Cara Mengatasi Verifikasi PTK dan PD Tidak Muncul di PMP


Salam Satu Data. Aplikasi Penjaminan Mutu Pendidikan saat ini banyak menjadi perbincangan terutama bagi para Operator Dapodik Sekolah. Bukan hanya lantaran usia aplikasi terhitung baru, melainkan juga karena beberapa sistem aplikasi yang masih terjadi Bug atau kesalahan sehingga membuat pengisian kuesioner PMP yang sangat banyak itu menjadi semakin lama.

Di antara persolan yang muncul dan membuat jengkel Operator dalam pengisian PMP ialah tidak munculnya verifikasi PTK dan Peserta Didik di menu Verifikasi dan Kirim Data. Walhasil, kuesioner yang telah susah-susah dan sangat sabar diisi, tak bisa muncul di menu verifikasi. Padahal kemunculan data PD dan PTK di menu Verifikasi menjadi syarat utama untuk dapat melakukan proses Kirim Data ke server PMP pusat.


Verifikasi PTK dan PD Tidak Muncul di PMP.


Lantas apa sebenarnya Penyebab Verifikasi PTK dan PD Tidak Muncul di PMP? Banyak dari para Operator menanyakan hal ini diberbagai forum Operator Dapodik. Dan banyak di antara mereka pusing tujuh keliling menghadapi persoalan ini. Hal tersebut sangat wajar karena proses pengisian PMP memang cukup melelahkan.

Berdasarkan riset dan pengalaman pribadi saya dalam pengisian PMP, Verifikasi PTK dan PD Tidak Muncul di PMP disebabkan jumlah responden yang diisi dalam PMP melebihi ketentuan yang telah ditentukan di Menu Verifikasi dan Kirim Data. Sehingga yang muncul hanya data Kepala Sekolah.

Misalnya, dalam Menu Verifikasi dan Kirim Data ditunjukkan jika jumlah responden PTK yang harus mengisi kesioner PMP hanya 3, namun anda mengisinya lebih dari jumlah tersebut. Nah, hal inilah yang menyebabkan Verifikasi PTK dan PD Tidak Muncul di PMP.

Secara logika harusnya semakin banyak mengisi jumlah responden semakin baik pula kualitas data di PMP. Namun hal ini tidak berlaku saat ini, mengingat masih banyak Bug atau kesalahan yang ada di Aplikasi PMP ini. Pesan saya, untuk sementara waktu isilah jumlah responden sesuai dengan jumlah yang ditentukan supaya datanya muncul di Verifikasi.

Lalu bagaimana jika sudah terlanjur mengisi jumlah responden melebihi yang telah ditentukan? Dan membuat Verifikasi PTK dan PD Tidak Muncul di PMP? Tenang saja berikut ini ada beberapa Cara Mengatasi Verifikasi PTK dan PD Tidak Muncul di PMP:

1. Hapus kelebihan jumlah responden baik PTK hingga menjadi sesuai dengan yang ditentukan dalam Menu Verifikasi. Kemudian lakukan kembali Salin PTK supaya PTK yang dihapus masuk kembali dalam Aplikasi PMP namun tidak lagi mengisi jawaban. (Langkah tersebut berlaku juga untuk Peserta Didik)

2. Mengingat masih banyaknya Bug atau Kesalahan dalam Aplikasi PMP, dianjurkan setiap selesai pengisian data lakukanlah Backup data. Sehingg jika sewaktu-waktu data hilang maka bisa di Restore kembali sesuai data yang telah diisi,

Penyebab utama tidak munculnya verifikasi data Pendidik dan Tenaga Kependidikan serta Peserta Didik di Aplikasi PMP, saya rasa terutama disebabkan oleh kesalahan sistem itu sendiri. Aplikasi PMP yang masih baru ini, memang perlu pembenahan lagi dari pusat.

Diakui atau tidak, beragam kendala yang dialami oleh operator saat pengisian data kuesioner membuat kerja semakin berat. Jumlah data yang mencapai ratusan di setiap responden, sangat tidak efisien jika harus diulangi kembali. Mudah-mudahan persolan ini segera diselesaikan.

Itulah Cara Mengatasi Verifikasi PTK dan PD Tidak Muncul di PMP. Artikel ini saya buat berdasarkan pengalaman pribadi saya yang pernah mengalami Verifikasi PTK dan PD Tidak Muncul di PMP. Mudah-mudahan bisa membantu anda semua.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel