Tentang Aplikasi Penjamin Mutu Pendidikan

Aplikasi PMP.


Sahabat operator Dapodik sekalian, tepat pada tanggal 17 Agustus 2016 yang lalu Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah resmi merilis sebuah aplikasi baru yang disebut sebagai Aplikasi Penjamin Mutu Pendidikan (PMP).

Banyak dari para operator dapodik sekolah yang bertanya-tanya, apakah Aplikasi PMP itu? Apa gunanya, dan bagaimana cara mengoperasikannya. Beberapa pertanyaan tersebut banyak dilontarkan dalam berbagai forum operator. Tujuannya untuk mengetahui secara pasti mengenai Aplikasi Penjaminan Mutu Pendidikan ini.

Nah untuk menjawab beragam pertanyaan tersebut, di sini saya akan mencoba menjelaskan tentang Aplikasi PMP. Penjelasan ini saya ambil dari Manual Penggunaan Aplikasi Penjaminan Mutu Pendidikan yang telah dikeluarkan.

Apa itu PMP?

Aplikasi Penjaminan Mutu Pendidikan adalah sebuah aplikasi yang berisikan sejumlah data kuesioner mengenai standar mutu pendidikan di sebuah sekolah. Melalui Aplikasi PMP ini, diharapkan akan diketahui tingkat kualitas mutu seluruh sekolah yang ada di wilayah Indonesia.

Aplikasi PMP terhubung dengan Aplikasi Dapodik, sehingga antara keduanya harus diisntal secara bersamaan. Software keduanya pun harus kompatibel, artinya versi aplikasi dapodik dan PMP harus sesuai. Jika antara keduanya berbeda, biasanya yang terjadi adalah saat melakukan Login Aplikasi PMP tidak terhubung dengan Dapodik.

Aplikasi PMP ini diperuntukan bagi semua sekolah di wilayah Indonesia, mulai dari tingkat SD sampai dengan SMA sederajat. Hanya saja untuk sementara ini, aplikasi PMP diperuntukkan sekolah yang berada di bawah naungan Kemendikbud. Sementara sekolah di bawah Kemenag tidak mengerjakan, sebab aplikasi yang digunakan bukanlah Dapodik.


Kuesioner PMP

Berbeda dengan Aplikasi Dapodik, dalam Aplikasi PMP semua komponen sekolah harus turut serta mengisi data. Mengingat PMP diperuntukkan bagi semua pihak yang meliputi Pengawas Sekolah, Kepala Sekolah, Guru, Peserta Didik, dan Komite Sekolah.

Semua pihak tersebut harus mengisi kuesioner PMP. Ada 6 jenis kuesioner yang ada dalam PMP, meliputi Hasil Belajar, isi Pendidikan, Proses Pembelajaran, Penilaian Pembelajaran, Peningkatan Pembelajaran dan Pengelolaan Pendidikan. Semua data kuesioner tersebut harus diisi dengan sempurna sehingga data bisa valid.

Masing-masing kuesioner PMP untuk setiap komponen sekolah berbeda-beda. Total kuesioner PMP sekitar 500 pertanyaan. Jumlah yang sangat banyak memang, dan dalam proses pengisian kuesioner haruslah benar sesuai dengan apa yang ada di sekolah anda. Jangan sampai anda mengisi kuesioner secara sembarangan sebab dapat merugikan anda sendiri pada suatu hari nanti.

Agar lebih cepat dalam mengisi kuesioner PMP, saya anjurkan anda untuk menggunakan metode LAN. Apa maksudnya? PC yang digunakan sebagai tempat Aplikasi PMP dijadikan sebagai server pusat. Nantinya and bisa mengerjakan PMP secara bersamaan dengan menggunakan PC bahkan gadget, caranya dengan memanfaatkan jaringan internet. Untuk lebih jelasnya, silahkan anda cari artikel di blog ini yang berjudul Cara Mengerjakan PMP dengan banyak Komputer.

Pengiriman Data PMP

Pengiriman data kuesioner PMP tidak bisa dilakukan setiap waktu. Data baru bisa dikirim jika jumlah responden yang mengisi kuesioner sudah memenuhi standar minimal yang telah ditentukan. Setiap sekolah memiki batas minimal responden masing-masing yang disesuai dengan jumlah peserta didiknya.

Semakin banyak peserta didik maka semakin banyak pulan responden yang harus menjawab. Sedangkan untuk guru, dalam satu kelas minimal satu orang guru menjadi responden. Aturan ini juga berlaku untuk Komite sekolah. Jadi misalnya di tingkat SMA ada tiga jenjang kelas maka minimal guru dan Komiter yang mengisi adalah 3 orang.

Pada prinsipnya, semakin banyak responden yang mengisi kuesioner PMP maka semakin bagus pula kualitas data sekolah yang masuk dalam progres pengiriman data PMP. Demikian informasi Tentang Aplikasi Penjaminan Mutu Pendidikan. Pada kesempatan selanjutnya saya akan mengupdate terus segala kabar baru mengenai aplikasi ini.

Artikel Terkait :

Subscribe to receive free email updates:

6 Responses to "Tentang Aplikasi Penjamin Mutu Pendidikan"

  1. mengapa saya tidak bisa login di PMP?
    setiap login menggunakan username saya selalu bertulisan.

    ContextErrorException: Warning: pg_connect(): Unable to connect to PostgreSQL server: FATAL: password authentication failed for user "dapodik_user" in C:\Program Files (x86)\PMP\dataweb\pmp\src\Admin\Preface.php line 0


    kira-kira kenapa yah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. penyakit nya sama kaya saya pak. begitu terus

      Hapus
    2. Perlu diketahui, PMP Versi 1.2 itu kompatibelnya dengan Dapodik Versi 2016 dan PMP Versi 1.3 itu kompatibelnya dengan Dapodik Versi 2016.a. Jika saat ini Dapodik anda sudah menggunakan Versi 2016.b namun PMP masih versi 1.3 maka akan terjadi eror di Aplikasi PMP karena tidak kompatibel. Solusinya: sabar menunggu update Aplikasi PMP versi terbaru yang kompatibel dengan Dapodik Versi 2016.b

      Hapus
    3. Saya memakai Windows 10
      Instal Dapodik 2016b (menggunakan patch)
      Instal PMP v1.3
      Aman, lancar, terkendali..
      Jadi, kesimpulannya bukan masalah kompetibel pada aplikasi, tapi bisa jadi pada windowsnya..

      #CMIIW :)

      Hapus
    4. Masalahnya adalah PMP v1.3 itu adalah patch (tambahan untuk PMP v1.2) bukan instaler. Jadi, solusinya adalah instal PMP v1.2 kemudian tambahkan PMP v1.3

      udahhh, itu aja.. :D

      Hapus