Cara Cek Status Pengiriman PMP

Cara Cek Status Pengiriman PMP. Salam Satu Data. Sahabat Operator Dapodik, sebelumnya saya mengucapkan banyak terimakasih atas kunjungannya ke Blog Panduan Dapodikmen ini. Silahkan berikan komentar yang relevan dengan topik pembahasan. Anda juga bisa meninggalkan pertanyaan seputar tugas dan tanggungjawab Operator Dapodik di kolom komentar yang berada di bawah artikel. Jika saya mengerti jawabannya pasti akan segera saya jawab atau saya ulas secara detail dalam sebuah artikel.

Sobat Operator Dapodik, pada kesempatan kali ini saya akan kembali membahas mengenai Aplikasi Penjaminan Mutu Pendidikan (PMP). Berbicara tentang Aplikasi PMP, tentu anda semua sudah memahami fungsi dan kegunaan aplikasi yang terbilang baru ini. Selain itu, persoalan Bug aplikasi juga menjadi bahan pembahasan yang tak kunjung tuntas. Sebagai operator tentu kita semua berharap aplikasi PMP segera disempurnakan. Amiin

Topik pembahasan artikel kali ini adalah menganai Status Pengiriman Data PMP. Sobat sekalian pastu sudah tahu, jika puncak dari pekerjaan Aplikasi PMP ialah pengiriman ke server pusat. Hanya saja dalam praktiknya terdapat beragam persolan yang menyebabkan data tak kunjung masuk ke dalam progres pengiriman data. Masalah yang terjadi biasanya yaitu:

1. Proses Pengiriman Berlangsung Lama

Masalah ini dialami hampir semua operator. Proses pengiriman Data PMP berlangsung sangat lama. Bahkan setelah data dikirim hingga 5 jam, proses pengiriman masih terus berlangsung dan tak kunjung berhasil. Padahal koneksi internet lancar, semua responden sudah mengisi kuesioner, pengirimannya pun sudah sesuai jadwal yang ditentukan. Namun tetap saja tak kunjung selesai.

Kendati demikian, saat melihat progres pengiriman data, di kolom status berisi data telah Diterima Server. Namun setelah dibuka ternyata masih belum ada satupun data yang masuk dalam server pusat.

2. Proses Pengiriman Berhasil Namun Tak Masuk ke Server

Kasus kedua ini adalah kebalikan dari yang pertama. Di mana dalam kasus kedua ini proses pengiriman Data PMP dinyatakan Berhasil. Pada halaman Beranda pun juga sudah ada keterangan berhasil mengirimkan Data PMP sekaligus disertai waktu dan tanggal pengiriman.

Namun setelah beberapa hari berlangsung, kemudian dicek di Progres Pengiriman Data PMP, datanya belum juga masuk server. Bahkan, dalam kolom status bertuliskan keterangan Belum Kirim. Tentu kedua hal ini membuat banyak operator pusing tujuh keliling memikirkannya. Apalagi batas waktu Cutt Off PMP semakin dekat.

Cara Cek Status Pengiriman PMP
Cara Cek Status Pengiriman PMP.

Perlu anda ketahui, masalah Status Pengiriman Data PMP sebenarnya berada di bawah kewenangan server PMP pusat. Tugas operator hanya sebatas sampai pada tahap verifiasi dan pengiriman data saja. Kendati demikian, anda juga tidak boleh menganggap tugas telah selesai. Operator juga perlu mengawal dan memastikan bahwa Data PMP di sekolahnya sudah masuk dalam server pusat dan berstatus Selesai Diproses.

Seorang operator perlu mengecek data PMP sekolahnya secara berkala di Website PMP yang beralamat di http://pmp.dikdasmen.kemdikbud.go.id/ Di website ini anda akan bisa melihat Progres Pengiriman Data PMP dalam Skala Nasional yang terbagi dalam beberapa kelompok sesuai dengan Provinsi masing-masing. Dengan begitu, sekolah anda pun juga bisa dilihat sejauh mana progres pengiriman Data PMP. Apakah sudah mengirim atau belum? Jika sudah mengirim, apakah sudah sesuai dengan batas responden yang telah ditentukan. Semuanya bisa dilihat secara langsung melalui website ini.

Selain itu, anda juga bisa menyimak berbagai kabar terbaru seputar Aplikasi PMP. Petunjuk Teknis hingga mengajukan berbagai pertanyaan mengenai Aplikasi PMP ini yang nantinya akan ditanggapi oleh server pusat secara langsung. Sehingga masalah yang anda alami dapat segera terselesaikan.

Kembali pada judul artikel ini yaitu Cara Cek Status Pengiriman PMP. Status pengiriman PMP sangatlah penting. Karena server pusat membuat kategorisasi pengiriman Data PMP. Sehingga setiap pengiriman PMP yang berhasil belum tentu berstatus Selesai Diproses yang artinya belum masuk secara penuh ke server pusat.

Langsung saja berikut ini Cara Cek Status Pengiriman PMP:

1. Login ke Website PMP, Langkah pertama adalah silahkan anda buka website PMP di alamat yang sudah saya jelaskan sebelumnya. Silahkan arahkan kursor anda ke sebelah kanan atas website. Di situ nanti akan ada Menu Login sebagai Operator Sekolah. Kemudian Masukkan Ussername dan Password seperti di Aplikasi Dapodik anda (Ingat!! Aplikasi PMP memang terintegrasi dengan Dapodik.

2. Pilih Menu Pengiriman, Kemudian Klik Menu Progres (untuk tahap ini saya kira anda sudah sangat faham dan tidak perlu penjelasan).

3. Di Halam progres anda akan disuguhkan Daftar provisi yang telah mengirmkan Data PMP yang ditandai dengan persentase angka. Nomor urut 1 sampai dengan selesai berarti tingkat paling banyak pengirim Data PMP. Para Pengirim tersebut berasal dari semua jenjang Pendidikan. Mulai dari SD hingga SMA Sederajat.

4. Klik Provinsi di mana Sekolah Anda Berada. Setelah di Klik maka di bagian atas daftar sekolah akan ada keterangan Status Perbaikan Data. Ada tiga Macam Status Perbaikan Data yaitu:

a. Kirim Ulang, warnanya hitam yan berarti Data PMP dikirm dengan versi aplikasi lama, silahkan kirim ulang dengan versi terbaru

b. Dilewati warnanya Oranye, artinya Data PMP dikirim berulang kali, yang diproses hanya data Pengiriman terakhir

c. Gagal Diproses Warnanya Merah, artinya Data PMP gagal Diproses dan akan diproses kembali dengan selang waktu tertentu

Anda bisa melihat Status perbaikan Data ini di Kolom Status yang terdapat pada Daftar Sekolah di Provinsi anda. (Lihatlah gambar pertama di atas)

5. Klik Nama Sekolah Anda, Status Pengiriman Data PMP yang sebenarnya baru bisa dilihat ketika anda telah membuaka Data Sekolah Anda. Di situ akan ditampilkan secara detail. Ada 6 Macam Status pengiriman yaitu: (Lihat gambar di bawah ini)

Cara Cek Status Pengiriman PMP
Cara Cek Status Pengiriman PMP.


a. Belum Kirim Warna Putih, artinya anda belum pernah mengirim Data PMP

b. Diterima Server Warnanya Biru Muda, artinya data anda sudah dikirim dan saat ini sudah diterima server

c. Sedang Diproses Warnanya Biru Tua, artinya Data PMP anda sedang Diproses dalam antrian

d. Kirim Ulang, warnanya hitam yan berarti Data PMP dikirm dengan versi aplikasi lama, silahkan kirim ulang dengan versi terbaru

e. Dilewati warnanya Oranye, artinya Data PMP dikirim berulang kali, yang diproses hanya data Pengiriman terakhir

f. Gagal Diproses Warnanya Merah, artinya Data PMP gagal Diproses dan akan diproses kembali dengan selang waktu tertentu

Untuk Status Pengiriman Data Sekolah anda dapat anda lihat di Menu Log Pengiriman.  Di situ akan dipaparkan secara jelas Tanggal Kirim, Status dan Tanggal Diproses. Status Pengiriman Data PMP yang dinyatakan berhasil akan berisi keterangan Selesai Diproses yang berwarna hijau. Jika belum berstatus demikian berarti anda harus bersabar dan menanti Data PMP yang anda kirim selesai diproses oleh server pusat.

Demikian informasi mengenai Cara Cek Status Pengiriman PMP. Semoga data PMP yang anda kirim segera diproses dan dinyatakan selesai oleh server pusat.

Artikel Terkait :

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Cek Status Pengiriman PMP"

Posting Komentar