Cara Mengatasi Verifikasi PTK dan PD Tidak Muncul di PMP


Salam Satu Data. Aplikasi Penjaminan Mutu Pendidikan saat ini banyak menjadi perbincangan terutama bagi para Operator Dapodik Sekolah. Bukan hanya lantaran usia aplikasi terhitung baru, melainkan juga karena beberapa sistem aplikasi yang masih terjadi Bug atau kesalahan sehingga membuat pengisian kuesioner PMP yang sangat banyak itu menjadi semakin lama.

Di antara persolan yang muncul dan membuat jengkel Operator dalam pengisian PMP ialah tidak munculnya verifikasi PTK dan Peserta Didik di menu Verifikasi dan Kirim Data. Walhasil, kuesioner yang telah susah-susah dan sangat sabar diisi, tak bisa muncul di menu verifikasi. Padahal kemunculan data PD dan PTK di menu Verifikasi menjadi syarat utama untuk dapat melakukan proses Kirim Data ke server PMP pusat.


Verifikasi PTK dan PD Tidak Muncul di PMP.


Lantas apa sebenarnya Penyebab Verifikasi PTK dan PD Tidak Muncul di PMP? Banyak dari para Operator menanyakan hal ini diberbagai forum Operator Dapodik. Dan banyak di antara mereka pusing tujuh keliling menghadapi persoalan ini. Hal tersebut sangat wajar karena proses pengisian PMP memang cukup melelahkan.

Berdasarkan riset dan pengalaman pribadi saya dalam pengisian PMP, Verifikasi PTK dan PD Tidak Muncul di PMP disebabkan jumlah responden yang diisi dalam PMP melebihi ketentuan yang telah ditentukan di Menu Verifikasi dan Kirim Data. Sehingga yang muncul hanya data Kepala Sekolah.

Misalnya, dalam Menu Verifikasi dan Kirim Data ditunjukkan jika jumlah responden PTK yang harus mengisi kesioner PMP hanya 3, namun anda mengisinya lebih dari jumlah tersebut. Nah, hal inilah yang menyebabkan Verifikasi PTK dan PD Tidak Muncul di PMP.

Secara logika harusnya semakin banyak mengisi jumlah responden semakin baik pula kualitas data di PMP. Namun hal ini tidak berlaku saat ini, mengingat masih banyak Bug atau kesalahan yang ada di Aplikasi PMP ini. Pesan saya, untuk sementara waktu isilah jumlah responden sesuai dengan jumlah yang ditentukan supaya datanya muncul di Verifikasi.

Lalu bagaimana jika sudah terlanjur mengisi jumlah responden melebihi yang telah ditentukan? Dan membuat Verifikasi PTK dan PD Tidak Muncul di PMP? Tenang saja berikut ini ada beberapa Cara Mengatasi Verifikasi PTK dan PD Tidak Muncul di PMP:

1. Hapus kelebihan jumlah responden baik PTK hingga menjadi sesuai dengan yang ditentukan dalam Menu Verifikasi. Kemudian lakukan kembali Salin PTK supaya PTK yang dihapus masuk kembali dalam Aplikasi PMP namun tidak lagi mengisi jawaban. (Langkah tersebut berlaku juga untuk Peserta Didik)

2. Mengingat masih banyaknya Bug atau Kesalahan dalam Aplikasi PMP, dianjurkan setiap selesai pengisian data lakukanlah Backup data. Sehingg jika sewaktu-waktu data hilang maka bisa di Restore kembali sesuai data yang telah diisi,

Penyebab utama tidak munculnya verifikasi data Pendidik dan Tenaga Kependidikan serta Peserta Didik di Aplikasi PMP, saya rasa terutama disebabkan oleh kesalahan sistem itu sendiri. Aplikasi PMP yang masih baru ini, memang perlu pembenahan lagi dari pusat.

Diakui atau tidak, beragam kendala yang dialami oleh operator saat pengisian data kuesioner membuat kerja semakin berat. Jumlah data yang mencapai ratusan di setiap responden, sangat tidak efisien jika harus diulangi kembali. Mudah-mudahan persolan ini segera diselesaikan.

Itulah Cara Mengatasi Verifikasi PTK dan PD Tidak Muncul di PMP. Artikel ini saya buat berdasarkan pengalaman pribadi saya yang pernah mengalami Verifikasi PTK dan PD Tidak Muncul di PMP. Mudah-mudahan bisa membantu anda semua.

Artikel Terkait :

Subscribe to receive free email updates:

35 Responses to "Cara Mengatasi Verifikasi PTK dan PD Tidak Muncul di PMP"

  1. mohon pencerahannya....saya sdah backup data tetapi ketika restore dalam tulisannya berhasil tetapi tidak kmbali sprti smula datanya yg sudah terisi, pdahal sdah di login ulang dan dcoba refresh f5 ttap data tdak berubah

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya juga tidak bisa RESTORE, jadi segera usulkan ke tim IT PMP untuk memperbaiki fitur ini ... titik jangan kerjakan ulang sebelum aplikasi dibetulkan

      Hapus
    2. Mohon sabar bapak-bapak sekalian. Menu Backup dan Restore di Aplikasi PMP merupakan salah satu Bug (kesalahan). Jadi Menu tersebut belum bisa digunakan. Menunggu perbaikan pada updater selanjutnya. trimakasih

      Hapus
  2. Tapi kalo jumlah responden nya sudah benar tapi tetap tidak muncul juga itu kenapa ya?padahal sudah pakai PMP VERSI 1.3

    BalasHapus
  3. gan kalau di bagian managemen pengguna tidak muncul PTK dan PD padahal sudah salin PTK dan PD...itu masalahnya di mana ya gan...thanks

    BalasHapus
  4. gan kalau di bagian managemen pengguna tidak muncul PTK dan PD padahal sudah salin PTK dan PD...itu masalahnya di mana ya gan...thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. direfresh dulu. lw belum bisa di update versi 1.4 gan

      Hapus
  5. untuk kuesioner pmp khusus pd kelas 4-6 di wakili dengan 10 siswa, brarti di kalikan 3 kelas = 30 siswa , sedangkan di aplikasi hanya tercantum maksimal 12 pd itu bagaimana? seharusnya kelas 4-6 di wakili 4 siswa sehingga tepat menjadi 12 pd yg menjawab kuesioner pada aplikasi pmp.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ikut anjuran yang ada di aplikasi pak

      Hapus
  6. sama permasalahan yang lain pada aplikasi, setelah backup data kemudian saya restore data nya hasil data nya nihil alias 0. Padahal sudah capek capek tuh ngisi kuesioner.

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu salah satu BUG aplikasi di PMP versi ini pak

      Hapus
  7. kalau belum sempaet lihat target kuesionernya terus menu kirim data juga tidak tampil, bagaimana solusinya?

    BalasHapus
  8. PMP IKU FUNGSINYA APA TOH ? KALAU GAK BERPENGARUH PADA SERTIFIKASI YA GAK USAH DI KERJAKAN MALAH NGGARAI NAMBAH BEBAN OPS AJA?

    BalasHapus
  9. SYA LAIN LAGI MASALAHNYA, SETELAH SAYA HAPUS, BEBRAPA PTK, DAN MENARIKNYA KEMBALI, MEMANG BERHASIL, MUNCUL, BERAPA JMLH PTK YANG AKAN MENGISI KUISIONER DAN JUMAH SSIWA, SETELAH BEBERAPA SISWA SAYA ISI KUISIONERNYA, TIDAK MUNCUL LAGI VERIFIKASINYA, KSALAHANNYA DIAMANA/. MEMANG SISWA YANG AKAN MENGISI KUISIONERTU BELUM SAYA ISI SEMUANYA,

    BalasHapus
    Balasan
    1. yang diisi itu cukup beberapa saja pak, sesuai petunjuk jumlah responden

      Hapus
  10. permisi maaf mau nanya admin,,,saya pake versi 1.4 itu yg kuesioner utk PD ada beberapa yg tidak tersimpan jawabannya,,,jd nya ya tidak 100% terjawab semua,,,itu gmn ya???????

    BalasHapus
    Balasan
    1. Harus dilengkapi semua jawabannya. cari jawaban yang belum dijawab di menu validasi dan kirim data

      Hapus
    2. Betul Saya jg ngisi dan susah menyimpan jadi tidak 100% aja,,bingung Brooooooooooo pusing pak

      Hapus
  11. Seharusnya Semakin bnyak responden semakin bagus bukan menjadi BUG ini aplikasi ga jekal peruntukanya apa?dana sangat besar dkluarkan tp ga ad efek dari aplkasi ini...Nyusain OP dan Guru waktu terbuang hnya untuk mengisi ini....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Harusnya sih begitu pak, semoga segera ada perbaikan

      Hapus
  12. slamat malam pak admind...sya mengirim data ke server sdah berhasil tetapi stelah di cek data belum terkirim...mohon solusinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sabar bu yang penting sudah berhasil dikirim. itu masalah server pusatnya

      Hapus
  13. mohon pencerahan ...kuisioner siswa sudah terisi semua dan sudah konfirmasi semua,,,tapi mengapa masih muncul silang pada verivikasi jadi tidak bisa dikirim...mohon bantuannya ....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu karena belum anda Konfirmasi. Lakukan Konfirmasi Penyelesaian setiap responden yang sudah mengisi kuesior. Untuk Lebih lengkapnya baca artikel ini http://panduandapodikmen.blogspot.co.id/2016/09/cara-konfirmasi-penyelesaian-kuesioner_29.html

      Hapus
  14. Mohon bantuan, verivikasi kepsek-pd-ptk semua tidak muncul di datagrid. Padahal saya dah isi responden sesuai jumlah yang ditentukan dan sudah konfirmasi. Padahal,Ketika di cek per kepsek/ptk/pd sudah centang hijau semua. Gimana ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. pastikan saat melakukan verifikasi pengguna berada pada akun Operator Dapodik. dan jangan lupa untuk update ke versi yang baru

      Hapus
  15. Sudah di akun operator n dah versi terbaru?

    BalasHapus
  16. Sudah di akun operator n dah versi 1.4..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aplikasi PMP terbaru bukan versi 1.4 tapi 1.5. silahkan baca artikel berikut ini http://panduandapodikmen.blogspot.co.id/2016/11/cara-update-aplikasi-pmp-versi-15-yang-benar.html

      Hapus
  17. Sudah saya hapus dan salin PD tp tetep gak muncul di verifikasi... Gmn pak solusinya?

    BalasHapus