Penyebab Gagal Menyimpan Input Data Peserta Didik di Dapodik Versi 2016




Cara Mengatasi Data Peserta Didik Gagal Disimpan. Sobat operator sekalian dalam Aplikasi Dapodik Versi 2016 ini, khususnya di bagian Tabulasi Menu Peserta Didik terdapat beberapa tambahan kolom data yang harus diisi. Namun, setelah beberapa data diisi banyak operator yang mengalami kejadian data siswa tidak bisa disimpan?

Mengapa terjadi gagal simpan data peserta didik? Apakah ini salah satu Bug Aplikasi ataukah ada kekeliruan dalam melakukan input datanya? Sejumlah pertanyaan itu muncul dalam berbagai forum diskusi operator dapodik. Mereka ingin segera memperoleh solusi agar data siswa yang diinput bisa segera disimpan untuk disinkronisasi.

Perlu anda ketahui, khusus di Menu peserta didik memang terdapat data baru yang wajib diisi. Selama data tersebut belum diisi maka dapat dipastikan proses penyimpanan tidak bisa dilakukan. Data apa saja yang harus diisi? Sebenarnya di dalam dapodik sudah diperlihatkan secara jelas data mana yang wajib dan tidak wajib untuk diisi.

Data yang harus diisi ditandai dengan adanya bintang berwarna merah di dalam kolom. Misalnya Nama siswa, tempat tanggal lahir, nama orang tua, hingga nama wali siswa. Sedangkan data yang tidak wajib diisi tidak ada bintang merah di dalamnya. Misalnya RT, RW, Nomor Registrasi Akta Kelahiran dan lain sebagainya.

Bagi anda yang belum tahu, input data peserta didi secara manual hanya diperuntukkan bagi siswa yang berasal dari MI dan MTs sedangkan bagi siswa yang berasal dari SD dan SMP anda tidak perlu melakukan input data. Sebab bisa anda lakukan dengan menarik siswa secara online. Untuk caranya saya sudah menuliskan lengkap di blog ini.

Kembali lagi mengenai judul artikel ini yaitu tentang Cara Mengatasi Data Peserta Didik Gagal Disimpan, kegagalan dalam melakukan penyimpanan data siswa biasanya terjadi karena operator tidak lengkap dalam mengisi data. Apa saja data tersebut? Simaklah penjelasan ini baik-baik.

1. Pertama data Nama Ibu Kandung. Ibu kandung merupakan salah satu data yang wajib diisi khususnya di bagian nama. Maka dari itu, lihatlah data Nama Ibu Kandung siswa apakah sudah diisi atau belum

2. Perhatikan semua kolom yang ada bintang berwarna merah. Itu tandanya kolom tersebut harus anda isi. Jangan sampai ada satupun kolom tersebut lupa anda isi. Karena hal itu akan mengakibatkan data tidak bisa disimpan.

3. Hilangkan data tahun lahir siswa. dalam kolom tahun lahir wali siswa biasanya secara otomatis akan diisi dengan angka nol (0). Maka jika tidak mengisi data wali, angka tersebut harus anda hapus. Ini merupakan salah satu pembaruan yang ada di Aplikasi Dapodik versi 2016. Dan banyak kasus terjadi penyimpanan data siswa gagal karena angka tersbut tidak dihapus.

Saran saya, ketika anda ingin mengisi data peserta didik siapkan semua dokumen siswa terlebih dahulu agar semua data wajib khususnya bisa semuanya diisi. Sebelumnya sebaiknya anda juga membaca manual aplikasi panduan Aplikasi dapodik agar proses input data sesuai dengan aturan yang berlaku.

Terakhir, cek kembali semua data siswa di dapodik anda. Pastikan semua data wajib terisi dengan benar. Jangan sampai ada data yang salah input sebab anda harus mengubahnya melalui vervalPD. Demikianlah informasi mengenai Cara Mengatasi Data Peserta Didik Gagal Disimpan yang bisa saya berikan kepada anda sekalian. Jika terdapat pertanyaan silahkan tulis pada kolom komentar di bawah ini.

Artikel Terkait :

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Penyebab Gagal Menyimpan Input Data Peserta Didik di Dapodik Versi 2016"

Posting Komentar