Cara Mengusulkan Siswa Layak PIP

Cara Mengusulkan Siswa Layak PIP di Dapodik. Sahabat operator dapodik, dalam menginput data siswa ada kolom yang harus anda isi dengan benar. Pengisian kolom ini nanti akan menjadi acuan pemberian dana PIP kepada setiap siswa. Fungsinya untuk membantu pembiayaan pendidikan peserta didik di seluruh Indonesia.

Bagi anda yang belum faham saya jelaskan secara singkat, Program Indonesia Pintar atau yang disebut dengan PIP adalah sebuah program yang berlaku dalam skala nasional yang berasal dari pemerintah pusat demi memberi bantuan biaya pendidikan siswa, mulai dari tingakat SD sampai dengan SMA sederajat.

Cara Mengusulkan Siswa Layak PIP di Dapodik
Cara Mengusulkan Siswa Layak PIP di Dapodik.


Program ini diharapkan menjadi salah satu cara untuk menyukseskan kewajiban belajar 12 tahun bagi anak Indonesia. Pemberian dana PIP dilakukan secara langsung dalam bentuk uang. Penyalurannya melalui beberapa bank yang telah ditunjuk secara resmi oleh pemerintah. Bagi siswa yang dinyatakan calon penerima dana PIP segera melengkapi data administrai maka bantuan bisa langsung diambil.

Sebenarnya dana bantuan PIP sudah mulai disalurkan kepada para siswa. Bagi siswa yang memiliki Kartu Indonesia Pintar (KIP) dan sudah diinput ke dalam Dapodik, pasti sudah masuk dalam penerima bantuan dana ini. Sebab bantuan tersebut memang diperuntukan bagi siswa pemegang KIP.

Lantas bagaimana dengan peserta didik yang tidak atau belum memiliki KIP? Apakah mereka tidak akan mendapatkan bantuan ini selamanya? Padahal jika dilihat secara kemampuan ekonomi orang tua, siswa tersebut dinilai sangat membutuhkan bantuan dana PIP.

Sederet pertanyaan tersebut seringkali diutarakan oleh para operator dalam berbagai forum. Perlu anda fahami, meski dana PIP diberikan terutama bagi yang mempunyai KIP tetapi sekolah dapat memberikan usulan yang intinya agar siswa tersebut bisa menerima bantuan PIP.

Apakah semua siswa bisa diusulkan untuk menerima dana PIP? Tentu tidak. Kita harus ingat bahwa PIP ini diperuntukkan bagi siswa yang kurang mampu. Sementara mereka yang sudah sangat cukup dalam hal finansial maka alangkah bijaknya tidak perlu diusulkan.

Mengapa demikian? Agar penerima bantuan PIP memang benar-benar untuk mereka yang membutuhkan. Ada 8 kriteria siswa yang bisa diusulkan menerima PIP. Jika siswa di sekolah termasuk salah satunya maka dapat diusulkan. Kedelapan kriteria tersebut adalah:

1. Siswa yang Berada di daerah/wilayah konflik

2. Siswa yang terkena dampak dari Bencana alam

3. Siswa yang memiliki kelainan fisik

4. Siswa yang berasal dari Keluarga terpidana/berada dilapas

5. Siswa yang memilik kartu Program Keluarga Harapan (PKH), Kartu Perlindungan sosial (KPS), dan Kartu Keluarga Sejahtera (KKS)

6. Siswa yang pernah mengalami droup out atau putus sekolah

7. Siswa yang tergolong dalam kategori miskin/rentan miskin

8. Siswa yang dalam keadaan patim piatu, berada di panti asuhan atau panti sosial

Delapan kriteria tersebut yang bisa diusulkan untuk menerima dana PIP. Hanya saja pada realitasnya dikuota untuk mereka yang diusulkan tidak sebanyak pemegang KIP. Tapi bukan berarti hal itu tidak perlu dilakukan, sebab dari usulan tersbut bisa saja siswa akan memperoleh KIP.

Setelah memastikan siswa terkait masuk dalam kategori siswa yang layak diusulkan mendapat PIP, maka kemudian anda harus mengusulkannya. Bagaimana caranya? Perhatikanlah artikel tentang Cara Mengusulkan Siswa Layak PIP di Dapodik berikut ini.

1. Di bagian Kolom Usulan dari sekolah (layak PIP) silahkah anda isi  dengan pilihan jawaban YA. Artinya, peserta didik tersebut layak dan bersedia  diusulkan untuk menjadi calon penerima dana bantuan PIP.

2. Kemudian, silahkan anda memilih alasan mengapa peserta didik tersebut layak diusulkan menjadi penerima dana PIP di dalam Dapodik. Contohnya dikarenakan Siswa teresbut berasal dari keluarga Miskin/RentanMiskin.

3. Terakhir silahkan anda Pilih referensi AlasanLayak Program Indonesia Pintar (PIP)

Demikianlah informasi mengenai Cara Mengusulkan Siswa Layak PIP di Dapodik yang bisa saya sampaikan untuk anda semuanya pada kesempatan kali ini.

Artikel Terkait :

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Mengusulkan Siswa Layak PIP "

Posting Komentar