Cara Menarik Otomatis Peserta Didik di Dapodik Versi 2016


Cara Menarik Siswa Otomatis di Dapodik
Cara Menarik Siswa Otomatis di Dapodik.

Cara Menarik Siswa Otomatis di Dapodik. Sobat Operator, pembaruan yang ada di Aplikasi Dapodik memang cukup membantu kinerja operator sekolah. Sebab ada beberapa hal yang dulunya harus diinput secara manual dan membutuhkan waktu lama, tetapi sekarang bisa dilakukan dengan online dan hanyak membutuhkan waktu beberapa menit saja.

Salah satunya adalah mengenai input Data peserta Didik. Apa yang baru di sini? Pada Aplikasi Dapodik Versi 2016, siswa yang berasal dari sekolah yang berada di bawah Kementerian Pendidikan seperti SD dan SMP datanya bisa langsung ditarik otomatis.

Apa maksudnya, misalnya ada seorang siswa dari SD yang akan melanjutkan ke SMP, maka operator dapodik SMP tersebut tidak mengiput data secara manual. Ia hanya cukup melakukan penarikan data dari Dapodik siswa SD tersebut. Dengan satu kali Klik, maka data siswa secara lengkap bisa masuk ke Dapodik SMP. dan ini juga berlaku bagi siswa SMP yang melanjutkan studinya di SMA maupun SMK.

Sayangnya hal ini belum bisa dilakukan untuk siswa yang berasal dari sekolah di bawah Kementerian Agama seperti MI dan MTs. Disebabkan aplikasi pendataan siswa yang berbeda maka Menu Penarikan Siswa otomatis tidak bisa dilakukan. Lalu bagaiman jika ada siswa dari MTs yang akan melanjutkan ke SMK? Tenang saja, anda bisa menginputnya secara manual.

Semua pembaruan tentu terdapat kelebihan dan kekurangannya. Dari segi kelebihan penarikan Siswa secara otomatis akan memudahkan operator Dapodik. Cukup dengan menemukan data siswa yang dimaksud maka dalam seketika datanya akan masuk ke dapodik sekolah barunya.

Dari segi kekurangan, pada awalnya penarikan siswa baru bisa dilakukan ketika sekolah asal siswa meluluskan mereka terlebih dahulu. Namun kini masalah tersebut sudah bisa di atasi. Tanpa menunggu diluluskan, siswa bisa langsung ditarik.

Selain itu, dalam praktiknya adapula Operator Dapodik yang “nakal” dengan menarik siswa seenaknya agar jumlah siswa di Dapodik banyak. Tentu ini harus segera ditindaklanjuti agar tidak merugikan siswa dan sekolah lain yang memang menjadi tempat tempat bersekolah siswa tersebut.

Terlepas dari Kelebihan dan kekurangan tersebut, sudah tahukah anda Cara Menarik Otomatis Peserta Didik di Dapodik? Jika belum tahu perhatikan langkah-lagkah berikut ini dengan baik.

1. Pertama masuklah ke website Dapodikdasmen yang beralamat di dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id

2. Silahkan login dahulu, menu Login berada di bagian atas sebelah kanan website

3. Pilih jenis Login sebagai Operator Sekolah, akrena posisi anda adalah seorang operator Dapodik

4. Website Dapodikdasmen terintegrasi dengan Aplikasi Dapodik anda, maka untuk login di website ini username dan password sama dengan yang anda gunakan di dapodik.

5. Setelah berhasil Login, Klik Tombol Tarik Peserta Didik yang berada di sebelah Kiri

6. Kemudian anda harus mengisi data lengkap sekolah di mana siswa tersebut berada. Data yang harus anda isi meliputi, Jenjang Sekolah, Provinsi, Kaupaten/Kota, kecamatan di mana sekolah berada. Semua harus diisi dengan lengkap tanpa terkecuali.

7. Setelah sekolah ditemukan, cari data siswa tersbut. Untuk mencarinya, bisa menggunakan 3 cara yaitu dengan mengisi data NISN, Nama Siswa tersebut atau Nama Ibu kandung siswa. Anda bisa memilih salah satunya.

8. Apabila data siswa yang anda tuju sudah ditemukan, maka carilah panah yang berada di sebelah kanan dan sejajar dengan data siswa. Klik panah tersebut untuk memindahkan siswa ke Dapodik sekolah tujuan.

9. Terakhir Klik Konfirmasi

Itulah informasi mengenai Cara Menarik Otomatis Peserta Didik di Dapodik yang bisa saya sampaikan semoga dapat bermanfaat.

Artikel Terkait :

Subscribe to receive free email updates:

3 Responses to "Cara Menarik Otomatis Peserta Didik di Dapodik Versi 2016"

  1. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  2. pas waktu login kok nggak mau masuk ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Loginnya pake username dan password dapodik

      Hapus