Cara Menggunakan Fitur Blog Guru Pembelajar


Cara Menggunakan Fitur Blog Guru Pembelajar. Sobat Guru Indonesia, di dalam Program GP Moda Daring terdapat sebuah fitur atau fasilitas yang bernama Blog. Fitur ini harus anda pahami agar bisa membantu dalam mengoperasikan program ini.

Untuk membantu anda dalam menggunakan Program Guru Pembelajar, kali ini saya akan berbagi pengalaman mengenai Cara Menggunakan Fitur Blog Guru Pembelajar. Fitur ini penting diketahui oleh para guru sekalian agar dalam proses pembelajaran nanti dapat berlangsung dengan baik dan lancar.
Cara Menggunakan Fitur Blog Guru Pembelajar
Cara Menggunakan Fitur Blog Guru Pembelajar.

Perlu anda ketahui, pada setiap sesi pembelajaran di Program Guru Pembelajar Moda Daring, Peserta diharuskan untuk melakukan refleksi atas pembelajaran yang telah dilaluinya melalui blog. Pengampu dan mentor dapat melihat blog peserta untuk mengetahui pemikiran, refleksi, dan pengalaman peserta pada sesi tersebut.

Nah, bagi anda yang belum tahu cara menggunakan fitur ini berikut ini saya jelaskan tentang Cara Menggunakan Fitur Blog Guru Pembelajar:

a. Membuat Refleksi dengan Menggunakan Blog

Di dalam fitur blog GP Moda Daring berisi mengenai refleksi Peserta yang sudag mengikuti salah satu sesi dalam pembelajaran online ini. Agar bisa masuk ke dalam fitur blog, silahkan klik salah satu blog Refleksi (Misalnya Blog Refleksi Sesi 2). Setelah tombol tersebut anda tekan, maka secara otomatis jendela blog akan terbuka dan muncul sebuah Menu bertuliskan New Blog Post

Selanjutnya yang harus anda lakukan adalah menekan tombol “New Blog Post” tersebut. Kemudian otomatis akan keluar jendela bertuliskan “new blog post”. Isilah kolom bertuliskan “tittle” dengan judul blog sesuai dengan topik yang telah anda pelajari pada sesi tersebut.

Sementara itu, di kolom yang bertuliskan “Message”, isikan hasil refleksi pembelajaran di sebuah topik yang telah selesai dipelajari. Pada menu bertuliskan “attachment” anda juga bisa melampirkan/mengunggah berbagai file yang mendukung baik berupa teks, gambar atau video. Usai selesai menuliskan hasil refleksi, kemudian Klik tombol “add post” yang gunanya untuk mengirimkan blog.

b. Memberi Komentar di dalam Blog

Fitur Blog ini juga bisa anda gunakan untuk memberikan komentar. Pastinya diharapkan komentar yang dibuat adalah untuk membangun bukan ingin menjatuhkan. Tujuannya membangun pemahaman yang komprehensif bagi peserta GP Moda Daring.

Cara membuat komentar melalui fitur Blog itu bagaimana? Berikut ini langkah-langkahnya:

1. Klik Menu tautan dalam blog yang ada pada salah satu sesi pembelajaran, Contoh Blog Refleksi Sesi 2

2. Usai anda klik, kemudian akan tampil laman blog yang berisi hasil refleksi pembelajaran yang dituliskan peserta yang sangat banyak

3. Untuk memulai memberikan sebuah atau beberapa komentar, Anda harus Klik tautan yang bertuliskan “Add your comment” di dalam blog peserta GP Moda Daring yang ingin anda komentari. Secara otomatis komentar anda akan dipublikasikan dan akan dilihat oleh peserta lain.

Pada intinya, semua fitur dalam GP Moda daring ini dibuat untuk mempermudah para guru dalam mengoperasikannya. Sehingga ia bisa lancara mempergunakan program ini demi meningkatkan kompetensinya.

Keaktifan anda dalam memberikan komentar di dalam Blog GP Moda Daring akan semakin menambah perspektif akan sebuah pembahasan topik pembelajaran. Maka dari itu jangan sungkan-sungkan untuk mengomentari refleksi pembelajaran dari para peserta lain. Tentu komentar yang dibuat haruslah membangun dan kontruktif.

Demikianlah informasi mengenai Cara Menggunakan Fitur Blog Guru Pembelajar yang bisa saya sampaikan pada kesempatan yang berbahagia kali ini.

0 Response to "Cara Menggunakan Fitur Blog Guru Pembelajar"

Post a Comment