Daftar Link yang Wajib Diketahui Operator Dapodik

Daftar Link yang Wajib Diketahui Operator Dapodik. Pengelolaan Aplikasi Data Pokok Pendidikan (Dapodik) saling terintegrasi dengan beberapa sistem yang dibuat Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Untuk itu, Operator sekolah perlu selalu memantau berbagai informasi yang diumumkan melalui beberapa website resmi dari kementerian pendidikan.

Untuk itulah kali ini, Panduan Dapodikmen akan memberikan Daftar Link yang Wajib Diketahui Operator Dapodik. Hal ini sangat penting, sebab informasi yang berhubungan dengan Dapodik, seperti update aplikasi, verval pd, verval PTK, dana BOS hingga sertifikasi guru diumumkan melalui website resmi yang khusus untuk masing-masing jenis informasi.

Daftar Link yang Wajib Diketahui Operator Dapodik
Daftar Link yang Wajib Diketahui Operator Dapodik.

Jika seorang Operator Dapodik selalu membuka daftar website yang berhubungan dengan Dapodik, tentu dia akan banyak menerima informasi yang bermanfaat dan pengelolaan Dapodik tidak akan ada masalah. Sebaliknya, jika operator enggan membuka beberapa website yang berhubungan dengan dapodik, ia akan ketinggalan banyak informasi dan pengelolaan Dapodik akan menemui banyak halangan hingga kesalahan.

Pada era serba moderen seperti saat ini, semua hal memang dilakukan secara online. Tak terkecuali juga dalam bidang pendidikan. Segala macam bentuk informasi saat ini tidak lagi diumum melalui surat edaran yang dikirim menggunakan jasa POS. Melainkan surat hanya perlu di upload ke dalam website maka semua orang di Indonesia akan bisa melihatnya. Cukup efektif dan efisien bukan?

Dalam dunia pendidikan sendiri, berbagai program telah memiliki alamat website masing-masing. Mulai dari pengelolaan BOS, Dapodik, PIP hingga yang terbaru PMP mempunyai alamat website tersendiri. Kendati demikian semua terintegrasi ke dalam naungan dari Kemendikbud.

Di sinilah tugas penting operator dapodik untuk selalu mengupdate informasi dengan mengunjung berbagai website penting. Beberapa waktu lalu kita bisa melihat ada banyak sekolah yang tak menerima dana BOS lantaran tak mengetahui batas akhir pengiriman data (Cut Off) dapodik. Sehingga hal ini akan merugikan semua pihak terutama sekolah.

Daftar Link yang Wajib Diketahui Operator Dapodik

1. Website utama operator dapodik sekolah dikdasmen.kemdikbud.go.id,

2. Updater Dapodik, Aplikasi PMP, Patch PMP dan Prefill Dapodik dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id/unduhan. Untuk mendownload aplikasi Dapodik

3. Untuk menarik siswa dan menarik PTK data.dikdasmen.kemdikbud.go.id/usr/in/ops, login di web dapo.dikdasmen

4. Untuk Verifikasi  dan Validasi data siswa vervalpd.data.kemdikbud.go.id

5. Untuk cek NISN siswa di PDSPK nisn.data.kemdikbud.go.id

6. Untuk Verifikasi dan Validasi data PTK vervalptk.data.kemdikbud.go.id

7. Untuk Verifikasi dan Validasi Satuan Pendidikan vervalsp.data.kemdikbud.go.id

8. Untuk cek Nomor KIP yang dientry di aplikasi Dapodik pipsd.kemdikbud.go.id/pelaporan/index.php?   wc=inquiry&wm=view_inquiry

9 Untuk cek   Nomor KIP yang bermasalah. pipsd.kemdikbud.go.id/pelaporan/index.php?      wc=doublekip&wm=view_double_pro

10. Untuk cek peserta  Didik yang menerima PIP (Khusus SMK)psmk.kemdikbud.go.id/pipsmk

11. Untuk Cek Progres Pengiriman KIP data.dikdasmen.kemdikbud.go.id/kipinfo

12. Untuk BOS bos.kemdikbud.go.id/index.php/home

13. Untuk cek progres pengiriman PMP pmp.dikdasmen.kemdikbud.go.id/pengiriman

14. Untuk Bursa Kerja Khusus SMK psmk.kemdikbud.go.id/bkk

Lumayan banyak memang, dan daftar link tersebut kemungkinan besar akan bertambah seiring dengan perkembangan pendidikan. Agar tak ketinggalan berita, operator dapodik perlu memantau terus daftar link di atas.

Agar kerja operator dapodik lancar sekolah juga perlu mendukung dengan menyediakan beragam keperluan dan perlengkapan seperti laptop dan modem. Kedua hal itu wajib dipenuhi agar kinerja mereka bisa dilakukan dengan baik

Demikian informasi mengenai Daftar Link yang Wajib Diketahui Operator Dapodik. Selalu cek beragam informasi yang tersedia dalam website tersebut. Tak perlu setiap hari, yang penting anda jangan sampai ketinggalan berita di dalamnya.

Artikel Terkait :

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Daftar Link yang Wajib Diketahui Operator Dapodik"

Posting Komentar