Cara Memperbaiki SK Operasional Sekolah di e-VerValSP

Cara Memperbaiki SK Operasional do e-VerValSP. Sahabat Operator Sekolah, selain mengelola Aplikasi Dapodik seorang operator juga harus mengelola beberapa aplikasi lain yang saling berhubungan dengan Dapodik. Salah satunya ialah Aplikasi e-VerVal Master Satuan Pendidikan. Bagi anda yang baru berkecimpung di dunia Dapodik tentu aplikasi ini cukup asing di telinga. Untuk itu ada baiknya anda menyimak artikel berikut

Aplikasi e-VerVal Master Satuan Pendidikan atau yang biasa disebut dengan dengan singkatan e-VerValSP adalah sebuah aplikasi yang dirancang untuk mendukung pengelolaan data pendidikan secara nasional. Dengan adanya aplikasi e-VerValSP tersebut diharapkan akan lebih memudahkan dan mendekatkan proses pengelolaan data satuan sekolah (pendidikan/lembaga pendidikan) dengan master pendidikan yang berada di tingkat pusat dengan mereka yang berada di tingkat daerah.


Cara Memperbaiki SK Operasional Sekolah di e-VerValSP.


e-VerValSP adalah sebuah aplikasi yang berbasis website dan terintregasi dengan sebuah sistem tenang referensi pendidikan yang bisa dibuka dengan mengunjungi alamat url http://vervalsp.data.kemdikbud.go.id/.

Tujuan dilakukannya e-VerValSP adalah untuk melakukan Verifikasi dan Validasi (VerVal) pada data satuan pendidikan. Hal ini dimaksudkan untuk melakukan pemeriksaan dan perbaikan data satuan pendidikan sehingga bisa menghasilkan data yang satuan pendidikan di tingkat nasional yang benar-benar valid.

Maka dari itu, setiap satuan pendidikan atau sekolah baik yang sudah lama ataupun baru berdiri diharuskan untuk melakukan berbagau tahapan yang terdapat dalam e-VerValSP. Ini dilakukan sebelum anda mengerjakan data di Aplikasi Dapodik. Sebab di dalam Aplikasi Dapodik sendiri untuk isian SK Ijin Operasional/SK Ijin Pendirian tidak bisa diisi secara manual (di disable). Sebab data isian ini nantinya akan diambil dari hasil e-VerValSP sekolah. Ini sebagai bentuk sinkronisasi data hasil pendataan dan hasil transaksi Satuan Pendidikan.

Adapun Data master referensi satuan pendidikan wajib memuat 3 komponen, yaitu:

1. Data Administrasi Sekolah atau Satuan Pendidikan yang meliputi Identitas Sekolah,  Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN), Nama Sekolah, Alamat Lengkap, Status Sekolah, SK Operasional, Akreditasi Terakhir, dan berbagai data pendukung lainnya.

2. Data Spasial Sekolah yaitu titik koordinat sekolah berada (menunjukkan letak sekolah secara jelas).

3. Data Citra Sekolah yaitu berbagai Foto sekolah yang bersangkutan (bisa kegiatan, fisik, atau sarpras yang dimiliki).

Itulah sedikit penjelasan singkat tentang aplikasi  e-VerValSP. Mudah-mudahan bisa memberikan sedikit pemahaman kepada anda. Agar lebih mengerti, langsung saja buka website aplikasi e-VerValSP di PC anda, ingat harus dengan menggunakan koneksi internet.

Selanjutnya saya akan membahas mengenai judul artikel ini, yaitu  tentang Cara Memperbaiki SK Operasional Sekolah di e-VerValSP.  SK Operasional Sekolah merupakansalah satu data utama yang wajib diinput oleh operator Dapodik di e-VerValSP. Data ini berisi tentang Dokumen Perijinan/SK Ijin Operasional Sekolah atau yang biasa dikenal sebagai NPSN.

SK Ijin Operasional sekolah menjadi bukti legal secara hukum bahwa sekolah bersangkutan benar-benar sudah diberi ijin oleh pemerintah untuk menjalankan pendidikan. SK ini wajib dimiliki oleh semua jenjangan pendidikan.

Cara Memperbaiki SK Operasional Sekolah di e-VerValSP


1. Silahkan lakukan Login ke dalam website e-VerValSP. Username dan Password sama dengan dapodik

2. Selanjutnya Klik satu Pada Kotak Menu yang terletak di bagian Pojok sebelah Kiri atas yang berada di samping tulisan E-VervalSP. Kemudaian Klik Menu Pengelolaa-Perbaikan Data (Menu ini berfungsi untuk pengelolaan data  e-VerValSP)

3. Selanjutnya secara otomatis akan muncul Perbaikan Data Identitas sekolah dan Dokumen Perijinan E-VerValSP

4. Isilah semua data yang diminta terkait dengan SK Ijin Operasional Sekolah anda (Data yang dimasukkan harus benar-benar valid)

5. Apabila semua data sudah terisi dengan benar, selanjutnya Klik Tombol Simpan. Silahkan tunggu persetujuan dari Admin PDSP-K pusat. Nanti akan ada sebuah tampilan Konfirmasi dari Pengajuan Perbaikan Data Spasial E-VerValSP sekolah anda.

Dalam melakukan input data e-VerValSP haruslah hati-hati. Terutama saat menginput nomor SK. Jangan sampai ada nomor yang salah, karena bisa mengakibatkan data sekolah tak bisa terdeteksi ditingkat nasional. Semoga penjelasan mengenai Cara Memperbaiki SK Operasional Sekolah di e-VerValSP bisa menambah pengetahuan anda semua. Segera perbaiki data SK Ijin Operasional Sekolah melalui e-VerValSP.

Artikel Terkait :

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Memperbaiki SK Operasional Sekolah di e-VerValSP"

Posting Komentar