Penjelasanan Menu Manajemen Pengguna Aplikasi PMP

Salah satu hal penting yang berada dalam Aplikasi Penjaminan Mutu Pendidikan (PMP) oleh para operator dapodik adalah mengenai Menu Manajemen Penggua Aplikasi PMP. Mengapa dinilai penting? Sebab dalam menu ini anda bisa melakukan fungsi tukar pengguna para responden, yang meliputi Kepala Sekolah (Kepsek), Pengawas Sekolah (PS), Komite Sekolah, Guru (PTK) dan Peserta didik.

Di dalam menu manajemen pengguna PMP menjadi semacama titik utama pengoperasian aplikasi PMP. Di menu ini anda bisa menjalankan berbagai peran responden PMP baik dengan dengan melakukan tambah pengguna, saling maupun penghapusan data pengguna PMP. Siapa saja para pengguna itu? Di atas sudah saya sebutkan, yaitu mulai dari Kepala Sekolah sampai dengan Peserta didik.

Penjelasanan Menu Manajemen Pengguna Aplikasi PMP
Penjelasan Menu Manajemen Pengguna Aplikasi PMP.


Namun, perlu dipahami bahwa cata pengoperasian pengguna aplikasi PMP. Sebab disesuaikan dengan peran dan tugas mereka tersendiri. Nah, kali ini saya akan menjelaskan secara lengkap mengenai aturan dalam pengunaan Menu Pengguna Aplikasi PMP.

Tata cara dan login pengguna Aplikasi PMP yang Benar

a. Bagi Kepala Sekolah (Kepsek)

Bagi kepala sekolah username dan password yang digunakan sama dengan username dan password operator dapodik sekolah. Data dari pengguna kepala sekolah memang tidak tercantum di manajemen pengguna ini, namun secara otomatis masuk dalam beranda PMP.

b. Bagi Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK)

Dalam menu ini anda bisa melakukan penambahan terhadap pengguna jenis PTK. Caranya dengan menekan tombol Salin PTK yang tersedia. Tombol tersebut memiliki fungsi untuk melakukan penyalinan data PTK yang terdaftar di dalam Aplikasi Dapodik.

Dengan menekan Tombol Salin PTK, secara otomatis PTK yang ada dalam Dapodik akan menjadi pengguna dari PMP. Tujuannya untuk menjadi responden dalam mengisi kuesiner PMP. Namun tidak semua PTK di dapodik bisa disalin ke PMP. PTK tersebut harus memenuhi tiga hal penting yaitu:

1. PTK terkait telah memperoleh SK penugasan pada tahun ajaran ini

2. PTK tersebut berstatus sebagai guru. Jik TU dan staf lainnya maka tidak bisa

3. Sudah mengisi email yang tersedia dalam data PTK di aplikasi dapodik

Ketika sudah memenuhi semua pesyaratan tersebut, anda bisa melakukan Salin PTK di PMP. Untuk cara Login PTK menggunakan username berupa email yang diinput ke dalam Dapodik. Sementara untuk password diisi dengan tanggal lahir PTK masing-masing formatnya adalah yyyy-mm-dd (Misalnua 1988-07-20).

c. Bagi Peserta Didik (Siswa)

Sebelum melakukan login data PD anda harus menyalin data mereka ke dalam aplikasi PMP. Caranya dengan klik Tombol Salin Peserta Didik. Seperti halnya di bagian PTK, tombol ini memiliki fungsi penyalinan data siswa dari Aplikasi Dapodik.

Siswa yang disaling ke PMP nantinya akan menjadi pengguna (responden) PMP yang bertugas mengisi kuesioner. Namun tidak semua PD bisa dijadikan pengguna PMP, ada tiga syarat utama supaya mereka bisa masuk sebagai pengguna, yaitu:

1. Peserta didik tersbut sudah terdaftar resmi di sebuah sekolah

2. Sudah terpetakan (masuk) ke dalam anggota rombongan belajar sebuah kelas di dalam dapodik

3. Sudah mempunyai Nomor Induk Siswa Nasional (NISN)

Sesudah memenuhi ketiga persyaratan di atas, silahkan lakukan penyalinan data peserta didik. Secara otomatis mereka akan masuk dalam data manajemen pengguna. Adapun untuk login PD, username dan password adalah NISN siswa yang diinput ke dalam aplikasi Dapodik.

d. Bagi Pengawas Sekolah 

Berbeda dengan jenis pengguna lain, untuk pengawas sekolah terlebih dahulu anda harus melakukan penambahan dengan cara Klik Tambah. Selanjutnya, isilah data-data yang diminta mulai dari nama lengkap, peran pengguna, username (email/gmail), password yang digunakan, ulang password, NIK, NIP, Tanggal lahir, Nama ibu kandung dan NUPTK. Semua kolom data yang memiliki tanda bintang merah artinya wajib diisi.

Setelah semua selesai kemudian Klik tombol Save. Jika proses ini sukses maka akan muncul pemberitahuan berhasil menyimpan data. Saat akan Login gunakan email dan password yang tadi di isikan.

e. Bagi Komite Sekolah

Komite Sekolah adalah perwakilan dari para orang tua peserta didik di sekolah. Untuk melakukan penambahan pengguna sebagai komite sekolah, langkah-langkahnya sama persis dengan penambahan data Pengawas Sekolah di atas.

Demikian informasi tentang Penjelasan Menu Manajemen Penggua Aplikasi PMP yang bisa saya sampaikan kepada anda semuanya.

Artikel Terkait :

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Penjelasanan Menu Manajemen Pengguna Aplikasi PMP"

Posting Komentar