Cara Mengirim dan Menerima Pesan Guru Pembelajar


Dalam aktivitas program GP Moda Daring, seorang guru diharapkan untuk pro aktif menjalin komunikasi dengan sesama peserta lain. Hal ini bertujuan supaya terjadi hubungan timbal balik positif untuk mereka. Banyak cara agar bisa berkomunikasi dengan peserta program ini, salah satunya dengan menggunakan fitur pesan. Bagaimana Cara Mengirim dan Menerima Pesan Guru Pembelajar? Simak artikel ini dengan seksama.

Fitur Pesan dalam Program GP Moda daring digunakan sebagai media untuk berinteraksi secara online antara peserta. Komunikasi ini diharapkan bisa berlangsung secara intensi supaya bisa saling memberi pemahaman dan pembelajaran antar guru. Lebih jauh lagi, jalinan komunikasi lewan pesan ini juga diharapkan menjadi sarana transfer ilmu pengetahuan yang akan membawa pengaruh positif terhadap kompetensi guru.



Cara Mengirim dan Menerima Pesan Guru Pembelajar
Cara Mengirim Pesan Guru Pembelajar.


Fitur pesan dalam GP Moda Daring diberi nama Message (menggunakan bahasa inggris). Saya rasa anda sekalian tidak asing dengan fitur ini, karena fungsinya bisa dikatakan sama dengan yang terdapat di hape. Dalam bahasa mudahnya, fitur pesan ini adalah fasilitas SMS yang disediakan dalam program GP Moda daring.

Dalam aktivitas GPr Moda Daring, fitur Messages atau pesan adalah sebuah fasilitas untuk melakukan kegiatan mengirim dan menerima pesan secara pribadi dari pesera, mentor ataupun pengampu program ini. Seperti yang sudah saya katakan di awal, fungsinya sama dengan fasilitas Surat Menyurat Singkat (SMS) di dalam HP.

Anda bisa melakukan pengiriman pesan kepada peserta GP Moda Daring di Indonesia. Tentu diharapkan pesan-pesan tersebut bertujuan untuk membahas tentang beragam materi pelajaran. Sehingga fitur ini bisa bermanfaat bagi semua guru.

Cara Mengirim dan Menerima Pesan Guru Pembelajar


a. Melakukan Pengiriman Pesan


Melakukan Pengiriman Pesan adalah sebuah aktivitas untuk membuat pesan khusus yang ditujukan pada mentor, pengampu atau kepada sesama peserta GP Moda daring. Adapun langkah-langkah untuk melakukan pengiriman pesan adalah sebagai berikut,

1. Masuklah (Login) ke Program GP Moda Daring dengan akun anda masing-masing

2. Klik Fitur Messages. Lokasinya berada di bagian atas sebelah kiri website GP Moda daring

3. Ketika Fitur Messages sudah anda klik maka akan muncul sebuah jendela yang isinya daftar orang yang akan anda kirimi pesan

4. Ketiklah nama peserta yang akan anda kirimi pesan.  Setelah itu silahkan klik tombol yang bertuliskan “Search people and messages”

5. Setelah nama orang yang akan anda kirimi pesan ketemu kemudian klik pada nama tersebut. Secara otomatis akan tampil sebuah jendela yang akan menampilkan isi pesan anda.

6. Silahkan mulai menuliskan pesan anda dengan mengisi pada kotak Message yang disediakan. Setelah isi pesan selesai di tulis, langkah terakhir adalah mengirim pesan dengancara kli tombol Send Message.

7. Selesai, pesan anda akan terkirim kepada orang yang dituju

b. Menerima Pesan Masuk


Selain pengiriman pesan, fitur messages ini juga bisa memperlihatkan berbagai pesan masuk yang ditujukan khusus untuk anda. Aktivitas Menerima Pesan Masuk merupakan menerima sejumlah pesan yang dibuat oleh mentor, pengampu atau sesama peserta GP Moda Daring.

Berbagai pesan masuk yang dikirim peserta lain akan diberitahukan melalui sebuah notifikasi yang berada dalam Fitur Message. Adapun tahap-tahap untuk membukan pesan tersebut adalah sebagai berikut.

1. Klik fitur message di halaman GP Moda Daring, sehingga akan tampil sebuah jendela baru yang bertuliskan “Kotak Message Navigation”

2. Selanjutnya klik jendela Kotak Message Navigation tersebut sehingga akan muncul tautan yang bertuliskan Recent conversation

3. Usai tautan itu anda klik maka maka secara otomatis berbagai macam pesan masuk untuk anda akan ditampilkan semuanya

4. Apabila anda ingin membalas pesan masuk tersebut, caranya tinggal klik nama peserta GP Moda daring yang mengirimi anda pesan

Ingatlah program GP Moda Daring ini memang dibuat untuk media berkomunikasi dan berinteraksi antara sesama guru di Indonesia. Tujuan utamanya agar bisa saling bertukar informasi mengenai berbagai hal yang berkaitan dengan pembelajaran. Untuk itu manfaatkanlah Cara Mengirim dan Menerima Pesan Guru Pembelajar dengan baik untuk meningkatkan kompetensi diri.



0 Response to "Cara Mengirim dan Menerima Pesan Guru Pembelajar"

Post a Comment