Cara Menggunakan webcam Guru Pembelajar


Cara Menggunakan webcam Guru Pembelajar. Sahabat Guru GP Moda Daring, dalam melakukan pembelajaran online ini anda dituntut untuk bisa mengoperasikan beberapa fitur yang telah tersedia. Gunanya untuk melakukan aktivitas pembelajaran online sesama peserta di manapun berada yang tidak mengenai batas dan wilayah ini.

Seperti yang telah dijelaskan pada berbagai forum bahwa, kegiatan yang dilakukan oleh para peserta GP Moda Daring semuanya berbasis online. Dengan memanfaatkan jaringan internet. Para peserta tidak hanya diminta untuk memahami isi dari setiap sesi pembelajaran. Melainkan mereka juga harus menguasai cara menggunakan setiap fitur yang disediakan.


Cara Menggunakan webcam Guru Pembelajar
Cara Menggunakan webcam Guru Pembelajar.


Mengapa harus demikian? Sebab dengan menguasai cara penggunaan fitur dalam GP Moda Daring maka anda akan bisa melakukan pembelajaran yang maksimal. Tidaklah mungkin seseorang bisa melakukan tatap muka dengan para mentor atau sesama guru jika ia tak tahu cara melakukan tatap muka tersebut.

Ini menjadi persoalan baru dalam pelaksanaan program GP Moda Daring. Diakui atau tidak, banyak dari para guru yang belum begitu mahir menggunakan komputer. Sehingga diperlukan bimbingan teknis cara mengoperasikan setiap fitur yang disedikan dalam GP Moda Daring ini.

Pembelajaran online dalam GP Moda Daring ini maksudnya adalah para guru peserta nantinya akan saling bertatap muka langsung dengan menggunakan kamera dari komputer/laptop. Caranya adalah dengan memaki fitur Webcam Guru Pembelajar yang telah tersedia di dalamnya. Agar proses ini bisa berjalan dengan baik, maka anda perlu menyedikan koneksi internet yang stabil. Sehingga ketiaka melakukan tatap muka tidak ada hambatan yang ditemui.

Selanjutnya, yang perlu ditanyakan adalah, apakah anda sekalian sudah mengetahui Cara Menggunakan webcam Guru Pembelajar? Seperti yang telah saya ungkapkan di atas bahwa belum semua guru menguasai komputer dan Ilmu Teknologi dengan baik. Maka dari itu saya akan mencoba membantu anda dengan menjelaskan langkah-langkah menggunakan Webcam GP Moda Daring.

Agar dapat melakukan kegiatan diskusi menggunakan video, terlebih dahulu anda perlu melakukan pengaturan di fitur webcam (kamera yang terintegrasi dengan komputer/laptop) yang anda miliki. Tujuannya supaya bisa dipakai dengan baik peserta GP Moda Daring lain bisa melihat anda melalui webcam yang sudah diaktifkan.

Cara Mengaktifkan Webcam pada BBB


1. Klik sebuah tombol yang bertuliskan “share your webcam”. Letaknya berada di dalam fitur Chatting Guru Pembelajar Moda Daring

2. Kemudian akan muncul sebuah konfirmasi untuk melakukan pengaktifan kamera di Komputer/laptop anda. Untuk menyetujui pengaktifa silahkan klik tombol yang bertuliskan “Allow”

3. Usai tombol Allow anda klik, selanjutnya akan muncul sebuah jendela baru yang bertuliskan “webcam setting”. Seperti yang bisa anda lihat di gambar di atas. Itu adalah contoh hasil penangkapan video saat guru menggunakan fitur webcam

4. Setelah video dari dalam Webcam tersebut tampil dengan baik, kemudian langsung saja klik tombol yang bertuliskan “start sharing”. Dengan begitu anda bisa memulai melakukan kegiatan tatap muka.

5. Selesai, anda akan muncul di webcam yang berada di bagian jendela webcam yang digunakan. Anda juga akan saling bertatap muka dengan peserta lainnya.

Lakukan tahap-tahap tersebut dengan teliti, nanti pasti fitur Webcam anda bisa digunakan dengan baik. Saat melakukan kegiatan tatap muka, manfaatkanlah dengan maksimal. Artinya gunakan fitur ini sebagai sarana bertukar informasi, pengetahuan maupun pengalaman sebagai guru. Sehingga hal itu dapat berpengaruh positif terhadap peningkatan kompetensi guru di Indonesia.

0 Response to "Cara Menggunakan webcam Guru Pembelajar"

Post a Comment