Panduan Input Profil Pengguna Dapodik Versi 2016

Profil Pengguna Dapodik Versi 2016.

Panduan Input Profil Pengguna Dapodik. Sahabat Operator Dapodik, salah satu fitur tambahan di Aplikasi Dapodik versi 2016 terdapat pada tabel Profil Pengguna. Jika pada aplikasi sebelumnya, profil pengguna hanya terdapat nama Operator Dapodik Sekolah maka di Dapodik versi 2016 terdapat beberapa keterangan tambahan.

Data tambahan di Profil Pengguna Dapodik versi 2016 diantaranya ialah penambahan foto operator dan sekolah, nomor telepon hingga whatsap Operator Dapodik Sekolah. Fitur tambahan ini membuat tampilan beranda aplikasi dapodik semakin bagus.

Anda bisa menambahkan foto pribadi anda sebagai operator atau foto sekolah anda di situ. Sehingga ketika membuka aplikasi dapodik, bisa terlihat tampilan foto pribadi/sekolah. Namun perlu diketahui, data foto yang ditampilkan di beranda Dapodik tersebut hanya bisa dilihat dalam Aplikasi Dapodik sekolah saja.

Data foto ini tidak terhubung dengan server pusat, sehingga sekolah lain tidak bisa mengetahui foto profil yang anda tampilkan pada beranda dapodik. Intinya kalau foto profil ini hanya untuk membuat tampilan dapodik terlihat keren dan elegan.

Namun, hal ini berbeda dengan data dari operator dapodik. Data seperti username, nama, whatsaap, skype adalah data-data yang berhubungan dengan server dapodik pusat. Bisa jadi suatu saat informasi diri operator ini menjadi sarana komunikasi tingkat nasional antar operator dapodik di seluruh Indonesia.

Maka dari itu segeralah anda isi data-data yang ada di Profil Pengguna Dapodik Versi 2016. Sudahkah anda tahu cara mengisinya? Sebenarnya cukup mudah, anda cukup mengisi beberapa data yang diminta saja. Ingat! Data ini haruslah valid, jangan anda isi dengan sembarangan.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini Panduan Input Profil Pengguna Dapodik Versi 2016

1. Fitur Username diisi dengan Alamat email operator sekolah. Email ini adalah yang digunakan untuk melakukan Login Aplikasi Dapodik. Usahakan email yang digunakan adalah Gmail. Bila terlanjur yahoo juga tidak masalah. Apabila ada kekeliruan dalam pencantuman alamat email, silahkan langsung hubungi KK Datadik Kabupaten/Kota setempat.

2. Fitur Nama diisi dengan Nama operator dapodik sekolah. Isilah dengan Nama lengkap boleh dengan gelar boleh juga tidak. Tapi saya menganjurkan tidak mencantumkan gelar apapun.

3. Fitur WhatsApp diisi dengan Nomor ponsel atau HP operator dapodik sekolah yang digunakan pada aplikasi WhatsApp. Tentu anda sudah sangat faham hal ini, dengan menggunakan aplikasi ini kita akan bisa saling berkomunikasi dengan banyak orang. Termasuk jika nanti ada forum resmi komunitas operator dapodik sekolah.

4. Fitur Skype diisi dengan ID operator sekolah untuk komunikasi melalui Skype. Komunikasi ini agak berbeda dengan whatsapp, dengan menggunakan skype maka anda bisa melihat langsung orang yang anda hubungi. Semacam telekomfrence langsung. Untuk memilikinya anda harus mendaftar skype terlebih dahulu. Jika tidak memiliki ID Skype, kosongkan saja.

5. Fitur Alamat diisi dengan Alamat rumah operator sekolah. Usahakan alamat yang dicantumkan lengkap sesuai dengan dokumen resmi yang berlaku seperti KK dan KTP.

6. Fitur No telepon diisi dengan Nomor telepon rumah operator sekolah. Ini opsional, jika anda punya silahkan diisi namun apabila tidak maka kosongi saja.

7. Fitur Nomor hp diisi dengan Nomor ponsel operator sekolah. Saya rasa semua operator mempunyai nomor hp. Input nomor anda dengan benar

8. Fitur PTK (Bila Operator adalah PTK) diisi dengan Pilih nama PTK terkait apabila operator yang bersangkutan juga terdaftar sebagai PTK di sekolah ini.

Nah, cukup mudah sekali bukan? Segera lengkapi data profil anda di Dapodik. Demikian Panduan Input Profil Pengguna Dapodik Versi 2016. Semoga dapat bermanfaat.
rmanfaat.

Artikel Terkait :

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Panduan Input Profil Pengguna Dapodik Versi 2016"

Posting Komentar