Cara Menambah Rombel Baru pada Aplikasi Dapodik Versi 2016


Cara Menambah Rombel Baru di Dapodik. Sobat Operator, Rombongan belajar adalah sekumpulan siswa  yang berkumpul menjadi satu untuk membuat sebuah kelas bersama. Di dalam rombongan belajar ini nantinya siswa akan bersama-sama belajar dalam periode waktu tertentu. Biasanya hingga ia dinyatakan lulus ujian, adapula sekolah yang mengubah rombongan belajar setiap semester dengan alasan teretentu.

Tentu sebuah sekolah harus memenuhi syarat rombongan belajar atau yang biasa disebut Rombel ini. Di dalam pembentukan rombel, harus didasarkan pada ketentuan yang berlaku seperti jumlah minimal siswa yang harus ada. Jika ada 5 orang siswa misalnya, itu tidak boleh membuat rombel sendiri karena tidak dianggap memenuhi batas minimal ketentuan yang berlaku.

Cara Menambah Rombel Baru di Dapodik
Cara Menambah Rombel Baru di Dapodik.

Untuk masing-masing standar minimal siswa dalam satu rombel memang berbeda di setiap satuan pendidikan. Mulai dari SD hingga SMA ada batasannya sendiri. Anda bisa melihatnya sendiri di blog ini dengan mengetik judul Aturan Rasio Jumlah Guru dan Murid pada kolom pencarian yang berda di atas.

Selain itu, khusus untuk SMK Rombel wajib disesuaikan dengan program keahlian atau jurusan yang dilayani. Tidak boleh, sebuah SMK membuat rombel yang di situ belum diijinkan untuk dibuka. Untuk itu, jika ingin membuka rombel baru maka pihak pengelola SMK perlu mengajukan penambahan terhadap Program Keahlian Baru di sekolahya.

Sebenarnya untuk melakukan  penambahan Rombel baru pada jenjang SD, SMP, SMA dan SMK di Aplikasi Dapodik caranya tidaklah berbeda. Langkah-langkahnya pun sama, Cuma perbedaan yang perlu diingat adalah  terletak pada program Pengajaran di dalam satuan pendidikan tersebut.

Tidak mungkin, pembelajaran di tingkat SD sama dengan jenjang SMK. Maka dari itu saat mengisi Tab program pengajaran harus teliti. Disesuaikan dengan jenjang satuan pendidikan yang ada di sekolah anda. Untuk lebih jelasnya berikut ini tahap-tahapan untuk menambah rombel baru.

Cara Menambah Rombel Baru di Dapodik 

1. Login ke Dapodik

Pastikan anda login di Aplikasi Dapodik dengan benar. Menggunakan ussername dan password yang sesuai. Jika ada salah satu huruf atay angka yang keliru maka dipastikan anda tak bisa login untuk masuk ke dalam dapodik

2. Klik Menu Rombel

Menu Rombel berada di sebelah kiri, segera klik satu kali pada menu tersebut. Setelah di klik maka akan tampil berbagai macam pilihan menu lagi.  Pilih Jenis Rombel, maka akan keluar macam-macam rombel yaitu kelas, teori, praktek dalam kelas, praktek luar kelas, agama, seni budaya dan prakarya. Pilih yang sesuai dengan jenis rombel di sekolah anda

3. Kemudian Klik Menu Tambah

Kemudian Klik Tambah pada Jenis Rombel, jangan lupa pilih juga tingkat kelasnya. Tahap ini harus benar sebab masing-masing satuan pendidikan berbeda-beda. Untuk SD maka tingkat kelasnya adalah 1-6, tingkat SMP adalah 7-9 dan jenjang SMAialah 10 sampai degan 12.

4. Lengkapi Semua Data Rombel

Setelah semua langkah di atas berhasil anda lakukan, selanjutnya adalah melengkapi data Rombel. Datanya apa saja? Di antaranya ialah meliputi Nama Rombel, Nama Wali Kelas, Kurikulum yang digunakan, Program Pengajaran yang dilakukan hingga sarana prasarana yang diperlukan. Semua harus diisi lengkap.

5. Simpan Data

Langkah terakhir yang harus anda lakukan adalah melakukan penyimpanan data. Ha ini wajib dilakukan agar data yang diinput ke dalam Aplikasi Dapodik tidak hilang. Apabil tidak disimpan maka semua data otomatis terhapus.

Sangat mudah sekali bukan? Tips dari saya, dalam membuat rombel baru hendaknya anda teliti khususnya untuk SMK dan sekolah-sekolah yang telah melaksanakan Kurikulum 2013 atau K13. Mengapa saya mengatakan demikian? Sebab pada jenjang pendidikan SMK dan Kurikulum 2013 terdapat beberapa program pengajaran khusus, jadi jangan sampai salah melakukan input.

Hal ini akan berpengaruh terhadap Pembelajaran yang berisi sejumlah Mata Pelajaran yang akan dimunculkan dalam rombel baru tersebut. Jika anda masih bingung mengenai jurusan yang berada di SMK alangkah lebih baiknya sebelum membuat Rombel baru anda mempelajari Spektrum Program Keahlian SMK terbaru dulu. Semoga artikel Cara Menambah Rombel Baru di Dapodik ini dapat membantu.



Artikel Terkait :

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Menambah Rombel Baru pada Aplikasi Dapodik Versi 2016"

Posting Komentar