Kumpulan Doa Operator Dapodik

Kumpulan Doa Operator Dapodik. Judul artikel ini memang sengaja saya buat demikian, sebab hanya doa saja yang saat ini bisa dilakukan oleh para Operator Dapodik Sekolah di Indonesia terkait dengan nasib yang mereka alami. Mengapa demikian? Sebab selama ini apa beban berat operator Dapodik masih dipandang sebelah mata. Nasibnya pun semakin tidak jelas.

Sebenarnya apa sih yang dikerjakan oleh Operator Dapodik? Seorang Operator Dapodik ialah orang yang bertugas melakukan pendataan pendidikan di sebuah sekolah ke dalam Aplikasi Dapodik. Di dalamnya operator harus melakukan input data mulai dari perserta didik, sekolah, GTK, pembelajaran sampai dengan sarana prasarana.

Kumpulan Doa Operator Dapodik
Kumpulan Doa Operator Dapodik.
Semua pekerjaan operator berkaitan dengan berbagai hal penting di sekolah. Mulai dari Dana BOS, PIP hingga sertifikasi Guru. Semua itu berada di tangan operator. Tak jarang, jika salah satu dari ketiga hal tersebut tidak cair, maka operator menjadi satu-satunya pihak yang akan menjadi sasaran kemarahan. Namun apabila cair, operator terhapus dari ingatan.

Sayangnya, beban besar yang dipikul Operator Dapodik belum diimbangi dengan penghargaan yang pantas baik dari pemerintah maupun sekolah itu sendiri. Mereka hanya mengandalkan “honor” yang besarannya tak tentu dari sekolah sebagai “upah” dari kerja kerasnya. Saya sengaja memberi tanda petik pada kata “honor” dan “upah” karena selama ini honor operator belum bisa dikatakan manusiawi.

Persoalan tersebut bukan hanya kasuistis saja, melainkan juga secara nasional. Dalam berbagai forum operator Dapodik, keluhan tersebut selalu muncul. Maka dari itu kali ini saya membuat artikel berjudul Kumpulan Doa Operator Dapodik. Semoga doa ini benar-benar dikabulkan. Amiin

Kumpulan Doa Operator Dapodik:

1. Berilah Operator Dapodik Fasilitas yang memadai. Selama ini banyak operator yang modal sendiri untuk melakukan pendataan. Mereka rela mengorbankan laptop sendiri dan mengeluarkan ongkos pribadi untuk membeli pulsa internet demi menjamin validitas data yang diinput ke dalam Aplikasi Dapodik.

2. Buatlah payung hukum resmi mengenai posisi Operator Dapodik. Sehingga keberadaanya sebagai tenaga kependidikan di sekolah di akui secara nasional

3. Berikan Honor Operator Dapodik yang manusiawi. Banyak kasus terjadi Operator Dapodik hanya dibayar seadanya oleh sekolah. Padahal keberadaannya termasuk dalam kategori tenaga ahli. Hal ini disebabkan belum ada aturan jelas yang mengaturnya. Hingga saat ini baru Operator Dapodik SMK yang secara resmi mendapat honor dari Dana BOS. Itu pun nilainya masih kecil.

4. Operator Dapodik harus diberikan tunjangan profesi. Sebab peran operator tidak kalah pentingnya dengan guru. Ia harus mengelola seluruh komponen pendidikan di sekolah. Selain itu, waktu kerjanya bisa dikatakan 24 jam penuh sebab ia harus selalu update informasi. Tak jarang mereka rela bangun tengah malam agar bisa melakukan sinkronisasi data.

Itulah beberapa Kumpulan Doa Operator Dapodik. Doa-doa itu saya simpulkan dari berbagai forum diskusi dengan Operator Dapodik. Tentu masih banyak doa lain yang perlu dipanjatkan dan anda bisa menulisnya di kolom komentar yang ada di bawah. Semoga semua doa tersebut segera terkabulkan. Amiin.


EmoticonEmoticon