Cara Registrasi Aplikasi Dapodik Versi 2016


Setelah anda berhasil melakukan intalasi Dapodik, Tahapan berikutnya setelah selesai melakukan instalasi Aplikasi Dapodik Versi 2016 yaitu melakukan registrasi aplikasi. Siapa yang harus melakukan registrasi aplikasi dapodik? Petugas yang harus melakukan registrasi adalah operator dapodik sekolah. Namun, jika anda melakukan update aplikasi saja maka tak perlu melakukan registrasi.

Perbedaan registrasi pada aplikasi versi 2016 adalah pada fungsinya. Langkah-langkah kini diubah fungsinya dengan Menu verifikasi data pengguna. Di sini Username dan password wajib terdaftar dahulu di server Dapodik pada semester lalu. Selain itu juga harus cocok dengan kode registrasi yang dimiliki sekolah bersangkutan.



Bagaimana cara meakukan Tambah data pengguna baru (operator sekolah)? Jika ingin melakukan hal ini  bisa anda lakukan melalui KK-DATADIK Dinas Pendidikan Kabupaten atau Kota setempat. Perlu anda tahu bahwa Proses registrasi di aplikasi Dapodik versi 2016 bisa melalui dua cara yaitu secara onlline atau offline.




Agar lebih jelas, Berikut ini kami terangkan Cara Registrasi Aplikasi Dapodik Versi 2016:

a. Pertama, Registrasi secara online

Apabila pengguna atau operator dapodik melakukan registrasi secara online maka tak usah menggunakan file prefill. Anda hanya perlu melakukan input data username, password dan kode registrasi yang tepat saja. Maka secara otomastis proses registrasi dapat dilakukan dan berjalan sendiri. Proses registrasi secara online biasanya memakan waktu kurang lebih berlangsung selama 5 menit jika koneksi internet lancar.

Apabila terdapat kesalahan data dalam registratsi online, maka akan muncul peringatan data sekolah tidak ditemukan atau data pengguna salah di peringatannya. Sedangkan apabila proses registrasi dikatakan berhasil ketika muncul notifikasi pemberitahuan bahwa Sinkronisasi telah selesai, yang selanjutnya akan diarahkan ke halaman login aplikasi.

b. Kedua, dengan cara Registrasi offline

Berbeda dengan registrasi online, Proses registasi secara offline harus menggunakan prefill, supaya lebih jelas, perhatikan langkah-langkah berikut ini:

1) Langkah awal adalah menyiapkan file prefill sekolah yang telah berhasil anda unduh melalui website dapodikdasmen.

2) Selanjutnya anda harus memastikan bahwa nama file prefill hasil unduhan tidak memiliki angka satu (1), dua (2), dan seterusnya. Hal itu terjadi lantaran Operator Dapodk pernah mengunduh atau mendownload file prefill lebih dari satu kali dan disimpan di tempat/lokasi yang sama sehingga data dobel.

3) langkah berikutnya adalah menaruh file prefill tersebut di direktori komputer bagian C:\ di dalam nama folder  bertuliskan “prefill_dapodik”.

4) Setelah selesai dilakukan semuanya,  berikutnya silahkan anda jalankan aplikasi Dapodik yang terdapat pada Start Menu atau dengan cara melakukan klik dua kali pada ikon Dapodik yang ada di Desktop PC anda

5) Perlu anda tahu, menjalankan aplikasi dapodik tidak hanya dengan klik shortcut yang ada di dekstop saja, melainkan anda juga bisa melakukannya dengan memasukan alamat url localhost:5774 di Google chrome atau mozila anda kemudian di enter

6) Setelah anda membuka aplikasi dapodik, maka akan muncul tampilan registrasi secara otomatis

7) Yang perlu anda lakukan adalah mengIsi lengkap form atau daftar registrasi dapodik yang disediakan di Menu awal, setelah semua terisi dengan benar, selanjutnya silahkan anda klik tombol “Submit”

8) Tak berhenti di situ, ketila anda sudah berhasil melakukan registrasi dapodik, akan terdapat sebuah peringatan bahwa Proses sinkronisasi telah selesai dan berhasil.

9) Terakhir, silahkan anda cek aplikasi Dapodik anda dengan melakukan login menggunakan username dan password sesuai data registrasi anda kemudia klik tombol Masuk.

Demikianlah artikel saya mengenaii Cara Registrasi Aplikasi Dapodik Versi 2016. Jika ada pertanyaan silahkan tulis di kolom komentar yang ada dibawah



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel