Cara Mengatasi Gagal Login di Aplikasi Dapodik

Cara Mengatasi Gagal Login di Aplikasi Dapodik. Sobat Operator Dapodik yang berbahagia, semenjak pertama kali rilis Aplikasi Dapodik Versi 2016 banyak dari para operator yang mengeluhkan mengenai pengoperasian aplikasi. Hal ini disebabkan terdapatnya berbagai Bug Aplikasi. Semoga saja hal ini segera dibenahi.

Diakui atau tidak, Bug Aplikasi di Dapodik memang sangat mengganggu kerja operator. Pekerjaan yang harusnya bisa diselesaikan sesegera mungkin harus terhalanga dengan sistem yang tidak mendukung. Terkadang bahkan harus mengulangi proses input data kembali. Sungguh suatu yang sangat menyita waktu.

Cara Mengatasi Gagal Login di Aplikasi Dapodik
Cara Mengatasi Gagal Login di Aplikasi Dapodik

Nah, pada kesempatan yang berbahagia ini saya akan mengulas mengenai salah satu kendala yang banyak dialami operator saat ingin mengoperasikan dapodik. Apa persoalan itu? Yang saya maksud adalah gagal login Dapodik.

Apa yang dimaksud dengan gagal login dapodik itu? Gagal login maksudnya anda tidak bisa masuk ke Aplikasi Dapodik. Padahal userme dan password yang dimasukkan sudah sesuai dan benar. Tentu ini sangatlah mengganggu, sebab tanpa login anda tak akan bisa mengerjakan input data dapodik.

Di sisi lain, meskipun sudah melakukan reset data dapodik dan dinyatakan berhasil. Sudah bisa juga masuk ke manajemen dapodik, sukses mengunduh data prefil hingga masuk ke website laporan BOS namun tetap saja tidak bisa Login ke dapodik. Padahal semua itu terintegrasi menjadi satu dalam SSO Dapodik.

Lalu mengapa hal itu bisa terjadi? Bagaimana solusi untuk mengatasinya? Untuk menjawab pertanyaan anda tersebut, silahkan baca baik-baik Cara Mengatasi Gagal Login di Aplikasi Dapodik berikut ini.

Perlu anda pahami terlebih dahulu bahwa, kasus gagal login dapodik biasanya dikarenakan terdapat dua pengguna yang memiliki email sama. Sedangkan password yang digunakan berbeda. Kedua pengguna ini pun berstatus aktif di dalam dapodik.

Mengapa ada dua pengguna dengan email yang sama? Ini bisa terjadi lantaran dahulu anda pernah melakukan registrasi dapodik berulang kali dengan menggunakan email sama namun password yang anda masukkan berbeda.

Sementara itu, di dalam database Aplikasi Dapodik Cuma dibatasi dengan satu pengguna uni. Maksudnya hanya satu username dan password. Kemungkinan besar, kegagalan saat reset ulang dapodik disebabkan karena masalah duplikasi email yang digunakan.

Lantas Bagaimana Solusi untuk mengatasinya? Berikut ini langkah-langkahnya:

1. Non Aktifkan Pengguna

Solusi Pertama adalah anda harus menonaktifan pengguna dapodik terlebih dahulu. Hal ini yang bisa melakukan adalah operator dinas kabupaten/kota setempat. Maka segeralah hubungi petugasnya. Sisakan satu pengguna aktif dalam dapodik sekolah anda

2. Menambah Pengguna baru

Solusi Kedua yang bisa anda lakukan adalah dengan menambah data pengguna baru di dapodik. Ingat email yang anda gunakan haruslah baru dan tidak pernah digunakan sebelumnya baik oleh anda maupun melalui Operator Dinas Kabupaten Kota Setempat. 

Setelah berhasil menambahkan data pengguna baru silahkan anda login ke dapodik menggunakan email baru tersebut.

3. Ingat Semua Password 

Solusi terakhir yang bisa anda lakukan adalah mengingat-ingat semua password yang pernah anda gunakan sebelumnya untuk melakukan registrasi di aplikasi dapodik. Siapa tahu ada salah satu password yang cocok. Jika sudah ketemu catat baik-baik password tersebut supaya tidak lupa kembali.

Saran saya untuk para operator dapodik, janganlah sering-sering mengganti data username dan password dapodik. Sebab, jika anda sewaktu-waktu lupa maka kerugian ada di anda sendiri. Kalau ingin mengganti password lakukanlah dengan benar dan catat baik-baik email dan passwordnya. Itulah informasi mengenai Cara Mengatasi Gagal Login di Aplikasi Dapodik yang bisa saya bagikan kepada anda.


Artikel Terkait :

Subscribe to receive free email updates:

6 Responses to "Cara Mengatasi Gagal Login di Aplikasi Dapodik"

  1. Ga masuk akal.
    Email sekolah yang saya regis dr awal sampai skrg tetap sama antara user dan paswordnya.
    Klo dikit-dikit ke Dinas, jadi malas ngerjain ini. Dinas jauh, perjalanan Dinas juga ga ada.
    Aplikasi sebelumnya ga ada masalah kyk gini.
    #Ruwet

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kemungkinan ada yang tau Kode Registrasi Sekolah anda, dan membuat ussername baru. Gagal login disebabkan adanya ussername doble. Solusinya ya minta tolong Operator Dinas supaya menonaktifkan salah satu akun yg dobel. Kan gk harus ke dinas langsung, bisa via HP juga

      Hapus
  2. Apa ga ada solusi lain.?
    Agar OPS bisa mengatasi masalah tersebut sendiri.???

    BalasHapus
  3. operator dinas sampai sekarang belum bisa buka untuk reset username dan pass. ops di tuntut data harus valid.

    BalasHapus