Kisi-kisi UN SMK Tahun 2017

Kisi-kisi UN SMK Tahun 2017. Setiap datang Ujian Nasional baik sekolah, Guru dan Peserta Didik akan disibukkan dengan berbagai persiapan penting. Mulai dari pemadatan materi hingga mengadakan program les atau jam tambahan untuk membahas soal-soal UN tahun sebelumnya. Semua ini dilakukan agar bisa dinyatakan lulus UN dengan Nilai yang baik.

Memang perlu diakui, terlepas dari adanya pro kontra, UN hingga kini menjadi satu-satunya evaluasi pembelajaran yang masih digunakan hingga saat ini. Nilai Hasil UN akan menjadi salah satu pertimbangan utama dalam menentukan kelulusan siswa. Sehingga beberapa bulan menjelang UN, siswa akan diberi pemadatan materi seputar mata pelajaran yang akan diujikan.

Kisi-kisi UN SMK/MAK Tahun 2017
Kisi-Kisi UN SMK/MAK Tahun 2017

Salah satu hal yang perlu diketahui SMK dalam menyambut datangnya UN adalah mengetahui secara detail Kisi-kisi UN SMK Tahun 2017. Seperti diketahui bersama, kisi-kisi ini berisi tentang panduan dan pedoman seputar materi yang akan diujikan dalam soal UN. Kisi-kisi UN SMK ini disusun guna membantu Guru dan Peserta Didik untuk mempersiapkan diri menghadapi UN.

Perlu dipahami bersama jika Kisi-kisi UN SMK Tahun 2017 memuat 5 bidang Materi Pelajaran, yaitu Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika Teknik, Matematika Akuntansi dan Matematika Pariwisata. Khusus untuk Mapel Matematika memang dibedakan menjadi 3. Hal ini berkaitan dengan Spektrum Keahlian Pendidikan Menegah Kejuruan yang terbagi menjadi beberapa bidang keahlian.

Kisi-kisi UN SMK Tahun 2017 Mapel Bahasa Indonesia memuat 5 hal yaitu Level Kognitif, Membaca Nonsastra, Membaca Sastra, Menulis Terbatas,  Menyunting Kata/Istiah Frasa Kalimat dan Paragraf serta Menyunting Ejaan dan Tanda Baca. Mapel Bahasa Inggris memuat 4 hal yaitu Level Kognitif, Fungsi Sosial, Struktur Teks, dan Unsur Kebahasaan.

Sementara itu, Mapel Matematika Teknik memuat 5 hal yaitu Level Kognitif, Aljabar, Geometri dan Trigonometri, Statistika dan peluang dan Kalkulus. Matematika Akuntansi memuat 4 hal yakni Level Kognitif, Aljabar, Geometri, Statistic dan peluang. Sedangkan Mapel Matematika Pariwisata memuat 4 hal yaitu Level Kognitif, Aljabar, Geometri dan Trigonometri, Statistika dan peluang.

Saat ini Badan Standar Nasional Pendidikan sudah merilis Kisin UN SMK Tahun 2017. Sebenarnya kisi-kisi ini bukan hanya diperuntukan bagi Sekolah Menengah Kejuruan saja, melainkan juga untuk Madrasah Aliyah Kejuruan (MAK) yang berada di bawah naungan kementerian Agama Republik Indonesia.

Kedua jenjang sekolah tersebut memang bisa dikatakan sama. Karena pendidikannya berfokus pada kejuruan atau vokasi. Bahkan dalam spektrum program keahlian atau nama jurusan, antar kedua jenjang pendidikan ini sama. Maka dari itu, sudah sewajarnya kisi-kisi UN keduanya juga sama persis.

Diharapakan pihak sekolah segera mengunduh Kisi-kisi UN SMK/MAK Tahun 2017. Hal ini sangat penting, mengingat kisi-kisi menjadi acuan dalam pelaksanaan UN. Sehingga siswa nantinya memiliki gambaran mengenai soal yang akan diujikan.

Ada beberapa halaman dalam Kisi-kisi UN SMK/MAK Tahun 2017. Cukup banyak memang, dan itu perlu anda pahami dan jelaskan kepada para peserta didik. Saran saya, kisi-kisi ini segera anda sampaikan kepada siswa-siswi mulai awal pembelajaran semester genap ini. Tujuannya adalah agar para siswa bisa memahami dengan benar semua kisi-kisi tersebut.

Langsung saja silahkan anda  dapatkan Kisi-kisi UN SMK/MAK Tahun 2017  pastikan koneksi internet anda lancar supaya proses unduh dokumen berlangsung lancar. Apabila putus nyambung maka bisa mengakibatkan gagal mengunduh data.

Mudah-mudahan Kisi-kisi UN SMK/MAK Tahun 2017 bisa membantu anda dalam mempersiapkan diri menghadapi UN pada tahun ini.


EmoticonEmoticon