Cara Edit Referensi Mapel e-Rapor SMK yang Benar

Cara Edit Referensi Mapel e-Rapor SMK yang Benar. Sobat Operator Dapodik, selamat pagi selamat menjalankan aktivitas anda, terutama berkaitan dengan pendataan data sekolah yang begitu sangat mengasyikkan. Semoga anda selalu semangat dalam menjaga kualitas data pendidikan di sekolah tempat anda sekalian bertugas.

Sobat operator, pada kesempatan kali ini saya akan meneruskan pembahasan tentang e-Rapor SMK. Sebuah aplikasi yang sedang tenar di kalangan operator dapodik SMK dan berbagai forum guru atau operator. Hal ini sangat wajar, mengingat aplikasi ini terbilang masih sangat baru, sebab baru diluncurkan pada awal desember 2016 ini.

Cara Edit Referensi Mapel e-Rapor SMK yang Benar
Cara Edit Referensi Mapel e-Rapor SMK yang Benar.

Fokus pembahasan saya kali ini adalah mengenai Cara Edit Referensi Mapel e-Rapor SMK yang Benar. Apa sih referensi mapel e-Rapor SMK itu? Maksudnya adalah data jumlah mata pelajaran yang masuk dalam data mapel aplikasi e-Rapor SMK. Nantinya, peserta didik akan memperoleh nilai pada setiap mapel yang masuk dalam aplikasi.

Mengapa saya harus membahas hal ini? Sebab dalam referensi mapel e-Rapor SMK perlu penambahan dan pengeditan data mapel, yang akan disesuaikan dengan daftar mata pelajaran yang diterapkan masing-masing sekolah. Tentu anda sudah sangat faham jika sekolah di Indonesia, kendati menggunakan kurikulum sama namun ada jenis mapel khusus yaitu muatan lokal yang saling berbeda antara satu sekolah dengan sekolah yang lainnya.

Sebenarnya dalam aplikasi e-Rapor SMK sudah disertakan daftar mapel standar KTSP dan Kurikulum 2013, tetapi khusus untuk Mulok dan Mapel Produktif SMK KTSP belum terstandar. Sehingga anda perlu melakukan entri data Mapel secara manual agar mapel-mapel tersebut bisa masuk dalam referensi Mapel e-Rapor SMK.

Perlu anda pahami, Fitur referensi mata pelajaran yang terdapat dalam aplikasi e-Rapor SMK  berfungsi  untuk mengedit, menambah, menghapus jenis Mapel yang berada di dalam basis data. Namun harus diingat, untuk melakukan pengeditan referensi Mata Pelajaran tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Ada langkah-langkah khusus agar proses edit referensi berlangsung dengan benar, sehingga tidak ada data yang salah input. Untuk lebih jelasnya perhatikanlah penjelasan berikut ini.


Cara Edit Referensi Mapel e-Rapor SMK yang Benar

1. Login ke Aplikasi e-Rapor SMK. Caranya dengan memasukkan data username dan password yang anda regitrasikan pada saat proses instalasi berlangsung. Masukkan data yang valid, jangan sampai salah.

2. Masuk ke Menu Referensi. Setelah sukses melakukan login, silahkan masuk ke Menu referensi mata pelajaran. Menu ini bisa anda akses melalui menu Referensi-Referensi Mata Pelajaran yang berada di sebelah kiri pada tampilan aplikasi e-Rapor SMK. Setelah anda masuk ke Menu tersebut, maka hanya akan tampil data Mapel yang akan dipelajari oleh setiap kompetensi keahlian yang telah dipilih pada saat mengisi data profil sekolah

3. Isi data Mapel. Selanjutnya, admin atau staf tata usaha yang ditugaskan mengelola aplikasi e-Rapor SMK bisa melakukan penambahan data mata pelajaran dengan cara menekan tombol tambah data yang tersedia dalam menu Referensi Mata Pelajaran.

4. Edit Mapel. Apabila anda ingin mengedit data Mapel, silahkan admin atau staf tata usaha yang ditugaskan mengelola aplikasi e-Rapor SMK bisa segera mengedit mata pelajaran dengan cara menekan tombol Aksi-Edit yang berada di Menu Referensi Mata Pelajaran. Setelah anda klim maka akan tampil form edit Mapel yang sama dengan tombol tambah data tadi.

5. Hapus Mapel. Apabila ingin melakukan penghapusan data Mapel, admin atau staf tata usaha yang ditugaskan mengelola aplikasi e-Rapor SMK bisa segera menghapus data mata pelajaran dengan cara menekan tombol Aksi-Hapus. Setelah klik maka akan tampil data mata pelajaran yang akan dihapus. Ingat, mapel yang bisa dihapus hanyalah jenis mapel yang dibuat oleh sekolah saja. Sementara Mapel tidak bisa anda hapus secara manual karena ini behubungan dengan kurikulum yang digunakan.

Penutup

Catatan penting bagi anda yang ingin melakukan editi, hapus dan tambah data Mapel di referensi e-Rapor SMK. Seperti yang sudah saya jelaskan pada poin nomor 5, proses edit ini hanya bisa dilakukan untuk mapel yang dibuat dari sekolah. Sementara mapel yang otomatis ada tidak bisa anda apa-apakan. Maka dari itu, saat mengisi data profil sekolah anda harus berhati-hati. Pilihlah kurikulm yang benar, sehingga data Mapel default yang muncul sesuai dengan apa yang anda harapkan.
Demikianlah informasi tentang  Cara Edit Referensi Mapel e-Rapor SMK yang Benar. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

0 Response to "Cara Edit Referensi Mapel e-Rapor SMK yang Benar"

Posting Komentar