Cara Update Aplikasi PMP Versi 1.5 yang Benar

Cara Update Aplikasi PMP Versi 1.5 yang Benar. Sobat Operator Dapodik di seluruh Indonesia, tentu kalian semua tidak asing dengan yang namanya Aplikasi Penjaminan Mutu Pendidikan atau PMP. Aplikasi ini memang menjadi Buah Bibir para operator, menginngat pada akhir November 2016 nanti menjadi batas akhir (Cutt Off) pengiriman Data Kuesioner PMP.

Perlu saya jelaskan kembali Penjaminan mutu pendidikan dasar dan menengah adalah suatu mekanisme yang sistematis, terintegrasi, dan berkelanjutan untuk memastikan bahwa seluruh proses penyelenggaraan pendidikan telah sesuai dengan standar mutu dan aturan yang ditetapkan. Untuk dapat melakukan penjaminan mutu pendidikan dengan baik diperlukan adanya sistem penjaminan mutu pendidikan. Sistem penjaminan mutu pendidikan dasar dan menengah terdiri atas dua komponen yaitu Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) dan Sistem Penjaminan Mutu Eksternal (SPME).

Cara Update Aplikasi PMP Versi 1.5 yang Benar
Cara Update Aplikasi PMP Versi 1.5 yang Benar.

Aplikasi Penjaminan Mutu Pendidikan ini harus diisi oleh 5 komponen sekolah yaitu Pengawas Sekolah, Kepala Sekolah, Guru, Peserta Didik dan Komite. Namun pada praktiknya proses pengisian data kuesioner tersebut tidaklah mudah, sebab terdapat banyak Bug (kesalahan) aplikasi yang membuat kinerja operator semakin sulit. Kekurangan tersebut terus diperbaiki dengan cara mengupdate Aplikasi PMP dan versi terakhir yang muncul adalah versi 1.4.

Rilis Aplikasi PMP Versi 1.5

Kendati sudah diupdate menjadi versi 1.4, nyatanya Aplikasi PMP tetap masih ada yang bermasalah. Seperti tidak muncul beberapa kuesioner dan lamanya waktu pengiriman Data PMP ke server pusat. Untuk mengatasi hal tersebut, saat ini pengelola PMP pusat telah resmi meluncurkan Aplikasi PMP Versi 1.5.

Aplikasi PMP Versi 1.5 resmi dilrilis pada 17 November 2016. Perlu diingat jika Aplikasi PMP Versi 1.5 khusus untuk yang sudah menginstall Aplikasi PMP versi 1.4. sedangkan yang masih menginstall Aplikasi PMP Versi 1.3 atau sebelumnya silahkan melakukan update Aplikasi PMP ke versi 1.3 terlebih dahulu.

Untuk itu, anda perlu mengecek terlebih dahulu Aplikasi PMP anda yang saat ini digunakan. Jika sudah versi 1.4 maka bisa langsung diinstal PMP Versi 1.5. Apabila anda melakukan Update dari PMP versi 1.2 ke Versi 1.5 maka akan menyebabkan aplikasi PMP anda gagal diupdate. Dan ada kemungkinan data anda bisa hilang. Tentu hal ini sangat tidak ingin anda alami bukan? Apalagi hingga saat ini Menu Backup dan Restore data PMP belum bisa digunakan secara maksimal.

Download Aplikasi PMP Versi 1.5

Aplikasi PMP Versi 1.5 bisa anda download di wesite Dapodikdasmen. Silahkan anda masuk ke Menu Unduhan, Kemudian anda Kik pada Menu Aplikasi PMP. Nanti di situ akan terlihat daftar Aplikasi PMP mulai awal sampai akhir. Berikut ini alamat url Download Aplikasi PMP Versi 1.5 http://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id/unduhan. Atau juga anda download di website PMP yang beralamat di http://pmp.dikdasmen.kemdikbud.go.id/perangkat/aplikasi

Saat anda mengunjungi alamat website tersebut, maka akan terlihat beberapa Aplikasi PMP. Silahkah anda pilih Patch Aplikasi PMP Versi 1.5 dengan Tanggal Rilis 17 Nopember 2016. Klik Tombol Hijau yang ada di sebelah kanan keterangan (Lihat Kotak Merah pada Gambar di Atas).

Setelah mengeklik Menu Unduh Patch, anda akan di bawa ke link di mana updater PMP versi 1.5 berada. Di sebelah kanan atas akan terdapat tombol unduh. Silahkan anda klik tombol tersebut, dan tunggu sampai Patch Aplikasi PMP Versi 1.5 selesai di unduh. (Silahkan Lihat Lingkaran merah pada gambar di bawah)

Perlu anda ketahui bersama, Aplikasi PMP Versi 1.5 berupa  Patch atau Updater. Untuk itu sebelum mengupdate aplikasi anda, sebaiknya dipastikan terlbih dahulu bahwa Aplikasi PMP yang anda gunakan sudah versi 1.4.

Cara Update Aplikasi PMP Versi 1.5 yang Benar


1. Backup Data PMP Dahulu

Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah Backup data PM. Hal ini sangat penting untuk dilakukan jika sewaktu-waktu ada kesalahan. Sehingga data yang sudah di backup sebelumnya bisa di restore kembali melalui menu Backup dan Restore yang ada di Aplikasi PMP. Untuk Caranya, silahkan anda baca artikel sebelumnya yang berjudul Cara Backup dan Restore Data PMP

2. Pastikan Spesifikasi PC anda Sesuai yang Ditentukan

Aplikasi PMP versi 1.5 tidak bisa digunakan untuk sembarang PC. Komputer atau laptop yang digunakan harus menggunakan windows xp/vista/7/8/9. Untuk ram sebaiknya menggunakan yang minimal 1 GB supaya aplikasi berjalan lancar.

Cara Update Aplikasi PMP Versi 1.5 yang Benar
Unduhan Aplikasi PMP versi 1.5.

3. Download Updater Aplikasi PMP Versi 1.5

Langkah selanjutnya ialah silahkan Download Updater Aplikasi PMP versi 1.5. Ingat yang di download adalah updater atau di website bertuliskan UNDUH PATCH bukan installer (untuk downloadnya silahkan kunjungi website dapodikdasmen di menu unduhan. Alamat URL sudah saya tulis di atas).

Pengalaman terdahulu. sumber kekeliruan dalam proses Updater Aplikasi PMP Versi 1.4 ke Versi 1.5 berada di sini. Banyak operator yang justru keliru download installer, yan kemudian jika diinstal akan mengakibatkan aplikasi data yang menyebabkan terjadinya beberapa permasalahan. Namun untuk versi 1.5 sendiri server pusat hanya merilis Patch atau Updater saja, sehigga kesalahan dalam proses download dapat di atasi.

4. Lakukan proses update data. 

Setelah Patch Aplikasi PMP Versi 1.5 berhasil di simpan, langkah selanjutnya adalah mengupdate Aplikasi Versi 1.4 menjadi Caranya adalah, klik software Patch Aplikasi PMP versi 1.5 tersebut dua kali dan ikuti perintah yang muncul. Anda hanya menekan perintah OK atau Yes hingga proses updater selesai dilakukan. Biasanya proses pembaruan ini hanya berlangsung beberapa menit saja. (jangan lupa baca bismillah dulu sebelum melakukan updater) hehe.

5. Selesai. Aplikasi PMP Versi 1.4 berhasil diupdate menjadi Aplikasi PMP Versi 1.5

6. Lakukan refresh terlebih dahulu pada Aplikasi PMP anda, kemudian lihat versi yang digunakan telah diperbarui menjadi versi 1.5

7. Jika setelah direfresh tampilan berubah, hapus terlebih dahulu riwayat penelusuran di browser anda. Setelah semua dihapus, baru masuk ke local host pmp lagi. nanti akan otomatis berubah menjadi versi 1.5

Daftar Pembaruan Aplikasi PMP Versi 1.5

Dengan rilisnya Aplikasi PMP Versi 1.5 ini, diharapkan tidak ada lagi Bug Aplikasi. Sehingga proses pengisian kuesioner PMP berjalan dengan lancer tanpa ada suatu halangan apapun. Daftar Pembaruan  Aplikas PMP Versi 1.5 di bagi menjadi 2 yaitu Perbaikan dan Pembaruan. Untuk lebih jelasnya perhatian penjelasan berikut ini:

Perbaikan

1. (Perbaikan) Jumlah pertanyaan pada daftar validasi komite dan pengawas Sekolah

2. (Perbaikan) Optimasi proses pada verifikasi kuesioner PTK dan Peserta Didik

3. (Perbaikan) Bug pada saat Backup data

4. (Perbaikan) Bug pada fitur Restore data

5. (Perbaikan) perbaikan proses kirim data ke server

6. (Perbaikan) Perbaikan proses backup file

Pembaruan

1. (Pembaruan) Tabel verifikasi kuesioner pengawas sekolah

2. (Pembaruan) Tabel verifikasi kuesioner komite sekolah

3. (Pembaruan) Menu Daftar Pembaruan

4. (Pembaruan) Keterangan username dan password hasil salin PTK dan Peserta Didik

5. (Pembaruan) Indikator koneksi ke aplikas dapodik pada saat Login

6. (Pembaruan) Isian untuk pertanyaan dan pilihan lainnya

7. (Pembaruan) Modul Submit untuk setiap responden kuesioner

8. (Pembaruan) Modul pengecekan jumlah pertanyaan terjawab dan sisanya di modul submit

9. (Pembaruan) Verifikasi kirim data mengacu pada submit setiap responden yang telah mengerjakan

10. (Pembaruan) Progres bar di setiap bagian kuesioner

Demikian informasi mengenai Cara Update Aplikasi PMP Versi 1.5 yang Benar. Semoga kuesioner Aplikasi PMP anda segera diisi dengan baik dan dapat dikirim ke server pusat dengan lancer. Terimakasih.

Artikel Terkait :

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Cara Update Aplikasi PMP Versi 1.5 yang Benar"