Cara Instal e-Rapor SMK yang Benar


Cara Instal e-Rapor SMK yang Benar. Sobat operator Dapodik SMK, pada awal desember ini Ditjen PSMK telah merilis Aplikasi Rapor elektronik (e-Rapor) khusus untuk Sekolah Menengah Kejuruan. Seperti yang kita ketahui sebelumnya aplikasi ini juga sudah dirilis khusus untuk Sekolah Menengah Atas (SMA).

Rilisnya Aplikasi e-Rapor SMK ini menambah daftar beberapa aplikasi mengenai pendidikan. Sebelumnya ada Aplikasi Dapodik, PMP, Verval, hingga Bios UN. Nampaknya, ke depannya berbagai hal mengenai pendidikan akan semuanya berbasis dengan aplikasi.

Cara Instal e-Rapor SMK yang Benar
Cara Instal e-Rapor SMK yang Benar.

Sebelum membahas lebih jauh lagi, sudahkah anda tahu apa itu e-Rapor SMK? e-Rapor SMK adalah sebuah aplikasi pengolahan data nilai siswa yang berbasis elektronik yang khusus diperuntukkan bagi jenjang SMK. Maka dari itu, untuk tingkat sekolah selain SMK tidak bisa menggunakan aplikasi ini.

Apa saja penilaian yang ada di dalam e-Rapor SMK? Sebenarnya penilaian di e-Rapor SMK tak jauh berbeda dengan rapor kertas pada umumnya. Ini hanya bentuk elektronik dan pengembangan dari rapor kertas yang selama ini digunakan sekolah di Indonesia.

Setidaknya ada tiga komponen utama yang menjadi penilaian dalam e-Rapor SMK, yaitu sikap, pengetahuan dan ketrampilan peserta didik selama mengikuti pembelajaran di kelas. Dengan ketiga komponen penilaian tersebut diharapkan akan diperoleh penilaian yang menyeluruh mengenai hasil pembelajaran siswa.

Apakah aplikasi e-Rapor SMK mempermudah guru? Kalau menurut saya pribadi iya, karena dengan menggunakan e-Rapor SMK ini anda bisa melakukan penilaian yang lebih objektif mengenai hasil belajar yang dilakukan siswa selama di kelas.

Siapa yang Harus Mengoperasikan e-Rapor SMK?

Perlu diketahui bahwa aplikasi e-Rapor SMK diperuntukkan untuk keperluan sekolah terkait dengan proses pembelajaran siswa. Maka dari itu, haruslah di bentuk tim pendataan sekolah agar proses pengerjaannya berlangsung dengan baik.

Pesan saya, jangan sampai semuanya dibebankan kepada operator dapodik saja. Sebab pekerjaan seorang operator sudah sangat banyak. Saya sendiri menganjurkan ada kolaborasi antara guru dan operator untuk menjalankan aplikasi e-Rapor SMK.

Download e-Rapor SMK

Untuk bisa melakukan instalasi e-Rapor SMK, terlebih dahulu anda perlu memiliki aplikasinya. Di manakah bisa memperoleh aplikasi e-Rapor SMK? Aplikasi ini bisa anda peroleh dengan mudah di website PSMK. Atau lebih mudahnya silahkan anda kopi url berikut ini https://drive.google.com/file/d/0B23N-u1FY7iZX0xvUnBrMzNLUnc/view

Letakkan url tersebut ke Tab Chrome atau Mozila anda, kemudian tekan enter. Maka anda akan di bawa menuju drive penyimpanan aplikasi e-Rapor SMK. Tekan tombol unduh yang bentuknya seperti tandah panah ke bawah.

File aplikasi e-Rapor SMK sendiri terbilang cukup besar, mencapai sekitar 70 Mb. Maka dari itu saat ingin mengunduhnya, pastikan terlebih dahulu koneksi internet lancar. Jangan sampai pada saat proses pengunduhan berjalan tiba-tiba jaringan internet terhenti. Sebab akan membuat proses pengunduhan gagal.

Ketika proses pengunduhan sedang berlangsung biarkan sampai dengan selesai. Akan butuh waktu beberapa menit atau bahkan lebih, tergantung pada kekuatan jaringan internet yang anda gunakan. Ingat, saat proses unduhan aplikasi berjalan jangan anda tutup jendela internet anda. Tunggu sampai semuanya selesai.

Cara Instal e-Rapor SMK yang Benar

Setelah anda berhasil mengunduh aplikasi e-Rapor SMK. Maka segeralah lakukan instalasi. Memang sampai sekarang, belum ada manual aplikasi penggunaan e-Rapor SMK ini. Sehingga, apa yang saya tuliskan mengenai cara instalasi e-Rapor SMK berdasarkan atas pengalaman saya menginstalnya secara langsung.

1. Silahkan anda Unduh aplikasi e-Rapor dengan nama file eraporsmk.zip

2. Lakukan Instalasi aplikasi prerequisite web server. Ini harus disesuaikan dengan aplikasi pendukung server e-rapor SMK di atas

3. Silahkan taruh file eraporsmk.zip pada root web server (contohmua C:\xampp\htdocs apabila aplikasi XAMPP default directory atau dengan /var/www/html khusus diperuntukkan bagi default instalasi Apache 2 di Linux Ubuntu). Setelah itu lakuka ekstrak file eraporsmk.zip

4. Usai anda ekstrak amaka akan muncul folder eraporsmk

5. Mulailah dengan menjalankan aplikasi Apache/webserver serta MySQL

6. Perlu anda ketahui instalasi aplikasi e-Rapor SMK itu berbasis web. Sehingga proses instalasi bisa diakses melalui web browser dengan beberapa alat url yaitu :

http://[nama host anda, IP address atau localhost]/[nama folder anda]

Apabila aplikasi e-rapor SMK diakses dengan server maka gunakanlah alamat website

http://localhost/eraporsmk

Apabila aplikasi e-rapor SMK diakses dengan menggunakan komputer lain maka gunakanlah host name server ata IP address tersebut, misalhnya saja:: http://192.168.0.2/eraporsmk atau http://serversekolahanda/eraporsmk

7. Isilah Data Form Instalasi. Ada beberapa data yang harus anda isi di antaranya adalah:

Form Hostname diisi dengan nama host yang ada (default localhost )

Form Database user diisi dengan nama user MySQL yang ada (default root)

Form Database password diisi dengan isikan password MySQL anda (default kosong)

Form Database name diisi dengan nama database sesuai kebutuhan dan keinginan anda (default db_erapor)

Form Administrator account diisi dengan diisi email dan password admin e-Rapor SMK. Isi dengan benar

Form Data sekolah diisi dengan sesuai dengan data sekolah anda

8. Kemudian Kilk Satu kali pada tombol Instal. Proses instalasi akan memakan waktu beberapa saat. Lama cepatnya instalasi tergantung pada kecepatan server dan Sistem Operasi yang anda gunakan. Setelah proses instalasi selesai maka akan muncul notifikasi bagian atas form instalasi yang berisi berhasil melakukan instalasi.

9. Ketika sudah selesai. Lakukan  rename atau hapus folder install yang berada di root web server

10. Silahkan anda akses ulang alamat atau URLaplikasi e-rapor SMK melalui web browser  (saya menganjurkan menggunakan Mozila) seperti keterangan langkah nomor 6.

11. Lakukan Login dengan memasukkan data administrator yang anda isikan pada tahap instalasi tadi.

Hal-Hal yang Wajib Diperhatikan saat Instalasi e-Rapor SMK

Agar sukses menginstal aplikasi e-Rapor SMK anda perlu memperhatikan berbagai macam hal berikut ini:

A. Aplikasi e-Rapor SMK tidak kompatibel dengan semua PHP. Saya sendiri menganjurkan anda untuk menggunakan PHP versi 5.6.24 yang telah

B. Gunakan XAMPP yang sesuai saya sendiri menggunakan XAMPP windows. (Bisa anda unduh di website PSMK

C. Jika sampai pada proses rename atau delete folder namun data base masih kosong, lakukan segera Edit File php. Tingkatkan angka max_execution_time=30 menjadi max_execution_time=3000.

Kemudian Edit file dengan nama my.ini, tingkatkan angka pada max_allowed_packet= 1M menjadi max_allowed_packet = 100M

D. Apabila saat instal terjadi error php.index not found 404, maka lihatlah folder root 777 untuk membuat file .htaccess secara otomatis. Atau anda bisa mengynduh file htaccess dengan mengkopi Url berikut ini https://drive.google.com/…/0B23N-u1FY7iZc0VYX3RhSFBpN…/view…

Demikianlah informasi mengenai Cara Instal e-Rapor SMK yang Benar. Saya ulangi lagi bahwa apa yang saya tuliskan ini berdasarkan pengalaman pribadi menginstal aplikasi e-Rapor SMK. Sambil menunggu Manual Aplikasi dirilis ada baiknya anda memperhatikan informasi ini.

Sebab, hingga hari ini masih banyak operator dapodik yang bingung cara instalasinya. Informasi ini akan saya perbarui setelah ada panduan resmi dari pihak berwenang. Semoga dapat membantu anda semua.

0 Response to "Cara Instal e-Rapor SMK yang Benar"

Post a Comment