Cara Mudah Instal e-Rapor SMA Terbaru

Cara Mudah Instal e-Rapor SMA Terbaru. Sahabat Operator Dapodik dan Guru SMA di seluruh Indonesia, terimakasih telah berkunjung ke blog saya ini. Kali ini saya akan membahas mengenai Aplikasi Rapor elektronik SMA atau yang biasa disebut dengan e-Rapor.

Perlu diketahui sebelumnya, e-Rapor adalah aplikasi berbasis website untuk mengolah Rapor Peserta Didik Sekolah Menengah Atas (SMA). Adapun pengolahan penilaian di dalamnya mencakup Sikap, Pengetahuan dan Ketrampilan Peserta Didik.Itu Artinya dengan menggunakan Aplikasi e-Rapor ini anda akan terbantu dalam menilai perkembangan pembelajaran siswa di sekolah.

Cara Mudah Instal e-Rapor SMA Terbaru
Cara Mudah Instal e-Rapor SMA Terbaru.

Untuk sementara ini, Aplikasi e-Rapor hanya ada untuk SMA saja. Sementara bagi SMK aplikasi e-Rapor masih Beta atau tahap uji coba sehingga anda yang mengajar dan menjadi Operator Dapodik SMK harus bersabar terlebih dahulu menanti “kelahiran” Aplikasi e-Rapor khusus untuk jenjang Sekolah Menegah Kejuruan (SMK).

Perlu difahami bersama, Aplikasi e-Rapor SMA diperuntukkan bagi semua SMA di Indonesia. Baik SMA Negeri maupun swasta semua boleh menggunakannya. Namun ada syarat yang harus dipenuhi yaitu, SMA terkait sudah menggunakan Kurikulum 2013. Jadi bagi SMA yang masih menggunakan KTSP jangan menggunakan e-Rapor dahulu sampai SMA tersebut menggunakan Kurikulum 2013.

Jika SMA anda sudah menggunakan Kurikulum 2013 maka segeralah intal Aplikasi e-Rapor. Aplikasi ini bisa anda unduh di website psma.kemdikbud.go.id di Menu Download. Ada dua aplikasi e-Rapor SMA yaitu 32 Bit dan 64 Bit. Dua hal ini berkaitan dengan spesifikasi PC yang anda gunakan. Pada intinya kegunaannya tetaplah sama.

Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan mengenai Cara Mudah Instal e-Rapor SMA Terbaru. Bagi anda yang belum faham simaklah langkah-langkah berikut ini dengan seksama:

1. Install postgresql-9.5.5-1-windows-x64 (password 123456) dengan link http://get.enterprisedb.com/…/postgresql-9.5.5-1-windows-x6…

Jika mengalami masalah terjadi error saat ditengah instalasi maka jalankan dulu Fix_eRapor_SMA ( https://drive.google.com/open… ) lalu ulangi langkah 1

2. Install PostgreSQL-9.5.5-1-win64-bigsql (password 123456)

http://oscg-downloads.s3.amazonaws.com/…/PostgreSQL-9.5.5-1…

3. Install eraporSMA2016_64bit dengan link http://psma.kemdikbud.go.id/files/eraporSMA2016_64bit.rar

4. Restart Windows

5. Maka Aplikasi e-Rapor SMA anda sudah berhasil diinstal

Catatan!!! Saat hendak instal Aplikasi e-Rapor SMA harap cek terlebih dahulu versi windows pc anda, apakah menggunakan apakah 64bit atau 32bit. Caranya, klik kanan pada icon Computer lalu klik Properties. Hal ini penting berkaitan dengan keberhasilan proses instalasi Aplikasi e-Rapor.

Demikian informasi mengenai Cara Mudah Instal e-Rapor SMA Terbaru. Semoga dapat membantu anda semua. Terimakasih.


EmoticonEmoticon