Cara Salin Data Periodik Peserta Didik di Aplikasi Dapodik Versi 2016

Cara Salin Data Periodik Siswa. Sobat Operator trimakasih telah berkunjung ke blog ini, pada kesempatan yang berbahagia saat ini, saya akan membuat informasi mengenai pendataan peserta didik dalam Aplikasi Dapodik.

Pastinya anda sekalian sudah sangat menegerti jikan, peserta didik menjadi salah satu instrumen penting yang harus diisi dalam Dapodik. Semua data mengenai siswa, mulai dari nama, tempat tanggal lahir, NISN, alamat rumah, nomor peserta ujian sampai dengan nama kedua orang tua wajib diinput dalam aplikasi. Ingat, data yang diinput haruslah valid dan benar supaya tidak menjadi persolan di kemudian hari.

Cara Salin Data Periodik Siswa
Cara Salin Data Periodik Siswa.

Fokus artikel saya saat ini adalah mengenai Cara Salin Data Periodik Siswa. Sobat. Apa itu? Fitur salin data periodik siswa adalah salah satu fasilitas di dalam Dapodik mentuk melakukan penyalinan data siswa untuk semester selanjutnya. Sehingga seorang operator tidak perlu melakukan input ulang satu per satu data tersebut.

Bisa anda bayangkan sendiri, betapa lelahnya jika harus menginput data siswa pada setiap semester tentu akan sangat melelahkan sekali. Fitur Salin Data Periodik ini akan memudahkan memudahkan kerja operator yang akan menyalin data peserta didik di semester sebelumnya.

Untuk itu, jika anda seorang operator dapodik, saya rasa perlu menguasai hal ini demi menghemat waktu bekerja anda. Pertanyaan selanjutnya adalah sudahkah anda memahami cara melakukan salin data periodik ini? Sebetulnya caranya cukup gampang, anda hanya perlu melakukan beberapa langkah singkat saja. Untuk lebih jelasnya perhatikan penjelasan berikut ini

Cara Salin Data Periodik Siswa

1. Anda harus melakukan Login terlebih dahulu ke aplikasi Dapodik masing-masing

2. Klik Tombol Peserta didik di sebelah kiri, cukup satu kali saja anda melakukan Klik tidak perlu berlebihan. Setelah itu anda akan melihat menu terkait dengan data peserta didik.

3. Silahkan Klik Tombol Salin Data Periodik yang berwarna ungu. Lokasinya berada di sebelah kiri bagian bawah pada Menu Peserta Didik.

4. Setelah anda Klik maka akan muncul pemberitahuan yang isinya memberitahu bahwa tombol ini berfungsi untuk menyalin data peserta didik yang aktif pada semester sebelumnya.

5. Kemudian akan muncul pertanyaan Anda Yakin? Lantas segera kilik pilihan Ya untuk menyalin semua data yang ada.

6. Tunggu proses penyalinan data sampai selesai. Biasanya berlangsung sangat cepat, hanya terhitung dalam menit saja. Selama proses penyalinan data, jangan anda apa-apakan aplikasi dapodik. Sebab dapat memengaruhi keberhasilan penyalinan tersebut.

7. Data peserta didik sukses disalin. Kesuksesan proses ini ditandai dengan munculnya pemberitahuan bahwa sejumlah siswa berhasil di salin data periodiknya. Biasanya akan diperlihatkan jumlah data yang tersalin.

Ada tiga macam jenis pemberitahuan yang ada, yaitu Sukses menandakan jumlah data yang berhasil disimpan. Error yang berati proses penyalinan data siswa tersebut gagal dilakukan. Dan yang ketiga adalah Skipedd yang berari data siswa tersebut sudah pernah disalin.

Lalu apa yang dilakukan ketik data yang disalin error? Error di sini bisa disebabkan dua hal, pertama data peserta didik anda ada yang salah. Kedua, dalam proses penyalinan data tadi sistem aplikasi dapodik tidak berjalan dengan lancar.

Untuk itu, anda perlu melakukannya lagi atau mengulangi proses penyalinan data. Pastikan data utama siswa harus diisi semua. Ulangi tahap-tahap yang sudah saya jelaskan di atas dengan benar. Jika masih belum bisa, lakukan proses salin data di pada esok hari biarkan sistem beristirahat dulu.

Bagi anda para operator dapodik, tindakan untuk melakukan penyalinan data periodik ini masuk dalam kategori penting. Untuk itu setiap awal semester anda perlu mengupdatenya. Sebab ini berkaitan dengan data terbaru siswa.

Usai anda melakukan penyalinan data periodik siswa. Segera lakukan sinkronisasi data supaya data peserta didik yang berada di server pusat bisa segera diperbarui. Sehingga data tersebut bisa menjadi valid dan tidak akan terjadi sesuatu apapun di kemudian hari. Demikianlah artikel mengenai Cara Salin Data Periodik Siswa. Apabila kawan-kawan masih belum jelas, anda bisa menulisnya di kolom komentar yang berada di bawah ini.



Artikel Terkait :

Subscribe to receive free email updates:

5 Responses to "Cara Salin Data Periodik Peserta Didik di Aplikasi Dapodik Versi 2016"

  1. knapa slalu gagal setiap salin data periodik, jadinya harus input manual terus. mhon bantuannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. apakah data siswa sudah dinaikkan terlebih dahulu pak?

      Hapus
    2. nyambung pak hapid,
      sudah saya naikkan semua

      Hapus
    3. tapi tetap pesannya succes 0, skip 0, error 0

      Hapus
    4. coba klik tombol validasi yang ada di data siswa pak untuk melihat penyebabnya. bisa juga hal itu terjadi lantaran prefill yang di download keliru

      Hapus