Cara Mengatasi Aplikasi PMP 1.4 Error

Cara Mengatasi Aplikasi PMP 1.4 Error. Sobat Operator Dapodik, seperti anda ketahui semenjak rilisnya aplikasi Penjaminan Mutu Pendidikan (PMP), banyak dari kawan-kawan operator yang mengeluh karena dalam aplikasi ini terdapat banyak Bug (kesalahan) aplikasi. Sehingga membuat kerja operator menjadi terhambat.

Apa yang terjadi itu dirasakan sangat mengganggu operator dapodik. Banyak dari mereka merasa bingung dan kecewa, mengapa aplikasi ini tidak bisa bekerja dengan maksimal. Mereka juga tak bisa segera mengisi kuesioner PMP yang akan Cutt Off pada akhir oktober ini. Permasalahan Aplikasi PMP versi 1.4 yang errot tidak hanyak dialami satu dua orang saja, melainkan banyak operator di Indonesia juga mengalami hal serupa.


Cara Mengatasi Aplikasi PMP 1.4 Error
Cara Mengatasi Aplikasi PMP 1.4 Error.

Dalam berbagai forum diskusi Operator Dapodik, baik melalui media sosial FB dan WA, persoalan aplikasi PMP yang error hampir setiap hari muncul. Hal ini tak mengherankan lantaran belum ada solusi resmi dan penjelasan yang menyeluruh mengenai terjadinya hal tersebut.

Nah untuk menjawab permasalahan tersebut, berikut ini kami jelaskan mengenai Cara Mengatasi Install PMP 1.4 Error. Cara ini saya peroleh berdasarkan pengalaman saat saya juga mengalami Aplikas PMP yang error. Bagi anda sekalian yang mengalami permasalahan tersebut, silahkan perhatikan baik-baik penjelasan berikut.

Cara Mengatasi Aplikasi PMP 1.4 Error

a.    Pastikan PC atau laptop sesuai dengan spesifikasi. Spesifikasi PC atau laptop dapat diunduh pada link berikut http://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id/unduhan. Hal ini sangat penting, mengingat Aplikasi PMP hanya bisa diinstal di komputer yang memenuhi spesifikasi yang telah ditentukan.

b.    Pastikan terlebih dahulu penyebab error, sebelum melangkah ke tahap selanjutnya, anda terlebih dahulu harus mengetahui penyebab error Aplikasi PMP. Penyebab Aplikasi PMP biasa ada beberapa hal.

Pertama, error Aplikasi PMP Versi 1.4 terjadi karena Aplikasi Dapodik belum di Update ke versi 2016b. jika ini yang terjadi, maka segeralah update Aplikasi Dapodik anda menjadi Versi 2016b.

Kedua, error yang terjadi karena status service dapodikDB belum dalam keadaan started/running. Nah kedua inilah yang sering terjadi. Jika hal ini yang terjadi berikut ini cara mengatasinya:

1.    Ketik service pada tombol start di PC anda, lantas mucul menu service kemudian klik menu tersebut

2.    Cari file yang bernama dapodikDB dan pastikan dalam keadaan status started/running


Cara Mengatasi Aplikasi PMP 1.4 Error
Cara Mengatasi Aplikasi PMP 1.4 Error.

3.    Jika pada kolom status belum muncul keterangan started/running maka klik file dapodikDB kemudian klik tombol start yang ada di samping kiri.

4.    Setelah status berubah started/running, maka itu tandanya Aplikasi PMP anda sudah bisa digunakan dengan lancer dan tidak jadi error lagi.

Catatan dari saya, Aplikasi Penjaminan Mutu Pendidikan ini memang masih tergolong sangat baru. Sehingga sangat mungkin banyak terjadi kesalahan aplikasi. Jika data error yang terjadi disebabkan karena kerusakan system maka kita tidak bisa berbuat apa-apa. Kecuali, menunggu perbaikan dari server pusat dengan cara merilis update terbaru aplikasi PMP.

Kerusakan sistem aplikasi PMP hanya bisa di atasi oleh server pusat. Sementara itu, bagi operator dapodik perlu memastikan perangkat yang digunakan dalam instalasi PMP sudah sesuai dengan spesifikasi minimal yang telah ditentukan.

Banyak kasus terjadi, data PMP error disebabkan karena spesifikasi PC yang digunakan tidak sesuai. Sehingga aplikasi tidak bisa berjalan dan bekerja secara maksimal. Akibatnya, aplikasi menjadi error dan data kuesioner tak bisa diisi dengan baik.

Demikian informasi mengenai Cara Mengatasi Aplikasi PMP 1.4 Error yang dapat kami jelaskan untuk anda semua.

Artikel Terkait :

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Cara Mengatasi Aplikasi PMP 1.4 Error"

  1. mengatasi error,singkronisasi terlebih dahulu dapodik versi lama kemudian hapus versi lama ,selanjutnya donload versi yang baru untuk dapodik dan prefillnya setelah semuanya terinstal, lakukan singkronisasi dari versi terbaru dapodik tadi, sehingga yg terbaca di server dapodikdasmen dapodik terbaru tadi adalah hasil singkronisasi dari dapodik versi terbaru. setelah itu hapus versi ( uninstal) dapodik terbaru tadi. Restrat Komputer. donload kembali aplikasi Dapodik versi terbaru tadi bersama prefill dan mulai penginstalan setelah selesai,kemudian danload aplikasi PMP dan instal..yuppps dan akhirnya PMP kamu pasti berhasil. soalnya ini pengalaman Pribadi yg saya coba sampe dua Hari.selamat mencoba

    BalasHapus