Petunjuk Singkat Aplikasi PMP


Petunjuk Singkat Aplikasi PMP. Aplikasi Penjaminan Mutu Pendidikan merupakan sistem untuk mengetahui kualitas mutu dari sebuah satuan pendidikan. Aplikasi ini resmi dirilis pada 17 agustus 2016 lalu tepat pada peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia

Berbeda dengan aplikasi dapodik, pengisian data di Aplikasi Penjaminan Mutu Pendidikan didasarkan pada instrument Penjaminan Mutu yang disediakan. Instrumen ini berisi sejumlah pertanyaan yang harus dijawab terkait dengan sekolah, siswa hingga PTK.


Instrumen Penjaminan Mutu Pendidikan merupakan alat yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam pemetaan mutu pendidikan. Instrumen terdiri dari ratusan komponen pertanyaan yang diisi oleh kepala sekolah, sekolah, siswa, pengawas, dan komite pendidikan.

Sudahkah anda mengisi semua instrumen yang ada? Ataukah justru anda masih bingung dengan cara pengoperasiannya? Jika hal tersebut anda alami, bagi saya itu sesuatu yang sangat wajar. Mengingat Aplikasi PMP masih sangat baru , di samping itu saat pertama kali rilis juga tidak disertai manual Penggunaan yang lengkap.

Selain bingung dalam pengoperasiannya, para operator Dapodik juga direpotkan dengan berbagai Bug Aplikasi yang berada di dalamnya. Apa yang dimaksud dengan Bug Aplikasi? Bug Aplikasi PMP adalah kesalahan sistem aplikasi yang membuat kinerja aplikasi PMP menjadi tidak sempurna.

Akibatnya dalam beberapa hal ada menu aplikasi yang tidak bisa digunakan. Tercatat ada beberapa sistem yang tak bisa berjalan dengan baik, di antaranya adalah kuesioner yang tidak muncul dan ada beberapa kuesioner di bagian C yang heng. Hanya muncul beberapa tulisan yang tidak sempurna. Dan setiap kali ingin melanjutkan proses input data kita perlu melakukan refresh terhadap PC dahulu.

Tentu hal-hal tersebut menghambat kinerja pengisia instrumen PMP. Di sisi lain waktu Cut Off pengiriman data PMP kian semakin dekat. Maka dari itu, semoga LPMP pusat sebagai pihak utama yang bertanggungjawab terhadap aplikasi ini segera memperbaiki segala kesalahan aplikasi yang ada. Sehingga operator bisa bekerja dengan lancar.

Sobat Operator, perlu diketahui bersama pengisian data PMP memang sangat kompleks. Instrumen yang harus diisi mencakup segala hal yang ada di sekolah. Instrumen-instrumen yang ada di dalam mewakili aspe -aspek yang sudah ditentukan dalam Standar Nasional Pendidikan (SNP) yang meliputi 8 hal yaitu:

1. Standar Kempetensi Lulusan

2. Standar Isi

3. Standar Proses

4. Standar Penilaian

5. Standar Pendidik danTenaga Kependidikan

6. Standar Pengelolaan

7. Standar Pembiayaan

8. Standar Sarana dan Prasarana

Sangat banyak sekali bukan? Tentu sebagai pengelola sekolah anda sudah sangat akrab dengan 8 hal tersebut. Kedelapan Standar Nasional Pendidikan di atas adalah syarat utama untuk mengetahu sejauh mana tingkat kualitas sebuah sekolah.

Semakin baik dalam memenuhi setiap standar tersebut, maka semakin baik bula kualitas yang dimiliki sekolah. Dalam proses input data instrumen PMP yang berhubungan dengan 8 SNP haruslah dilakukan secara baik dan benar, tidak boleh asal-asalan.

Untuk membantu dalam pengoperasian Aplikasi PMP, kini telah diluncurkan Petunjuk Singkat Aplikasi PMP. Apa sih maksudnya? Petunjuk di sini adalah berkaitan dengan tata cara penggunaan aplikasi PMP yang benar sesuai standar yang telah ditentukan.

Dengan adanya Petunjuk Singkat Aplikasi PMP ini diharapkan, operator dapodik tidak kebingungan lagi dalam menggunakan aplikasi ini. Sehingga tidak ada lagi kesalahan saat input data. Maka dari itu, ada baiknya anda membaca panduan ini sebaik-baiknya. Agar lebih jelasnya Petunjuk Singkat Aplikasi PMP silahkan baca di bawah ini



Artikel Terkait :

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Petunjuk Singkat Aplikasi PMP"

Posting Komentar