Solusi Gagal Melakukan Pembaruan Dapodik Versi 2016.a

Gagal pembaruan di Dapodik Versi 2016.a


Solusi Gagal Melakukan Pembaruan Dapodik Versi 2016.a . Terkait dengan rilisnya updater Dapodik Versi 2016.a Operator Dapodik Sekolah harus segera melakukan pembaruan. Hal ini penting dilakukan sebab data yang diambil merupakan berasal dari Dapodik Versi terbaru.

Maka dari itu, bagi anda yang belum melakukan pembaruan Dapodik Versi 2016 segeralah melakukan pembaruan ke Dapodik Versi 2016.a. sudah tahukah anda cara memperbarui Aplikasi Dapodik? Sebenarnya caranya cukup mudah hanya saja perlu ketelitiansaat melakukannya.

Adapun Cara melakukan Pembaruan ke Dapodik Versi 2016.a adalah sebagai berikut

1. Klik tombol Pengaturan di halaman beranda Aplikasi Dapodik. Lokasinya berada di bagian atas sebelah kanan

2. Klik tombol cek pembaruan (karena anda akan melakukan pembaruan secara online)

3. Klik lanjutkan, maka proses pembaruan aplikasi dapodik akan dimulai.

Ingat! Jangan pernah menutup jendela browser sebelum proses pembaruan selesai. Sebab hal ini akan berpengaruh terhadap keberhasilan pembaruan. Apabila anda menutup jendela browser maka dapat dipastikan pembaruan anda gagal dan harus mengulanginya kembali.

Sobat operator, dalam proses Pembaruan ke Aplikasi Dapodik Versi 2016.a banyak sekali OPS yang mengalami kegagalan. Dengan rincian file updater berhasil tapi saat pembaruan gagal terus. Kasus ini hampir ditemui banyak Operator sehingga membuat pusing kepala.

Meski begitu tenang saja, selalu ada jalan menuju Roma. Hehe. Di sini saya akan berusaha memberikan solusi atas hal yang anda alami tersebut. Apa yang saya tuliskan ini berasal dari pengalaman pribadi dan terbukti berhasil.

Tanpa lama-lama, berikut ini Solusi Gagal Melakukan Pembaruan Dapodik Versi 2016.a

1. Cek kesetabilan akses internet. Pembaruan Dapodik Versi 2016.a harus dilakukan secara online. Untuk itu dalam proses pembaruan harus dipastikan koneksi internet lancar. Jika tidak, anda akan mengalami kegagalan. Maka dari itu, anda harus mengetahui koneksi internet terbaik di daerah anda itu apa. Sebab masing-masing wilayah memiliki koneksi internet lancar yang berbeda.

2. Jika cara pertama gagal, coba hapus riwayat penelusuran browser yang anda gunakan untuk membuka aplikasi Dapodik. Hal ini berfungsi untuk menghapus data-data yang memungkinkan mengandung virus yang bisa mengganggu proses pembaruan dapodik versi 2016.a.

Kegagalan pembaruan juga bisa disebabkan oleh hal tersebut. Bisa jadi, secara otomatis localhost yang terbuka merupakan localhost dapodik yang belum di update. Maka dari itu hapus dulu semua riwayat penelusuran yang ada. Caranya ketik Ctrl+H di jendela browser, kemudian pilih hapus semua riwayat penelusuran

3. Instal Ulang Dapodik 2016. Ini merupakan cara pamungkas dan terbukti berhasil karena sudah saya buktikan. Kegagalan proses pembaruan Dapodik Versi 2016.a bisa terjadi karena memang aplikasinya. Untuk cobalah melakukan instal ulang Dapodik. Ingat sebelum instal ulang pastikan anda sudah melakukan sinkronisasi sehingga data yang sudah diinput tidak hilang. Perlu diingat juga, saya instalasi baru pastikan anda download file prefill baru supaya hasil sinkronisasi masuk sempurna.  Setelah selasai terinstal, langsung saja segera lakukan pembaruan.

Penutup

Aplikasi Dapodik Versi 2016 ini memang dibuat agak berbeda dengan versi sebelumnya. Sebab aplikasi ini sekarang digunakan oleh jenjang pendidikan dasar hingga menengah atas di seluruh Indonesia. Maka sangat wajar, jika diawal rilisnya masih terdapat beberapa Bug aplikasi di dalamnya. Mudah-mudahan operator pusat segera menanggapi kekurangan yang anda sehingga aplikasi ini bisa berjalan sempurna.

Demikian Solusi Gagal Melakukan Pembaruan Dapodik Versi 2016.a. Jika tiga cara tersebut masih tetap gagal, silahkan tanya kepada Operator Dapodik Pusat.

Artikel Terkait :

Subscribe to receive free email updates:

9 Responses to "Solusi Gagal Melakukan Pembaruan Dapodik Versi 2016.a"

  1. "Nice post, jangan lupa berkunjung balik ke rumah edukasi"

    BalasHapus
  2. saya mau tanya, ini saya habis pindah laptop, saya instal pmp tidak bisa log in, karena dapodik versi 2016a tidak ada, adanya versi 2016 dan versi 2016b, solusinya bagaimana ya,terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya jelas tidak bisa pak. Aplikasi PMP dan Dapodik harus jadi satu di Laptop krn keduanya kompatibel

      Hapus
    2. sama nih pa, laptop baru isntal ulang... tapi 2016a tidak ada, pusing nih.... solusi gimana ya

      Hapus
    3. Sdah di istall ulang dapodikx tpi tetap tidak tersedia pembahruan vesi 2016a

      Hapus
    4. koneksi internet anda gimana pak? biasanya kalau dah diinstal ulang lgsung bisa pak

      Hapus
  3. Sudah saya updaten gan dan semuanya berhasil..tapi hasilnya :
    " We are sorry, but something went terribly wrong. "

    BalasHapus
    Balasan
    1. Anda menggunakan cara update online/offline? Spesifikasi PC sudah sesuai belum?

      Hapus