Informasi Cut Off Dapodik Semester I TP 2016/2017

Cut Off BOS. Sobat Operator Dapodik, sudahkah anda mengisntal Aplikasi Dapodik versi terbaru 2016? Jika belum maka segeralah memperbarui aplikasi dapodik yang ada di PC anda. Untuk softwarenya sendiri bisa dengan mudah anda unduh di website dapodikdasme milik Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah Kemendikbud.

Sementara itu, bagi anda yang sudah menginstal aplikasi dapodik versi 2016, bukan berarti pekerjaan anda telah selesai. Ini adalah awal dari segala macam pekerjaan yang perlu segera anda lakukan supaya data dapodik sekolah bisa valid dan benar

Sehubungan dengan telah munculnya Aplikasi Dapodik Versi 2016 ini, operator Dapodik harus segera memperbarui data sekolahnya. Semua pendataan yang terkait dengan sekolahan, mulai dari siswa, Sekolah, sarana prasarana, rombongan belajar hingga data PTK haruslah diinput ke dalam Dapodik dengan benar.

Hal ini akan berpengaruh terhadap kualitas data dan segala macam program pendidikan dari Pemerintah pusat. Pasca rilisnya Aplikasi Dapodik Versi 2016, Dirjen Dikdasmen Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menerbitkan Surat Edaran bernomor 15/D/ED/2016. Pokok pembahasan dalam surat tersebut adalah membahas mengenai Pemutakhiran Data Pokok Pendidikan (Dapodik) di awal tahun ajaran 2016/2017 ini.

Mengapa harus ada pemutakhiran data? Sebab ini berkaitan dengan validitas data di sekolah. Pemerintah menginginkan supaya data yang diinput ke dalam Dapodik benar-benar riil sesuai dengan kenyataan di lapangan. Sehingga bisa menjadi bahan dasar pengambilan kebijakan pada suatu hari nanti.

Apa sih isi dari Surat Edaran yang dikeluarkan oleh Dirjen Dikdasmen tadi? Pokok isi surat itu adalah menginstruksikan dan meminta semua kepala sekolah di Indonesia agar secepatnya melakukan pembaruan data Dapodik pada semester gasal tahun ajaran 2016/2017 ini. Di mana pembaruan iu harus dilakukan? Ya melalui aplikasi Dapodik versi terbaru 2016.

Pemutakhiran Dapodik itu maksimal dilakukan pada 31 Agustus 2016. Untuk itu, pihak sekolah baik kepala sekolah atau operator dapodik segera memperbarui datanya. Agar segala macam program sekolah bisa diberikan.

Selain mengenai pemutakhiran Dapodik ada beberapa informasi lagi terkait dengan Batas Cut Off Dapodik semester 1 tahun ajaran 2016/2017 yaitu:

1. Tentang Program Indonesia Pintar (PIP)

Batas waktu pengajuan PIP adalah tanggal 15 Agustus 2016. Data PIP yang diambil berasal dari data Semester gasal tahun ajaran  2016/2017. Data KIP siswa harus segera diinput ke dalam Dapodik

2. Penyaluran Dana Bantuan Operasional Sekolah

Seperti yang telah anda ketahui, dana BOS diberikan setiap triwulan sekali. Pada bulan ini masuk dalam hitungan triwulan keempat. Jumlah dana BOS yang diperoleh diambil dari pendataan Dapodik maksimal tanggal 21 September 2016. Data BOS yang diambil juga berasal dari data Semester gasal tahun ajaran  2016/2017.

3. Segala Macam Bantuan Lainnya

Data Dapodik juga digunakan sebagai dasar pemberian bantuan oleh pemerintah kepada Sekolah. Mulai dari bantuan pembangunan kelas baru, renovasi gedung, hingga peralan semuanya di ambil dari Dapodik. Tidak ada lagi proposal dalam bentuk cetak kertas dan dikirim ke pemerintah.

Khusus SMK pengajuan Bantuan diambil juga dari data Verifikasi Wilayah atau Verwil yang setiap tahun harus dikirim ke Dinas Kabupaten/Kota Setempat. Sekolah cukup mengajukan verwil, kemudian akan ditindaklanjuti secara bersama-sama antara Kepsesk, Ketua MKKS SMK di Kabupaten Setempat serta Dinas Kabupaten/Kota untuk menentukan keperluan utama sekolah yang akan menerima bantuan.

Demikianlah informasi mengenai Cutt Off Dapodik untuk semester gasal tahun ajaran ajaran 2016/2017.



Artikel Terkait :

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Informasi Cut Off Dapodik Semester I TP 2016/2017"

Posting Komentar