Cara Menggunakan Fitur Chatting Guru Pembelajar


Cara Menggunakan Fitur Chatting Guru Pembelajar. Sahabat Guru di Cara Menggunakan Fitur Chatting Guru Pembelajar. Sahabat Indonesia sekalian, sudahkah anda menjalankan Program Guru Pembeajar Moda Daring? Kalau sudah, tentu anda tak asing dengan fitur Chatting. Sebuah fitur yang membuat anda bisa saling komunikasi dengan sesama guru di Indonesia.

Sesuai dengan namanya, fitur chatting GP Moda Daring ini memiliki fungsi sebagai sarana berkomunikasi langsung antara sesama peserta dengan Mentor dan Pengampu. Dengan menggunakan fitur chatting diharapkan akan muncul hubungan timbal dari mereka. Sehingga bisa memberikan pengaruh positif terhadap peningkatan kompetensi guru.



Cara Menggunakan Fitur Chatting Guru Pembelajar
Cara Menggunakan Fitur Chatting Guru Pembelajar.



Namun perlu diketahui, aktivitas chatting tidak boleh dilakukan sembarangan. Melainkan harus sesuai dengan panduan dari setiap sesi yang dijalani. Ini disebabkan, karena dalam melakukan chatting terdapat beberapa ketentuan yang wajib ditaati. Misalnya mengenai waktu dan tema chatting yang akan dibahas nantinya.

Sekedar untuk pengetahuan bahwa kegiatan chatting yang dilakukan oleh peserta GP Moda Daring akan disampaikan langsung oleh pengampu. Nantinya, para pengampu tersebut akan menghubungi guru dan mentor dengan mengirimkan sebuah pesan melalui fitur Message yang isinya tentang waktu pelaksanaan chatting.

Terkait dengan berbagai ketentuan tersebut, harus anda pahamai dengan seksama. Agar proses pembelajaran online ini bisa berjalan dengan lancar. Berikut ini Cara Menggunakan Fitur Chatting Guru Pembelajar yang benar

a. Chatting yang dilakukan sesuai dengan jadwal


Chatting ini sudah terjadwalkan sebelumnya. Jadi peserta GP Moda Daring sudah tahu waktu pelaksanaannya. Adapun cara untuk melakukan kegiatan chatting ini adalah sebagai berikut:

1. Klik sebuah tautan yang bertuliskan “Chat”, sehingga akan muncul sebuah tampilan laman yang berisikan tiga hal yaitu Rencana Jangka Menengah, Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah masing-masing

2. Kemudian lakukan klik pada tautan yang bertuliskan “click here to enter the chat now” yang letaknya berada di laman tersebut.  Posisinya berada di paling atas sendiri.

3. Setelah itu maka akan tampil sebuah jendela untuk memulai kegiatan chatting GP Moda daring.

4. Silahkan anda bisa mengirimkan berbagai pesan yang ingin disampaikan di dalam kegiatan chatting tersebut. Selanjutnya lakukan klik pada tombol Send.

Catatan Penting!!! Di bagian bawah peserta chatting akan ada pilihan yang bertuliskan “Talk”. Fungi fitur tersebut adalah untuk melakukan pengirima pesan secara pribadi atau perorangan. Adapula Fitur “Beep” Fungsi adalah untuk membunyikan suara chatting kepada peserta yang diajak chatting supaya bisa memperhatikan pesan yang telah dikirimkan.

b. Membuka Riwayat Chatting


Jika pada suatu kesempatan anda tidak bisa mengikuti chatting di waktu yang telah ditentukan, maka tak perlu bingung membaca isi chatting yang bisa saja berisi informasi sangat penting. Peserta GP Moda Daaring bisa melihat isi percakapan yang sudah dilewati. Caranya dengan menggunakan fitur yang bernama “View past chat sessions”. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

1. Silahkan klik sebuah tautan kegiatan chatting yang hendak ingin anda ikuti. Isinya sama dengan ketiga hal di atas yang meliputi, Rencana Kegiatan, Rencana Jangka Menengah dan dan Anggaran Sekolah

2. Selanjutnya klik tautan yang bernama “View past chat sessions” posisinya berada di bagian paling bawah laman

3. Pilihlah salah satu waktu aktivitas chatting yang sudah anda lewatkan. Caranya  dengan klik tautan yang bertuliskan “see this session”,

4. Secara otomatis semua Riwayat aktivitas Chatting akan terbuka secara utuh.

Demikian infomasi mengenai Cara Menggunakan Fitur Chatting Guru Pembelajar yang bisa saya berikan kepada anda sekalian.


EmoticonEmoticon