Panduan Lengkap Laporan Aplikasi PIP SMK

Salam Satu Data. Kawan-kawan operator Dapodik di manapun anda berada, semoga anda semua dalam keadaan sehat wal afiat tanpa kekurangan suatu apapun sehingga bisa terus menjalankan tugas mulia untuk mengelola Data Pendidikan yang perannya sangat vital dalam sekolah di Indonesia.

Sahabat Operator, pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai PIP. Fokus artikel yang saya buat ini adalah mengenai Laporan PIP SMK. Lantaran mendapat dana dari pemerintah tentu sekolah khususnya SMK perlu memberi laporan. Hasil laporan ini nantinya akan menjadi bahan evaluasi bagi pemerintah. Sehingga dalam pelaksanaan dan pemberian PIP untuk siswa khusus SMK akan semakin baik.

Panduan Lengkap Laporan Aplikasi PIP SMK
Panduan Lengkap Laporan Aplikasi PIP SMK.

Perlu diketahui bersama dahulu, Program Indonesia Pintar atau PIP adalah bantuan berupa uang tunai dari pemerintah yang diberikan kepada peserta didik yang orang tuanya tidak atau dianggap kurang mampu membiayai pendidikan anaknya. Sehingga mereka perlu mendapat bantua biaya pendidikan agar putranya dapat menyelesaikan pendidikannya minimal sampai jenjang SMA sederajat.

PIP ini hanya diberikan kepada Peserta Didik. Sipakah yang disebut Peserta Didik itu? Peserta didik adalah anggota masyarakat yang berusaha mengembangkan diri melalui proses pembelajaran yang tersedia pada jalur, jenjang dan jenis pendidikan tertentu. Dalam bahasa mudahnya peserta didik merupakan siswa yang bersekolah di jenjang pendidikan tertentu mulai dari dasar sampai dengan menengah.

Apa sih sebenarnya tujuan PIP? PIP memiliki beberapa tujuan, yaitu:

A. Untuk meningkatkan akses bagi anak usia 6 sampai 21 tahun agar mendapatkan layanan pendidikan sampai tamat satuan pendidikan menengah atau SMA SMK dalam rangka mendukung pelaksanaan pendidikan menengah universal/rintisan wajib belajar 12 tahun.

B. Mencegah peserta didik dari kemungkinan putus sekolah atau tidak melanjutkan pendidikan akibat kesulita ekonomi.

C. Menarik siswa putus sekolah atau tidak melanjutkan agar kembali mendapatkan layanan pendidikan di sekolah, sanggar kegiatan belajar, pusat kegiatan belajar masyarakat, lembaga kursus dan pelatihan, satuan pendidikan non formal lain atau balai latihan kerja.

Membaca dari tujuan tersebut, maka PIP program yang sangat baik untuk kemajuan pendidikan Indonesia. Hanya saja yang perlu diperhatikan pemerintah adalah bagaimana caranya PIP ini tepat sasaran. Artinya diterima benar oleh peserta didik yang memang membutuhkan.

Lalu apa syarat peserta didik bisa memperoleh PIP? Para peserta didik penerima PIP diutamakan yang memiliki KIP. Apa itu KIP? KIP atau Kartu Indonesia Pintar adalah kartu yang diberikan kepada anak usia 6 hingga 21 tahun sebagai penanda/identitas untuk mendapatkan manfaat dari PIP. Tentu dengan syarat utamanya, anak tersebut terdaftar secara resmi menjadi peserta didik di sebuah sekolah dan Nomor KIP yang dimilikinya sudah dimasukkan ke dalam Dapodik. Untuk lebih jelasnya, silahkan anda baca artikel sebelumnya yang berjudul Cara Input Data Peserta Didik Penerima PIP.

Sedangkan Khusus bagi SMK, para penerima dana PIP akan dipublikasikan melalui website http://pipsmk.ditpsmk.net/ Ada beberapa tahap penerimaan PIP, anda bisa mengeceknya satu per satu apakah sekolah anda masuk dalam kategori penerima PIP tahap tertentu atau belum. Untuk mengeceknya sendiri terbilang sangat mudah. Setelah anda membuka alamat web tersebut, selanjutnya pilih Menu PIP, anda tinggal masukkan NPSN sekolah anda dan Tahap penerimaan PIP yang ingin diketahui. Secara otomatis web akan menampilkan data peserta Didik SMK yang menerima dana PIP.

Kembali pada judul artikel ini,  yaitu Panduan Lengkap Laporan Aplikasi PIP SMK. Ini menjadi tugas Operator Dapodik sebab yang mengetahui jumlah penerima dana PIP SMK tersebut adalah operator Dapodik. Semakin cepat anda membuat laporan, maka akan semakin baik. Namun perlu diingat, Laporan PIP SMK bukanlah cetak, namun berbasis web. Artinya anda hanya perlu mengisi laporan tersebut melalui website. Cukup mudah bukan? Kendati cukup mudah anda juga tidak boleh menggampangkan. Semua tahap harus dilakukan dengan benar agar tak terjadi kekeliruan.

Panduan Lengkap Laporan Aplikasi PIP SMK
Panduan Lengkap Laporan Aplikasi PIP SMK.

Langsung saja, berikut ini Panduan Lengkap Laporan Aplikasi PIP SMK:

1. Buka website http://pipsmk.ditpsmk.net/laporan/login.php

Ketika membuka website tersebut anda akan langsung masuk ke halaman Login, sehingga tak perlu bingung mencari tahu lagi bagaimana cara login.

2. Lakukan Login

Setelah masuk ke halaman Login, maka akan tampil Halaman Laporan PIP SMK 2016. Di situ akan tampil username dan password. Gunakan username dan passwod akun Dapodik untuk Login ke Aplikasi Laporan PIP SMK 2016. Setelah semua anda isi, silahkan Klik Tombol Masuk berwarna biru yang ada di bawah.

3. Perhatikan Data Siswa Penerima PIP di SMK anda

Usai berhasil Login, anda akan di bawa masuk ke Halaman Data Siswa SMK. Perhatikan jumlah peserta didik anda yang mendapat PIP. Di halaman ini akan ditampilkan secara detil data siswa, mulai dari VAC, Nama, Tahap, Dana, Status Cair, Bermasalah/Ganda dan Last Ipdate.

Di sebelah kiri atas, juga akan tampil Menu Summary yang artinya, data laporan yang sudah dimasukkan yang isinya, Siswa yang diuslkan, Data Siswa di SK, Sudah Cair dan Data Bermasalah. Data ini akan berubah setelah anda melakukan pelaporan.

4. Lakukan Pelaporan

Di Menu Data Siswa Penerima PIP SMA ada beberapa menu Laporan yang terletak di atas, yaitu Belum Cair (Berwarna Biru), Sudah Cair (Berwarna Hijau) dan Bermasalah (berwarna Merah). Cara membuat laporannya adalah, Klik tombol Kotak kecil yang berada di sebelah kiri Data VAC. Kemudian pilihlah 3 Munu yang ada di atas. Ingat, laporan ini harus riil terjadi. Sehingga kalau memang Belum Cair ya Klik Belum Cair.

Catatan Penting!!! Menu Bermasalah/Ganda diperuntukkan bagi siswa yang Datanya bermasalah sehingga dana PIP tidak bisa dicairkan. Atau Datanya ganda, sehingga memperoleh dua bantuan PIP. Setelah melakukan Laporan, Data Summary yang ada di sebelah kiri otomatis akan berubah.

5. Usulkan Siswa Penerima PIP

Di Aplikasi PIP SMK juga ada Menu Usulan sekolah yang berada di Menu Summary. Fungsinya adalah untuk mengusulkan jumlah siswa di SMK anda agar juga dapat memperoleh dana PIP. Caranya, masukkan jumlah siswa yang akan anda usulkan, dengan angka. Kemudian Klik Tombol Submit warna biru di bawahnya.

Cukup Mudah bukan? Demikian informasi mengena Panduan Lengkap Laporan Aplikasi PIP SMK. Semoga dapat bermanfaat.

Artikel Terkait :

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Panduan Lengkap Laporan Aplikasi PIP SMK"

Posting Komentar