Cara Mendapatkan Nomor Registrasi Perpustakaan


Cara Mendapatkan Nomor Registrasi Perpustakaan. Salam Satu Data. Sahabat Operator Dapodik, salah satu pembaruan di Aplikasi Dapodik Versi 2016 ialah terletak pada input Sarana Prasarana Perpustakaan. Jika dulu operator hanya cukup input sarpras perpustakaan saja, namun hal itu berbeda dengan saat ini.

Lantas apa bedanya? Perbedaan input data Sarpras perpustakaan saat terutama terletak pada penambahan Nomor Registrasi Perpustakaan. Apa Nomor Registrasi Perpustakaan itu? Nomor Registrasi Perpustakaan merupakan nomor khusus yang diberikan kepada perpustakaan sekolah yang telah terdaftar di Perpustakaan Nasional.



Cara Mendapatkan Nomor Registrasi Perpustakaan
Cara Mendapatkan Nomor Registrasi Perpustakaan.

Nah, bagaimana dengan perpustakaan sekolah yang belum terdaftar di Perpustakaan Nasional? Tentu hal ini membuat banyak operator menjadi pusing. Sebab jika perpustakaan sekolah tak terdaftar di Perpustakaan nasional, maka Pustakawan yang bertugas tidak bisa dihitung menjadi tugas tambahan. Dan jika dia sertifikasi maka tak bisa dihitung sebagai jam tambahan untuk keperluan sertifikasinya.

Kalau begitu bagaimana Cara Mendapatkan Nomor Registrasi Perpustakaan? Untuk mendapatkan Nomor Registrasi Perpustakaan sebenarnya bukanlah perkara yang sulit. Anda cukup melakukan pendaftaran perpustakaan dengan cara mengunjungi laman http://npp.pnri.go.id/. Setelah anda masukkan alamat tersebut maka kemudian muncul halaman utama laman Perpustakaan Nasional Republik Indonesia.

Jika anda merasa masih bingung, perhatikan langkah-langkah berikut ini dengan seksama. Saya akan berbagi informasi mengenai Cara Mendapatkan Nomor Registrasi Perpustakaan. Tentu ini bukan perkara gampang, anda perlu melalui tahap demi tahap secara benar supaya perpustakaan pusat segera memberikan nomor registrasi kepada perpustakaan sekolah anda.

Cara Mendapatkan Nomor Registrasi Perpustakaan

1. Kunjungi Website Perpustakaan Nasional Republik Indonesia di alamat website http://npp.pnri.go.id/ di halaman jendela browser anda. Pastikan koneksi internet yang digunakan lancar, jangan sampai terputus-putus sebab ini dapat mengganggu prose permintaan nomor registrasi perpustakaan sekolah yang sedang diajukan

2. Pilihlah Menu NPP yang ada di beranda website tersebut. NPP ini berisi tentang pengajuan Nomor Registrasi perpustakaan. Nomor ini akan menjadi identitas perpustakaan sekolah yang tercatat resmi secara nasional. Sehingga jika ada orang yang ingin melihat perpustakaan sekolah anda maka bisa dengan mudah menemukannya melalui website perpustakaan nasional

3. Kemudian silahkan anda Pilih Menu Profil Perpustakaan Sekolah. Menu ini berada dalam Tabulasi Menu NPP yang anda pilih pada tahap nomor 2 tadi. Isi data profil perpustakaan sekolah yang akan diajukan untuk memperoleh Nomor Registrasi secara nasional. Data yang diisikan haruslah riil sesuai dengan profil perpustakaan yang berada di sekolah.

4. Carilah NPP Perpustakaan Sekolah. Cara mencari NPP Perpustakaan sekolah adalah dengan memasukkan nama perpustakaan ke dalam kolom pencarian yang disediakan. Isi nama perpustakaan dengan lengkap supaya proses pencarian dapat sesegera mungkin menemukan perpustakaan yang ingin dicari

Catatan Penting!!! Ketika anda mengisi data Nomer Registrasi Perpustakaan ada beberapa hal yang wajib diperhatikan, agar data yang diinput menjadi valid. Adapun hal-hal penting tersebut adalah sebagai berikut:

a. Proses pengisian nama Sarana dan Prasarana Pada tabel sarpras yang disedikan secara otomatis akan digunakan dalam pengisian data sarana dan prasarana pada  tabel Menu Rombongan Belajar.

b. Penginputan data Nomer Registrasi Perpustakaan hanya diperuntukan bagi dua jenis prasarana, yaitu: Perpustakaan dan Perpustakaan Multimedia

c. Adapaun jika terdapat jenis prasarana yang dimilik namun selain dua hal di atas maka anda bisa  mengosongkan nomor Registrasi Perpustakaan yang ada.

Demikianlah informasi yang bisa saya sampaikan mengenai Cara Mendapatkan Nomor Registrasi Perpustakaan pada kesempatan kali ini.

Artikel Terkait :

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Mendapatkan Nomor Registrasi Perpustakaan"

Posting Komentar