Fungsi Fitur Guru Pembelajar Moda Daring


Fungsi Fitur Guru Pembelajar Moda Daring. Sobat Guru sekalian, dalam program GP Moda Daring terdapat banyak fitur yang bisa anda gunakan. Fitur-fitur tersebut sangat bermanfaat dalam menjalankan aplikasi ini.

Untuk bisa menggunakan fitur tersebut dengan benar, anda perlu memahaminya terlebih dahulu. Sehingga fitur yang dibuat untuk membantu guru tidak menjadi sesuatu yang menghambat tugas karena fungsinya belum dipahami dengan benar.



Fungsi Fitur Guru Pembelajar Moda Daring
Fungsi Fitur Guru Pembelajar Moda Daring.


Nah atas dasar itulah, pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan fungsi semua fitur tersebut. Tujuannya, agar para guru yang menjadi peserta GP Moda Daring bisa mempergunakannya dengan baik dan benar. Sebab, masing-masing fitur memiliki peran dan fungsi masing masing.

Fungsi Fitur Guru Pembelajar Moda Daring

A. Fitur Lesson

Fitur Lesson adalah sebuag fasilitas yang dipergunakan untuk menyampaikan konten atau variasi dalam kegiatan pembelajaran pada GP Moda Daring. Fitur Lesson ini diberi nama “Kegiatan” yang kemudian akan dilanjutkan dengan nomor dari setiap sesi dan urutan Kegiatannya masing-masing (Misalnya, “Kegiatan 1.3” Artinya yaitu Sesi 1 Lesson yang ke-3).

Dalam fitur Lesson terdapat berbagai materi pembelajaran berupa teks dan gambar. Fitur ini juga bisa berisi mengenai sejumlah pertanyaan atau quiz yang fungsinya untuk mengetahui tingkat pemahaman dan pengetahuan peserta GP Moda Daring pada setiap topik pembelajaran. Apabila ingin berpindah dari sebuah halaman menuju halaman selanjutnya atau kembali pada halaman sebelumnya dapat menggunakan tombol navigasi yang berada di bagian bawah pada setiap halaman.

Pertanyaan atau quiz dalam setiap Kegiatan wajib diisi oleh peserta GP Moda Daring. Caranya dengan menekan salah satu jawaban yang ada, yang kemudian diikuti dengan tombol “submit”. Quiz ini biasanya berupa sejumlah pertanyaan/pernyataan yang tujuannya untuk mengukur sejauh mana tingkat pemahaman peserta dalam materi tertentu.

Pada setiap akhir quiz, sistem akan memberikan umpan balik atau  feedback berupa sebuah jawaban yang nantinya diisikan serta penguatan mengenai pertanyaan/pernyataan dari sejumlah jawaban yang bersangkutan. Usai feedback itu dilakukan, anda dapat melanjutkan menuju langkah selanjutnya dengan cara menekan tombol bertuliskan “Melanjutkan”.

Apabila anda tak memberikan jawaban pada quiz ini, maka secara otomatis sistem akan mengeluarkan peringatan bahwa peserta GP Moda Daring belum menentukan jawaban. Ia akan diwajibkan untuk kembali mengulang  ke quiz dengan cara menekan tombol yang bertuliskan “Melanjutkan”. Sebaliknya, apabila anda sudah menyelesaikan sebuah sesi, maka sistem akan memberikan umpan balik yang isinya  bahwa anda sudah menyelesaikan sesi tersebut dengan baik.


B. Fitur Page

Fitur Page adalah sebuah fasilitas yang terdapat pada GP Moda Daring. Isinya berupa laman website yang bisa menyajikan berbagai macam teks, gambar, suara, video, atau tautan website. Fitur Page biasa dipergunakan untuk menampilkan pengantar atau petunjuk di setiap sesi yang dilambangkan dengan sebuah ikon atau logo tertentu. Pengantar tersebut berisi alur kegiatan dan aktivitas sesi yang akan dilakukan oleh peserta.

Sedangkan Petunjuk pelaksanaan pengamatan atau pengerjaan Lembar Kerja berisi tentang tujuan pelaksanaan sesi, langkah-langkah pelaksanaan sesi, tautan untuk mengunduh Lembar Kerja dan tautan untuk unggah Lembar Kerja.

C. Fitur Book

Fitu Book adalah sebuah fasilitas yang isinya berupa kegiatan untuk melakukan penelaahan terhadap Bahan Bacaan atau instruksi yang dilambangkan dengan ikon atau logo tertentu. Fitur Book ini diberi nama dengan “Bahan Bacaan atau Instruksi”

D. Fitur Blog

Fitur Blog adalah sebuah fasilitas untuk melakukan refleksi atas pembelajaran yang telah dilalui peserta. Nantinya para mentor dan pengampu bisa melihat pemikiran dan refleksi perta atas pembelajaran yang dilakukan melalui fitur ini.


E. Fitur Forum

Fitur Forum adalah aktivitas inti dalam sebuah sesi GP Moda Daring. Fitur ini disediakan untuk wahana melakukan diskusi antar peserta, mentor dan pengampu. Di dalam fitur Forum para peserta bisa  mengungkapkan berbagai pendapatnya, menjawab pertanyaan guru lain, dan berbagi hal lain sehingga akan terbentuk sebuah pemahaman yang utuh (konstruktivisme).

Topik yang dibahas pada setiap forum tersebut telah ditentukan sebelumnya dalam berupa pertanyaan, sehingga peserta diharuskan melakukan diskusi sesuai dengan topik dan pertanyaan yang disampaikan dan wajib juga untuk memberikan tanggapan terhadap jawaban dari peserta lain. Isi komentar kepada peserta lain haruslah komentar yang positif, fokus terhadap masalah yang diungkapkan dengan memberi solusinya. Sehingga tujuan akhir yang diharapkan dari kegiatan forum diskusi ini adalah terjadinya pertukaran wawasan dan pengalaman antar peserta.


F. Fitur Web Conference/vikon

Fitur Web Conference/vikon adalah sebuah fasilitas untuk berkomunikasi antara fasilitator dengan kepala sekolah. Atau kepala sekolah dengan kepala sekolah lainnya yang bisa menggunakan beragam bentuk mulai dari audio video hingga memanfaatkan fasilitas website.

G. Fitur Messages

Fitur Messages adalah sebuah fasilitas yang berfungsi untuk mengirim pesan pribadi terhadap peserta GP Moda Daring lain. Atau juga bisa mengirim pesan kepada mentor dan pengampu. Fungsinya seperti messages di HP.

H. Fitur Portfolio

Fitur Portofolio adalah sebuah fasilitas yang digunakan peserta GP Moda Daring untuk mengirimkan sejumlah tagihan atau tugas yang diminta dalam setiap sesi modul yang telah dipelajari sebelumnya. Para guru bisa mengunggah sejumlah dokumen yang menjadi tagihan (tugasnya).

I. Fitur Smiley Face

Fitur Smiley Face adalah sebuah fasilitas yang berisi kuisioer ekspresi kepuasan (emotion) yang dipergunakan sebagai bahan evaluasi kegiatan yang dilakukan. Mudahnya, seperti smiley yang ada di media sosial yang bertujuan memperbaiki format kegiatan selanjutnya.

J. Fitur Quiz

Fitur Quiz adalah sebuah fasilitas yang berisikan kumpulan pertanyaan dan pernyataan yang gunakanya untuk mengukur kemampuan peserta GP Moda daring. Di sini peserta harus mengerjakan berbagai soal atas pembelajaran yang sudah disedikan. Ada dua jenis tes, yaitu Tes Formatif dan Tes Sumatif.

K. Fitur Feedback

Fitur Feedback adalah sebuah fasiltas yang dipergunakan untuk memberikan pertanyaan pada para peserta GP Moda daring seputar survey atau refleksi pikiran. Di sini, para pengampu atau mentor akan memberikan umpan balik terhadap jawaban dari para peserta.

Demikian informasi tentang Fungsi Fitur Guru Pembelajar Moda Daring yang bisa saya sampaikan dan bagikan untuk anda semua


0 Response to "Fungsi Fitur Guru Pembelajar Moda Daring"

Post a Comment