Cara Menggunakan Webcon Guru Pembelajar


Cara Menggunakan Webcon Guru Pembelajar. Sahabat Peserta GP Moda Daring sekalian, dalam pembelajaran program ini seorang guru akan dituntut untuk terus belajar. Maka dari itu, di dalamnya selain terdapat berbagai modul, juga ada mekanismen belajar bersama antar sesama peserta, mentor maupun pengampu.

Untuk bisa saling terhubung dengan peserta lain, digunakanlah moda pembelajaran secara online. Dengan begini, maka jarak dan waktu bukanlah menjadi sebuah halangan kembali. Sebab kapan saja dan di mana saja mereka bisa saling berkomunikasi.



Cara Menggunakan Webcon Guru Pembelajar
Cara Menggunakan Webcon Guru Pembelajar.


Maka dari itulah, dalam sistem GP Moda Daring ini disediakan sebuah fitur yang diberi nama Webcon. Nantinya Para Guru peserta program ini dapat bertatap muka secara langsung, baik dengan sesama guru ataupun dengan mentor dan pengampu. Mereka semua akan terhubung dan bisa saling melihat secara langsung dengan memanfaatkan jaringan internet.

Agar dalam menggunakan fitur webcon ini bisa berjalan dengan lancar, maka diperlukan sarana dan prasarana yang mendukung. Para peserta GP Moda Daring paling tidak memiliki Laptop dan hendset (alat pendengaran) serta koneksi internet yang baik. Sehingga dalam melakukan komunikasi bisa berjalan dengan lancar.

Kenapa saya menganjurkan untuk menggunakan laptop? Sebab di laptop sudah otomatis terpasang kamera yang berfungsi untuk alat telecomfrence. Sedangkan apabila menggunakan komputer maka anda perlu melengkapi dengan kamera khusus. Sedangkan alat  pendengaran fungsinya untuk saling berkomunikasi.

Setelah mengetahui sarpras untuk melakukan Webcon, selanjutnya adalah  apakah anda sudah mengetahui cara menggunakan fitur ini? Jika belum memahaminya dengan benar, ada baiknya anda sekalian menyimak penjelasan berikut ini.

Untuk bisa melakukan komunikasi tatap muka dalam GP Moda Daring maka anda harus Fitur  vikon/Web Conference (webcon) yang telah disediakan. Fitur ini dibuat sebagai sarana berkomunikasi antara para fasilitator atau pengampu  dengan para kepala sekolah, serta antar kepala sekolah lainnya. Komunikasi ini dilakukan dalam bentuk audio video melalui fasilitas website GP Moda Daring yang telah disediakan.

Cara Menggunakan Webcon Guru Pembelajar


1. Login ke Program GP Moda Daring. Setiap peserta program ini akan memperloeh username dan password khusus untuk digunakan saat login. Ingat baik-baik kedua hal tersebut, apabila sampai lupa nanti anda sendiri yang akan repot.

2. Pilih Menu Web conference ata biasa disebut sebagai Webcon. Menu ini berada di halama GP Moda Daring. Arahkan saa kursor anda ke ikon Webcon ini. Kemudian klik kiri satu kali saja.

3. Browser akan terkoneksi ke server. Usai anda klik, silahkan ditunggu beberapa waktu sampai browser yang digunakan terkoneksi dengan server pusat dan muncul jendela browser yang berisi pertanyaan How do you want to join the audio?

4. Setelah pertanyaan itu muncul, kemudian pilihlah menu Microphone. Menu digunakan untuk mengikuti aktivitas webcon/vikon dengan menggunak mikrofon aktif. Nantinya akan ada konfirmasi untuk melakukan pengatuan terhadap mikrofon yang digunakan. Anda juga bisa memilih Menu Listen Only. Fungsinya adalah anda hanya akan berperan sebagai penyimak.

5. usai semua tahap pengaturan di atas anda lalui, jendela browser kemudian akan memunculkan halaman utama Web Conference/Vikon atau yang biasa disebut sebagai Big Blue Button. Anda bisa melihatnya pada gambar di atas.

Sampai di sini artinya anda sudah bisa menggunaka Fitur Webcon. Manfaatkanlah fitur ini sebaik mungkin sebagai sarana bertukar informasi dan pengalaman anda sebagai guru. Sehingga bisa membantu meningkatkan kompetensi sesama guru peserta GP Moda Daring.


EmoticonEmoticon