Cara Menaikan Kelas di Aplikasi Dapodik Versi 2016

Cara Menaikan Kelas di Aplikasi Dapodik. Setiap tahun ajaran baru, pasti ada kenaikan kelas di sekolah. Seorang siswa yang dinyatakan naik kelas maka ia berhak dudduk di jenjang kelas selanjutnya, misalnya dari kelas 1 ke kelas 2, kelas 3 ke kelas 4 dan seterusnya sampai dengan tingkat SMA sederajat dan dinyatakan lulus.

Proses kenaikan kelas ini juga harus dilakukan pada aplikasi Dapodik Sekolah. Seperti yang diketahui, bahwa segala macam pendataan terkait dengan sekolah berada di dalam Dapodik. Maka dari itu, semua hal mengenai pembaruan data sekolah harus di update melalui dapodik. Salah satunya adalah mengenai kenaikan kelas siswa ini.

Cara Menaikkan Kelasi di Aplikasi Dapodik
Cara Menaikkan Kelasi di Aplikasi Dapodik.

Menaikkan kelas siswa di dalam Dapodik hanya dilakukan pada awal tahun ajaran baru. Sebab kenaikan kelas hanya dilakukan setiap satu tahun sekali. Memang tidak ada batasan pasti kapan waktu menaikkan kelas, namun saya menganjurkan setelah anda mengetahui data peserta didik yang naik ke kelas selanjutnya, maka segeralah anda melakukan proses kenaikan kelas tersebut melalui dapodik

Bagaimana cara menaikkan kelas di dalam Dapodik? Caranya adalah dengan menggunakan Tombo Kenaikan Kelas yang sudah disediakan. Apa fungsi tombol tersebut? Intinya untuk menyatakan secara administratif dalam Dapodik bahwa siswa tersebut benar-benar telah dinyatakan naik kelas selanjutnya. Maka dari itu anda harus memiliki data siswa yang naik kelas pada tahun ini.

Kemudian, apakah anda sudah tahu prosedur menaikkan kelas melalui Aplikasi Dapodik? Bagi anda terutama yang belum tahu ada baiknya anda memperhatikan penjelasan ini seacara lengkap. Kenapa? Sebab Menu Kenaikan Kelas di Aplikasi Dapodik Versi 2016 dengan versi sebelumnya memiliki beberapa perbedaan.

Untuk itulah, jika anda seorang operator Dapodik pahami secara benar prosedurnya supaya tidak ada kesalahan dalam melakukan pendataan siswa.


Cara Menaikan Kelas di Aplikasi Dapodik

1. Biasa anda harus login dahulu ke Aplikasi Dapodik (pasti anda sudah sangat tahu caranya)

2. Klik Menu Rombongan belajar yang berada di sebelah kiri aplikasi Dapodik anda. Jangan sampai keliru menekan menu karena isi fiturnya berbeda-beda

3. Klik Menu Aksi. Menu ini berada di bagian bawah sebelah kiri aplikasi warnanya ungu berbentuk kotak kecil

4. Setelah anda klik tombol tersebut, lantas akan muncul pemberitahuan Pilihan Rombongan Belajar (Rombel) yang akan dinaikkan kelas dari semester dua Tahun Ajaran 2015/2016. (Pemberitahuan ini akan menyesuaikan secara otomatis dengan semester dan Tahun Ajaran yang sedang berlangsung saat ini.

5. Klik Panah. Pada pemberitahuan yang ada di nomor 4, akan ada sebuah panah ke bawah berwarna putih. Segera klik panah tersebut.

6. Pilih Rombongan Belajar yang hendak inging anda naikkan. Proses ini berlangsung satu per satu berdasarkan rombel yang ada. Pilih secara benar supaya tak ada kekeliruan dalam proses kenaikan kelas di dalam Dapodik.

7. Kelas tersebut berhasil dinaikkan. Sampai pada tahap Nomor 6 itu artinyan anda sudah berhasil melakukan Kenaikan kelas bagi Rombongan Belajar yang anda pilih tersebut.

Seperti yang sudah saya jelaskan bahwa proses kenaikan kelas ini hanya bisa dilakukan per rombel. Apabila di sekolah anda terdapat sepuluh Rombel maka anda perlu melakukan langkah-langkah di atas sebanyak 10 kali pula. Agar semua data Rombel bisa dinaikkan menuju kelas selanjutnya. Semoga informasi mengenai Cara Menaikan Kelas di Aplikasi Dapodik dapat bermanfaat bagi kita semua.



Artikel Terkait :

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Menaikan Kelas di Aplikasi Dapodik Versi 2016"

Posting Komentar