum Keahlian SMK Kurikulum 2013 Terbaru


SK Sepektrum SMK Kurikulum 2013.

Sahabat Operator Dapodik SMA-SMK yang berbahagia, tentu kalian tak sing lagi dengan yang namanya spektrum keahlian. Ya Spektrum SMK berhubungan dengan jenis program studi yang dibukan di sebuah Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Untuk itu, para pengelola sekolah harus memperhatikan susunan spektrum dari pemerintah.

Sebelumnya, saya sudah membuat artikel tentang Petunjuk Teknis Spektrum Keahlian SMK KTSP. Kali ini saya akan menjelaskan mengenai Spektrum Keahlian  SMK Kurikulum 2013 Terbaru. Sesuai namanya, spektrum ini diperuntukkan bagi SMK yang sudah menerap Kurikulum 2013 (K13).

Berdasarkan Keputusan Jendral Pendidikan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah menetapkan tentang Spektrum keahlian pendidikan menengah kejuruan.

Spektrum sendiri merupakan acuan dalam pembukaan dan penyelenggaraan bidang studi/program studi/kompetensi keahlian pada SMK.

Pada setiap kompetensi keahlian yang dibuka, SMK dapat mengkhususkan kompetensi berdasarkan komoditas tertentu sesuai dengan tuntutan kebutuhan dunia kerja terkait (konsentrasi keahlian) dengan tidak mengabaikan kemampuan dasar kompetensi keahlian tersebut.

a. Pembukaan bidang studi/program studi/kompetensi keahlian pada SMK baru mengacu pada ketentuan yang mengatur tentang pendirian SMK.


b. Penambahan dan/atau perubahan paket keahlian sesuai dengan spektrum keahlian pendidikan menengah kejuruan ditetapkan oleh Kepala Dinas Pendidikan sesuai dengan kewenangannya.

c. setiap usul penambahanperubahan bidang/program/paket keahlian sebagaimana dimaksud pada butir a dan b disertai proposal dan alasan tertulis.

Downlod Spektrum Keahlian  SMK Kurikulum 2013 Terbaru

Para pengelola SMK harus teliti dalam memilih jenis spektrum keahlian . Sebab dalam Spektrum Keahlian  SMK Kurikulum 2013 Terbaru memuat beberapa hal yang harus anda pahami secara benar.
Di dalam Spektrum Keahlian SMK Kurikulum 2013 Terbaru terdapat 4 hal yang wajib anda ketahui, yaitu Bidang Keahlian, Program Keahlian, Paket Keahlian, Nomor Kode. Keempat hal tersebut harus sesuai dengan program keahlian di SMK yang telah menerapkan Kurikulum 2013.

Langsung saja untuk dapat melihat Spektrum Keahlian SMK Kurikulum 2013 Terbaru, silahkan anda Klik disini.

Demikianlah Informasi mengenai Spektrum Keahlian SMK Kurikulum 2013 Terbaru. Semoga Bermanfaat. Salam satu data.



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel