Cara Mudah Memperbaiki NUPTK yang Salah Input Di Dapodik

Cara Mudah Memperbaiki NUPTK yang Salah Input Di Dapodik. Bagi para Guru di Indonesia, tentu tak asing dengan yang namanya Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan atau NUPTK. Semua guru tentu ingin segera mendapatkan nomor ini, mengingat sampai sekarang NUPTK masih menjadi syarat utama agar guru bisa memperoleh sertifikasi.

Berbicara mengenai NUPTK, kali ini saya akan membahas mengenai Cara Mudah Memperbaiki NUPTK yang Salah Input Di Dapodik. Perlu diketahui sebelumnya, bahwa NUPTK guru harus dimasukkan ke dalam Aplikasi Dapodik. Ini dilakukansebagai langkag pendataan jika guru bersangkutan benar-benar masih aktif mengajar di sebuah sekolah.

Dalam input Data NUPTK di Dapodik perlu diteliti dengan baik, sebab banyak kasus terjadi NUPTK yang dimasukkan tidak sesuai atau tidak cocok. Akibatnya, di VerValaPTK, NUPTK guru bersangkutang dinyatakan tidak valid. Sebab sistem mendeteksi bahwa NUPTK tersebut tidak terdaftar secara resmi di server pusat.

Cara Mudah Memperbaiki NUPTK yang Salah Input Di Dapodik
Cara Mudah Memperbaiki NUPTK yang Salah Input Di Dapodik.

Tentu ini menjadi sebuah kejadian yang tak ingin dialamai oleh semua guru. Mengingat data NUPTK tergolong sangat vital dan penting. Selain itu, kesalahan pada input NUPTK tidak bisa diperbaiki seenaknya saja. Sekali Input NUPTK dan anda menyimpannya maka server atau Operator Dapodik pusat seketika juga akan menguncinya. Sehingga data NUPTK tak bisa anda buka lagi untuk dilakukan pengeditan agar sesuai dengan data yang benar.

Sobat Operator Dapodik sekalian, perlu anda ketahui kesalahan Input NUPTK di Aplikasi Dapodik biasanya disebabkan beberapa hal yaitu:

1. NUPTK Diisi dengan Asal-asalan

Kasus ini biasanya dialami oleh Operator Dapodik baru, yang belum memahami benar mekanismen pengisian data PTK termasuk aturan input NUPTK. Karena mungkin ada seorang guru belum memiliki NUPTK maka berinisiatif mengisinya dengan data asal. Misalnya, 00000000000000000/1111111111111111 hal ini dimaksudkan agar terjadi perbaikan data dari server pusat sehingga Guru terkait otomastis akan mendapatkan NUPTK. Padahal mekanisme penerbitan NUPTK sekarang dilakukan secara online melalui VerVal PTK.

Ingat!!! Tidak semua kolom data diri PTK di Aplikasi Dapodik harus diisi. Yang wajib diisi biasanya diberi Bintang Merah. NUPTK termasuk data Opsional yang artinya hanya diisi bagi yang sudah memiliki.

2. NUPTK Diisi Bukan dengan NUPTK

Banyak PTK mengira NUPTK itu sama dengan PegID, sehingga ia memberikan nomor PegID ke operator untuk dimasukkan ke dalam data NUPTK. Ini merupakan langkah yang salah, mengingat kedua hal tersebut sangat berbeda.

Secara penomoran saja antara NUPTK dan PegID sudah berbeda. Sehingga keduanya tidak bisa disamakan. PegID saat ini sudah tidak berlaku, nomor tersebut hanya berfungsi saat ada sistem Padamu Negeri beberapa tahun yang lalau. Ingat! Jangan memaksakan diri memasukkan PegID ke kolom NUPTK sebab akan berakibat fatal.

3. NUPTK Belum Diisi atau Kosong padahal PTK Terkait Sudah Memiliki NUPTK

Ini juga menjadi persolan, sebab setelah anda melakukan pengisian data PTK maka kolom NUPTK akan terkunci. Untuk itu pastikan PTK bersangkutan mengisi semua data yang memang dia miliki. Jika suda memiliki NUPTK, maka wajib dimasukkan ke Dapodik.

Tugas Operator adalah memberikan Formulir PTK ke pada guru. Sehingga mereka dapatmengisi datanya sendiri sesuai dengan kenyataan. Dan Diingatkan jika sudah memiliki NUPTK harus dicantumkan.

4. Jumlah Nomor yang diinput Kurang

Perlu anda ketahui, jumlah nomor dalam NUPTK adalah 16. Untuk itu, dalam input data NUPTK di Dapodik anda perlu menghitung terlebih dahulu jumlah nomor NUPTK yang akan diinput. Alangkah lebih baiknya juga jika anda mengceknya terlebih dahulu di website http://gtk.data.kemdikbud.go.id/Data/Status

Setelah mengetahui penyebab-penyebab terjadinya salah Input NUPTK di Aplikasi Dapodik, pasti anda akan bertanya bisakah kesalahan input NUPTK tersebut diperbaiki? Lantas bagaiamana cara dan prosesdurnya?

Perlu anda pahami bersama terlebih dahulu, awalnya Kolom NUPTK di Dapodik terbuka tidak dikunci. Penyebab Kolom NUPTK dikunci setelah pengisian dikarenakan seringnya terjadi perubahan NUPTK guru. Akibatnya pendataan guru jadi kacau, sehingga diperlukan kebenaran input data NUPTK.

Apalagi ketika NUPTK yang diinput sudah benar sesuai dengan apa yang dimiliki tentu tidak membutuhkan edit data kembali. Sebab nomor yang tertera di dalam NUPTK sampai kapanpun tidak akan pernah diubah.

Setelah memahami penjelasan di atas, sekarang saatnya membahas Cara Mudah Memperbaiki NUPTK yang Salah Input Di Dapodik:

1. Edit NUPTK di Awal Semester

Meski dikunci, pada kenyataannya kolom NUPTK tidak selamanya di kunci. Biasanya setiap awal semester atau tahun ajaran baru, semua kolom yang dikunci dalam Dapodik akan dibuka. Untuk itu, anda bisa memanfaatkan saat-saat awal semester untuk mengedit data yang keliru di dalam Dapodik, termasuk NUPTK.

2. Cek Report Sinkronisasi

Langkah selanjutnya adalah pastikan anda sudah melakukan sinkronisasi. Perhatikan hasil Sinkronisasi pada bagian “Perubahan Data yang Masuk ke Lokal. Kemudian perhatikan kolom NAMA TABEL, jika ada keterangan “Vld PTK” yang berstatus Sukses maka PTK yang memiliki NUPTK Invalid, di kolom NUPTK pada Aplikasi Dapodik akan aktif sehingga dapat diedit atau diubah sesuai data yang benar. Ingat, kesempatan perubahan hanya satu kali. Setelah itu akan dikunci kembali.


3. Cek NUPTK 

Setelah kolom NUPTK di Aplikasi Dapodik terbuka, anda bisa mengedit NUPTK anda. Pastikan perbaikan yang anda lakukan benar. Jangan sampai NUPTK yang anda masukkan salah kembali. Maka dari itu, sebelum memasukkan nomor ada baiknya anda mengecek validitas NUPTK di laman khusus GTK yang beralamat di http://gtk.data.kemdikbud.go.id/Data/Status

4. Sinkronisasi Data

Usai data NUPTK anda perbaiki, segeralah lakukan Sinkronisasi Dapodik. Ini dilakukan untuk mengirimkan perbaikan atau perubahan data di Dapodik. Ini berlaku untuk perbaikan semua jenis data di Dapodik. Meski anda sudah menyimapannya namun belum di Sinkronisasi maka data tak akan berubah. Untuk itu, segera Sinkronisasi perbaikan NUPTK anda.

5. Tunggu Perbaikan dari Server Pusat

Perbaikan data apa saja yang terkait dengan Dapodik tidak bisa begitu saja disetujui. Server pusat akan meneliti terlebih dahulu setiap data perbaikan dan perubahan yang dikirim. Maka dari itu, anda perlu bersabar untuk menanti. Biasanya proses ini memerlukan waktu minimal 1x24 jam atau bisa saja lebih. Tergantung banyak sedikitnya data perubahan yang dikirm ke pusat.

Cukup rumit memang, hal ini sangat wajar karena ini berkaitan dengan pendataan guru. Tentu PDSK tidak ingin sering terjadi perubahan NUPTK di Dapodik yang bisa membuat pendataan Guru menjadi kacau. Nah agar kesalahan mengenai Input NUPTK di Dapodik tidak anda alami ada baiknya ikuti tips berikut ini:

a. Sebelum dimasukkan ke Dapodik Cek NUPTK terlebih dahulu dilaman pengecekan NUPTK seperti yang sudah saya jelaskan di atas

b. Masukka NUPTK disaksikan dengan Guru bersangkutan, tujuannya agar ia bisa memastikan NUPTK yang diinput valid

c. Sebelum disimpan cek kembali semua data yang ada input di Dapodik termasuk bagian NUPTK

Demikian informasi mengenai Cara Mudah Memperbaiki NUPTK yang Salah Input Di Dapodik. Semoga dapat bermanfaat.

Artikel Terkait :

Subscribe to receive free email updates:

8 Responses to "Cara Mudah Memperbaiki NUPTK yang Salah Input Di Dapodik"

  1. Ass,, mungkin bapak bisa membantu masalah saya,, sampai saat ini, data saya tidak dapat di uplod, sebrlumnya bisa di upload, tapi karena ada kesalahan di sk nya, jd oleh diknas di batalkan, setelah data sk benar,, dan akan di upload data saya tidak bisa terupload,, saya juga sampai bingung mengingat semua sudah sesuai,, ukuran data tidak lbh dari 200kb, semoga ada pencerahan, trimakasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. filenya sudah pdf belum pak? kalau sudah bisa jadi data bapak semacam diblock. coba hubungi pihak dinas yang sebelumnya melakukan pembatalan

      Hapus
  2. guru kami belum memiliki NUPTK tapi statusnya NUPTK invalid tidak masuk ke dalam calon penerima NUPTK

    BalasHapus
    Balasan
    1. Berati itu memang belum masuk kriteria calon penerima nuptk pak

      Hapus
  3. perbaikan nuptk di dapodik sudah dilakukan pada awal semester tetapi pada verval ptk masih tetap invalid, nuptk invalid karena menggunalan peg id, kira2 berapa lama proses validasinya pak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Perbaikan nuptk memang sangat susah dilakukan krn itu termasuk data utama yg harus benar dalam sekali input. Untuk waktu perbaikan belum ada keterangan resmi, itu tergantung dr pihak dirjen GTK

      Hapus
  4. sudah saya lakukan sesuai petunjuk untuk merubah NUPTK di awal semester tapi sampai sekarang belum bisa di edit. mohon solusinya. terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. memang tidak setiap awal semester kunci nuptk dibuka pak.

      Hapus