Cara Edit Referensi KKM dan KD e-Rapor SMK

Cara Edit Referensi KKM dan KD e-Rapor SMK. Sahabat admin e-Rapor SMK di manapun anda berada. Bagaimana sudah bereskah semua pekerjaan anda? Jika belum segera selesaikan apa yang menjadi tugas dan tanggungjawab anda untuk mengoperasikan aplikasi e-Rapor SMK.

Sobat admin sekalian, pada kesempatan ini saya akan membahas kembali mengenai referensi di dalam e-Rapor SMK. Fokus pembahasan saya ini adalah berada pada bagian KKM dan KD. Tentu anda semua sudah sangat akrab dengan dua istilah tersebut. Dua hal yang menjadi acuan utama dalam pengisian data siswa di dalam rapot.

Cara Edit Referensi KKM dan KD e-Rapor SMK
Cara Edit Referensi KKM dan KD e-Rapor SMK.

Sekedar mengingatkan, Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) adalah standar nilai kelulusan suatu mata pelajaran yang dibuat oleh seorang guru dengan mengacu atas berbagai pertimbangan. Dalam bahasa mudahnya, KKM adalah standar nilai yang harus dicapai oleh peserta didik agar hasil penilaiannya masuk dalam kategori tuntas atau lulus.

Misalnya, dalam mata pelajaran matematika seorang guru menentukan KKM dengan nilai 75. Maka peserta didik bisa dianggap lulus/tuntas jika nilai akhir pada rapot minimal 75. Jika kurang 1 saja dianggap tidak tuntas. Sebaliknya jika melebihi standar yang telah ditetapkan maka ia akan memperoleh predikan amat baik.

Sementara itu Kompetensi Dasar (KD) adalah kemampuan dasar dalam sebuah materi yang harus dikuasai oleh peserta didik. Misalnya dalam pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) SMK ada materi yang membahas tentang Asmaul Husna. Maka ada beberapa kompetensi dasar yang perlu dikuasi yaitu, pengertian asmaul husna, jumlah asmaul husna, penerapan asmaul husna di kehidupan dan lain sebagainya.

Setelah mengetahui pengertian dari KKM dan KD, maka selanjutnya kita fokus pada pembahasan artikel ini, yaitu mengenai Cara Edit Referensi KKM dan KD e-Rapor SMK. Mengapa dua hal itu perlu di edit? Karena untuk menyesuaikan situasi dan kondisi yang terjadi di setiap sekolah. Sebab kedua hal itu tidak bisa disamaratakan antara SMK satu dengan SMK yang lainnya.


Cara Edit Referensi KKM e-Rapor SMK

Referensi KKM  sangat penting sekali dalam e-Rapor SMK. Gunanya untuk menentukan rentang predikat dan kenaikan kelas peserta didik di masing-masing kelas. Rentang predikat  yang diperoleh akan ditentukan secara otomatis oleh sistem dengan nilai KKM merupakan batas bawah predikat C.

Adapun cara untuk megedit KKM e-Rapor SMK, pengguna harus melalui beberapa langkah berikut ini:

1. Akses Fitur Referensi Rombel

Untuk dapat mengakses fitur Referensi romboleh silahkan anda klik Menu  Referensi-Referensi KB (KKM) yang berada di samping kiri sistem. Maka data KKM akan terbuka

2. Tambah Data KKM

Di situ admin e-Rapor SMK bisa melakukan penambahan data KKM dengan cara klik Tmbah KKM. Isi semua data yang meliputi, Tahun Pelajaran, kelas, Rombongan Belajar, Mata Pelajaran, KB (KKM). Setelah semua terisi klik tombol simpan berwarna hijau yang berada di bawahnya.

3. Edit KKM

Sementara itu apabila admin e-Rapor SMK ingin melakukan edit terhadap KKM yang telah diinputkan, maka bisa menggunakan Tombol Edit KKM. Kemudian akan muncul perintah untuk Masukkan KKM. Masukkan data KKM di kolom yang tersedia dalam bentuk angka. Misalnya 72 kemudian klik tombol simpan berwara biru yang ada di bawahnya.

4. Selesai, KKM dalam aplikasi e-Rapor SMK berhasil diedit

Cara Edit Referensi KD e-Rapor SMK

Selanjutnya mengenai KD di e-Rapor SMK.  Fitur referensi kompetensi dasar disediakan untuk sekolah yang ingin menambah kompetensi dasar pada setiap masing-masing mata pelajaran yang ada. Mengingat pastinya terdapat mata pelajaran yang belum tercover dalam referensi Direktorat PSMK dan kompetensi dasar yang ada di kurikulum merupakan kompetensi dasar minimal yang harus dipelajari.

Mengapa demikian? sebab dalam praktiknya memang terdapat mapel berbeda antara SMK satu dengan yang lainnya. Hal ini terutama terjadi pada jenis Mapel Muatan Lokal. Supaya bisa mengedit referensi kompetensi dasar,anda bisa menggunakan beberapa langkah berikut ini.

1. Akses Referensi Rombel

Untuk bisa mengakses fitur Referensi Rombel silahkan anda menuju menu Referensi-Referensi Kompetensi Dasar di samping kiri aplikasi e-Rapor SMK. Kemudian akan tampil daftar mata pelajaran yang ada di sekolah lengkap dengan Kode Mapel, Kelas, Isi Kompetensi dan Ringkasan Kompetensi yang ditampilan dalam bentuk Tabel

2. Tambah Kompetensi Dasar

Supaya dapat menambah KD admin e-Rapor SMK dapat melakukannya dengan menekan Tombol Tambah Data yang disedikan. Bagi Kurikulum 2006 (KTSP) bisa ditentukan apakah nantinya akan termasuk dalam kompetensi pengetahuan atau keterampilan. Bagi data Kompetensi Dasar yang berasal dari Direktorat PSMK maka tidak dapat dihapus.

Setelah anda klik tombol Tambah KD maka akan muncul Form Tambah data Kompetensi Dasar. Isinya adalah beberapa kolom yaitu, Tahun Pelajaran, Kelas, Rombongan Belajar, Mata Pelajaran, Aspek Penilaian, Kode KD dan Isi KD. Anda harus mengisi semua data tersebut dengan benar.

3. Edit Data Kompetensi Dasar

Apabila ingin melakukan pengeditan terhadap data kompetensi dasar, anda hanya tinggal Klik Tomnol Aksi-Edit. Isi semua data form edit yang sama seperti pada saat akan melakukan tambah data

4. Menghapus Data Kompetensi Dasar

Data Kompetensi Dasar juga bisa dihapus. Caranya dengan menekan tombol Aksi-Hapus. Atau lebih mudahnya dengan ceklis KD yang hendak dihapus. Setelah KD yang dimaksud diceklis semua silahkan tekan tombol Hapus Data Terpilih.

Penutup

Data Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) dan Kompetensi Dasar (KD) di dalam aplikasi e-Rapor SMK sangat penting sekali. Dari dua hal inilah, hasil pembelajaran siswa dapat diketahui. Maka pastikan semuanya sudah benar dan valid. Demikian informasi tentang Cara Edit Referensi KKM dan KD e-Rapor SMK yang bisa saya sampaikan.

0 Response to "Cara Edit Referensi KKM dan KD e-Rapor SMK"

Post a Comment