Cara Memakai 1 Aplikasi Dapodik Versi 2016 untuk Beberapa Sekolah


Cara Memakai 1 Aplikasi Dapodik untuk Beberapa Sekolah. Sobat Operator, Aplikasi Dapodik dibuat dengan berbagai macam kemudahan. Jadi menurut tidak benar jika ada klaim yang mengatakan mengelola dapodik itu sulit. Asalkan dijalankan sesuai dengan aturan yang sudah ditetapkan, saya rasa akan berjalan dengan baik dan lancar.

Kalaupun terdapat kesalahan aplikasi, ini bukanlah wewenang kita sebagai operator untuk menyelesaikannya. Biasaya nanti akan ada pembaruan dan perbaikan terkait dengan adanya Bug (kesalahan) aplikasi yang terjadi. Jadi menurut saya anda hanya perlu memahami secara benar panduan yang sudah diberikan dan jangan malu untuk bertanya kepada operator lain.

Cara Memakai 1 Aplikasi Dapodik Versi 2016 untuk Beberapa Sekolah
Cara Memakai 1 Aplikasi Dapodik  untuk Beberapa Sekolah.

Salah satu kemudahan Aplikasi Dapodik adalah bisa digunakan lebih dari satu sekolah. Maksudnya bagaimana? Aplikasi Dapodik yang terinstal dalam PC anda itu sebenarnya bisa digunakan untuk beberapa sekolah. Apa benar demikian? Jawaban saya sangat benar sekali dan anda bisa mencobanya sendiri kalau tidak percaya.

Fungsi aplikasi dapodik yang bisa digunakan untuk beberapa sekolah dibuat lantaran untuk membantu keterbatasan infrastruktur dan SDM dalam mengelola Dapodik. Mungkin di daerah perkotaan hal ini tidak terjadi, namun di wilayah yang belum terlalu banyak teknologi ini bisa menjadi persoalan serius. Makanya Aplikasi Dapodik sengaja di desain demikian agar proses pendataan Pendidikan di semua wilayah indonesia berlangsung dengan baik dan lancar.

Sudahkah anda mengetahui Cara Memakai 1 Aplikasi Dapodik untuk Beberapa Sekolah? Jika anda merasa belum tahu, perhatikan langkah-langkah berikut ini dengan seksama.

1. Silahkan lakukan Registrasti Dapodik

Registrasi pertama dilakukan untuk sekolah pertama. Untuk tahapan registrasti dapodik saya anggap anda semua sudah memahaminya. Misalanya saya mencotohkan, sekolah pertama yang saya gunakan adalah tingkat Sekolah Menengah Atas.

2. Cek Peserta Didik

Setelah berhasil melakukan registrasi di sekolah pertama, kemudian silahkan Login ke Dapodik. Pilih menu Peserta Didik. Cek data peserta didik di sekolah pertama anda. Pastikan semua telah masuk ke dalam Aplikasi Dapodik. Jika ada yang belum masuk maka anda perlu segera memperbaikinya.

3. Cek Status Peserta Didik

Setelah semua peserta didik masuk dalam Dapodik, maka anda juga harus memastikan status mereka valid. Jika ada yang masih warnah merah, artinya siswa tersebut belum terdaftar dengan benar dalam Aplikasi. Maka segera perbaiki datanya, dengan mengisi data Registrasi yang ada di Menu Peserta Didik. Input data dengan benar kemudian Simpan.

4. Cek Data PTK

PTK adalah Kepanjangan dari Pendidik dan Tenaga Kependidikan. Anda harus memastikan bahwa semua PTK di sekolah anda telah masuk dalam Aplikasi Dapodik. Jangan sampai ada satu saja yang terlewatkan. Data PTK juga perlu anda cek dengan benar. Penugasan masing-masing PTK harus diisi kemudian Simpan data tersebut.

5. Ulangi Semua Langkah Tadi

Setelah anda memastikan semua Siswa dan PTK telah masuk ke dalam Dapodik, baru anda bisa melakukan registrasi sekolah kedua yang hendak anda masukkan ke Dapodik. Misalnya saja saya akan memasukkan data sekolah tingkat SMP, maka harus mengulangi langkah-langkah yang saya sebutkan di atas tadi.

Hal terpenting bagi anda jika ingin menggunakan satu aplikasi Dapodik untuk beberapa sekolah adalah memastikan daftar peserta didik dan PTK sudah masuk semua ke dalam Tabel. Jika ada yang belum masuk satu saja anda harus menyelesaikan masalah itu terlebih dahulu baru boleh melakukan registrasi untuk sekolah kedua. Demikian informasi tentang Cara Memakai 1 Aplikasi Dapodik untuk Beberapa Sekolah.



Artikel Terkait :

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Memakai 1 Aplikasi Dapodik Versi 2016 untuk Beberapa Sekolah"

Posting Komentar