Rilis Aplikasi Dapodik Versi 2016.b

Daftar Pembaruan di Dapodik Versi 2016b. Sobat operator dapodik, sudahkah anda semua melakukan pembaruan aplikasi dapodik menjadi versi terbaru 2016b? Jika belum maka segeralah untuk melakukan pembaruan, dengan begitu Bug aplikasi yang terdapat pada versi sebelumnya bisa segera di selesaikan dengan mudah dan tepat.

Sejak munculnya Aplikasi Dapodik versi 2016 pertama kali, memang sudah ada pembaruan aplikasi ke versi 2016a. Hanya saja pada versi tersebut masih ditemukan berbagai Bug (kesalahan) sistem yang cukup membuat repot. Pada aplikasi dapodik terbaru versi 2016b ini, di klaim sebagai aplikasi dapodik yang mendekati sempurna.

Baca juga: Cara Cek Pembaruan di Aplikasi Dapodik

Daftar Pembaruan Aplikasi Dapodik Terbaru Versi 2016b
Daftar Pembaruan.

Mengapa sampai diklaim demikian? sebab pada aplikasi dapodik versi 2016b hampir tidak ditemukan kesalahan aplikasi. Apabila masih ditemukan Bug, dijamin itu tidak fatal dan tak akan mengganggu proses sinkronisasi data Dapodik.

Kapankah aplikasi dapodik versi terbaru 2016b resmi dirilis? Versi terbaru ini dirilis resmi oleh Ditjen Dikdasmen Kemendikbud pada hari Minggu 28 Agustus 2016. Cukup baru memang, maka dari itu segeralah anda melakukan pembaruan aplikasi agar data yang anda kirim bisa diproses oleh admin dapodik pusat.

Ada berbagai macam pembaruan dalam aplikasi dapodik terbaru versi 2016b ini. Sebagai operator anda harus memahaminya dengan benar. Sehingga bisa segera melakukan perbaikan data di Dapodik. Bagi anda yang belum mengetahui  Daftar Pembaruan di Dapodik Versi 2016b silahkan simak baik-baik penjelaan berikut ini.

Daftar Pembaruan Aplikasi Dapodik Terbaru Versi 2016b

Ada tiga hal pembaruan utama dalam aplikasi dapodik versi 2016b. Lebih jelasnya simak penjelasan di bawah

1. Adanya penambahan rekapitulasi data sarana dan prasarana pada Tab unduhan di dalam Tabulasi Menu profil sekolah

2. Adanya penambahan pemicu apabila suatu saat terjadi gagal cek pembaruan aplikasi dapodik

3. Adanya penambahan pemicu perubahan terhadap nama otomatis yang berada pada program pengajaran dilayani. Ini hanya khusus bagi Sekolah Menengah Atas (SMA)

Daftar Perbaikan Aplikasi Dapodik Versi Terbaru 2016b

Selain terdapat pembaruan, setiap rilis Aplikasi Dapodik juga disertai perbaikan. Ini dimaksudkan untuk memperbaiki fungsi aplikasi yang sebelumnya tidak bisa digunakan secara maksimal atau yang biasa disebut sebagai Bug Aplikasi Dapodik. Ada 6 jenis perbaikan di aplikasi terbaru ini, yaitu:

1. Adanya pemisahan perhitungan jumlah peserta didik bagi guru Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dan Guru Bimbingan Konseling (BK) pada Tabulasi Menu unduhan profil sekolah

2. Adanya perbaikan terhadap tombol hapus registrasi peserta didik di dalam Dapodik

3. Adanya perbaikan terhadap Bug (kesalahan sistem) di bagian validasi ketika ada akan menghapus data Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK) yang telah masuk ke dalam Rombongan Belajar.

4. Adanya perbaikan terhadap Bug (kesalahan sistem) pada kolom kecamatan yang terdapat pada hasil unduhan daftar peserta didik/siswa

5. Adanya perbaikan terhadap Bug (kesalahan sistem) saat melakukan perubahan program pengajaran dilayani (Hal ini hanya dikhususkan bagi SMA saja)

6. Adanya perbaikan terhadap Bug (kesalahan sistem) ketika akan menampilkan dan mencari program pengajaran dilayani khusus untuk jurusan umum  yang tidak bisa tampil (hanya khusus bagi SMA)

7. Adanya perbaikan terhadap Bug (kesalahan sistem) saat sukses melakukan registrasi tetapi seketika muncul informasi bahwa Sekolah tidak ditemukan

Itulah penjelasan Daftar Pembaruan Aplikasi Dapodik Terbaru Versi 2016b. Segera perbaiki data dapodik yang tidak valid, supaya data anda bisa disinkronisasikan dan diperbarui oleh admin pusat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel