Panduan Entri Pembelajaran

Panduan Entri Pembelajaran di Dapodik. Sobat Operator Dapodik, pastinya anda semua tidak asing dengan menu Pembelajaran yang berada di dalam Aplikasi Dapodik. Menu Pembelajaran ini berfungsi untuk mencatat semua pembagian tugas mengajar guru di sebuah sekolah untuk setiap rombongan belajar. Input data PTK yang mengajar harus sesuai dengan SK Pembagian tugas Mengajar yang dikeluarkan sekolah. Jangan sampai tugas-tugas tersebut saling tumpang tinding antara beberapa guru.

Apabila terjadi data dobel maka jam mengajar akan menjadi Invalid. Maka dari itu anda sekalian harus memahami prosedur entri pembelajaran yang benar. Apalagi dalam aplikasi dapodik terbaru versi 2016 ini ada beberapa pembaruan dalam proses input data pembelajaran.


Jendela Entri Pembelajaran.


Agar anda sekalian tidak salam dalam input data pembelajaran berikut ini kami sampaikan mengenai Panduan Entri Pembelajaran di Dapodik.

• Kolom Mata Pelajaran (Mapel)

Kolom Mapel akan menampilkan daftar Mapel yang sesuai dengan jenis kurikulum yang digunakan oleh sekolah. Maka pilihlah Kurikulum yang benar untuk masing-masing rombel. Mapeel yang nantinya tampil akan dikelompokkan menjadi beberapa kelompok sesuai dengan setiap kurikulum dan tingkat pendidikan masing-masing. Kelompok Mata Pelajaran dan daftar Mata Pelajaran diambil dari data referensi, sehingga namanya tak bisa diubah secara otomatis.

• Kolom Nama Mata Pelajaran Lokal (Mulok)

Kolom Nama Mata Pelajaran Lokal (Mulok) akan menampilkan jenis nama mapel yang secara default sama dengan nama pada kolom Mapel yang ada. Tetapi pada kolom Mapel Mulok ini data masih dapat diedit dan disesuaikan dengan nama mata pelajaran yang berada di sekolah masing-masing.

• Kolom Kode Mapel

Kolom Kode Mapel akan menampilkan Kode Referensi setiap Mata Pelajaran. Setiap mapel akan memiliki kode unik tersendiri. Dan harus anda ingat, ini bukanlah kode mapel sertifikasi seperti yang tertera dalam website InfoGTK. Kode Mapel ini jugatidak dapat diubah.

• Kolom PTK

Di dalam kolom PTK akan ada pilihan Daftar PTK yang akan dipetakan sesuai dengan mata pelajaran yang diampu oleh PTK tersebut. Daftar PTK yang nantinya akan ditampilkan merupakan jenis PTK Guru saja, sedangkan Tenaga Administrasi Sekolah secara otomatis tidak akan masuk. Jika nantinya anda perlu melakukan pencarian nama PTK, Anda bisa langsung mengetikkan minimal 4 karakter dari nama PTK yang anda cari tersebut. Secara otomatis, sistem akan mencarikan data nama PTK yang anda cari di dalam daftar PTK (Guru) di dapodik anda.

• Kolom SK Mengajar

Pada Surat Keputusan (SK) mengajar diisi dengan Nomor SK Pembagian Tugas Belajar Mengajar pada setiap semester dari masing-masing sekolah. Nomor ini tentu tidak sama antara satu sekolah dengan sekolah lainnya.

• Kolom Tanggal SK Mengajar

Kolom Tanggal SK Mengar diisi sesuai Tanggal SK Pembagian Tugas Belajar Mengajar pada setiap semester dari masing-masing sekolah

• Kolom JJM (Jumlah Jam Mengajar)

Kolom JJM (Jumlah Jam Mengajar) akan secara default akan berjumlah 0 (nol). Setiap sekolah bisa melakukan pengisian data jumlah jam mengajar yang disesuaikan berdasarkan pembagian tugas jam mengajar di sekolah masing-masing. Setiap JJM akan dibatasi dengan data Maksimal yang berarti tidak boleh melebihi dari ketentuan yang ada.

• Kolom Max (Maksimal)

Kolom Max berisi data max jam pembelajaran yang berasal dari referensi mata pelajaran kurikulum yang akan disesuaikan dengan peraturan yang berlaku. Data Max jam Pembelajaran adalah maksimal Jam yang dapat diisi untuk setiap mata pelajaran sesuai dengan yang termuat di dalam Permendikbud. Data ini ditentukan oleh pemerintah pusat sehingga tidak perlu diisi dan tidak bisa diedit.

• Fitur Refresh

Fitur Refresh terletak di sebelah pojok kanan atas aplikasi,  fitur ini mempunyai fungsi utama untuk merefresh atau menyegarkan tampilan pembelajaran di Dapodik jika nanti terdapat Data Max jam tampil kosong dan atau daftar mata pelajaran ada yang tidak tampil di daftar.

• Fitur Tambah

Fitur Tambah mempunyai fungsi utama untuk menambahkan mata pelejaran jika ada mapel yang belum ditampilkan dalam daftar pembelajaran di Dapodik.

• Fitur Simpan

Fitur Simpan mempunyai fungsi utama untuk menyimpan hasil entri data pembelajaran di Dapodik.

• Fitur Hapus

Fitur Hapus mempunyai fungsi utama untuk menghapus daftar mata pelajaran yang dianggap tidak sesuai.  Perlu diketahui, khusus mapel yang untuk tak bisa dihapus namun hanya bisa menghapus hasil isian di dalamnya saja.

• Fitur Ubah Kelompok Mapel

Fitur Ubah Kelompok Mapel mempunyai fungsi utama untuk mengubah kelompok mata pelajaran yang sudah diisikan namun tak sesuai dengan kelompok mapelnya. Apabila isian data pembelajaran yang telah diisi sebelumnya, tetapi justru tampil di dalam kelompok yang tak seharusnya, maka mata pelajaran tersebut bisa diubah kelompoknya ke dalam kelompok mapel yang sesuai melalui menekan tombol ini.

• Kolom Rekapitulasi

Kolom Rekapitulasi  mempunyai fungsi utama untk menampilkan jumlah jam pembelajaran yang sudah terisi. Jumlah jam yang nantinya akan tampil dalam rekapitulasi merupakan total semua jam dalam satu rombongan belajar serta jumlah sub total pada kelompok mata pelajaran dalam rombel masing-masing.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel