Cara Membuat Perencanaan Penilaian di e-Rapor SMK

Cara Membuat Perencanaan Penilaian di e-Rapor SMK. Dalam aplikasi e-rapor satu hal yang wajib anda masukkan dalam sistem adalah mengenai penilaian. Data penilaian ini nantinya menjadi dasar bagi guru untuk memberikan penilaian terhadap peserta didik di SMK sesuai dengan kemampuan mereka masing-masing.

Sebelum anda melaksanakan penilaian, terutama dalam hal penilaian di aspek kognitif (pengetahuan) dan keterampilan, seorang guru haruskan melakukan perencanaan terlebih dahulu. Berbeda dengan perencanaan penilaian pada umumnya, dalam aplikasi e-Rapor SMK bisa di bilang masih sederhana.

Cara Membuat Perencanaan Penilaian di e-Rapor SMK.

Pada aplikasi e-Rapor SMK ini, perencanaan penilaian yang dimaksud belum mencakup pembuatan materi penilaian maupun kisi-kisi penilaian yang nantinya digunakan. Khusus bagai para pengguna yang memiliki hak akses e-Rapor SMK terutama yang menjabat sebagai wakil kepala sekolah (Wakasek) mempunyai hak istimewa untuk melakukan pengawasan atau memonitor seluruh perencanaan penilaian yang dilakukan oleh guru bersangkutan. Aktivitas pengawasan ini istilah aplikasi e-Rapor SMK disebut dengan read-only.

Ada dua jenis perencanaan penilaian yang harus guru lakukan di apikasi e-Rapor SMK. Yaitu, Perencanaan Penilaian Pengetahuan dan Perencanaan Penilaian Ketrampilan. Di sini saya akan membahas keduanya satu per satu. Sehingga dalam melakukan perencanaan Penilaian tidak ada yang salah

A. Perencanaan Penilaian Pengetahuan


Perencanaan Penilaian Pengetahuan adalah sejumlah rencana untuk melakukan penilaian terhadap tingkat pengetahuan peserta didik. Untuk melakukan penambahan atau mengedit data perencanaan penilaian pengetahuan, anda harus melakukan beberapa langkah berikut ini.

1. Klik Fitur perencanaan penilaian pengetahuan. Fitur ini bisa anda akses melalui menu yang bertuliskan Perencanaan-Penilaian Pengetahuan di aplikasi e-Rapor SMK

2. Setelah jendela Daftar Perencanaan Penilaian Pengetahuan muncul Guru bisa melakukan penambahan data perencanaan penilaian pengetahuan dengan menekan tombol Tambah Data.

3. Dalam form penambahan data perencanaan penilaian pengetahuan ini secara default jumlah aktivitas penilaian adalah lima.

4. Untuk melakukan penambahan aktivitas penilaian, guru bisa menggunakan tombol menu Tambah Aktivitas Penilaian.

5. Isi data kolom aktivitas penilaian dengan aktivitas penilaian yang akan anda lakukan.

6. Selanjutnya, Teknik penilaian akan secara otomatis muncul berdasarkan daftar isian referensi teknik penilaian yang diisikan oleh Admin e-Rapor SMK atau staf Tata usaha yang ditugaskan.

7. Total bobot yang diinput tidak harus mencapai 100.

8. Informasi mengenai kompetensi dasar disimbolkan dengan kode. Kompetensi dasar tersebut bisa anda ketahui dengan melakukan mouseover pada kode kompetensi dasar yang tercantum di samping kolom bobot.

9. Untuk bisa memilihnya, silahkan anda klik checkbox yang letaknya berada di bawah kompetensi dasar.

10. Isilah Kolom keterangan dengan informasi tambahan mengenai aktivitas penilaian anda.

11. Terakhir Klik Tombol Simpan

Ingat! Ketika anda sudah melakukan penyimpanan, guru tak bisa lagi melakukan edit data perencanaan penilaian pengetahuan. Apabila terjadi kesalahan maka yang bisa anda lakukan adalah menghapus perencanaan penilaian tersebut. Kemudian baru melakukan penambahan terhadap perencanaan penilaian baru seperti langkah-langkah di atas.

B. Perencanaan Penilaian Keterampilan


Perencanaan Penilaian Ketrampilan adalah sejumlah rencana untuk melakukan penilaian terhadap tingkat ketrampilan peserta didik. Untuk bisa melakukan penambahan atau pengeditan terhadap perencanaan penilaian keterampilan, anda perlu melakukan beberapa tahap berikut ini.

1. Klik Fitur perencanaan penilaian ketrampilan. Fitur ini bisa anda akses dengan menggunaka menu Perencanaan-Penilaian Keterampilan di e-Rapor SMK

2. Klik Tombol Tambah Data, Fungsinya untuk melakukan penambahan data perencanaan penilaian keterampilan

3. Selanjutnya akan tampil form Tambah Data perencanaan Penilaian ketrampilan yang default jumlah aktivitas penilaian adalah lima.

4. Klik Tombol Aktivitas Penilaian fungsinya untuk melakukan penambahan aktivitas penilaian dari guru

5. Isi Kolom aktivitas penilaian ini dengan daftar aktivitas yang nanti akan anda lakukan.

6. Teknik penilaian tersebut akan secara otomatis tampil berdasarkan daftar isian referensi teknik penilaian yang diisikan oleh Admin e-Rapor SMK atau staf Tata usaha yang ditugaskan.

7. Total bobot yang diinputkan tidak harus mencapai100.

8. Informasi mengenai kompetensi dasar disimbolkan dengan menggunakan kode.

9. Kompetensi dasar bisa anda ketahui dengan melakukan mouseover di kode kompetensi dasar yang telah tercantum di bagan samping kolom bobot.

10. Klik checkbox yang berada di bawah kompetensi dasar untuk memilihnya.

11. Isi Kolom keterangan dengan informasi tambahan mengenai aktivitas penilaian yang akan lakukan.

12. Terakhir klik tombol Simpan untuk melakukan penyimpanan terhadap data yang sudah diinput.

13. Sama halnya dengan aturan perencanan penilaian pengetahuan, ketika anda sudah melakukan penyimpanan, guru bersangkutan tak bisa lagi melakukan pengeditan terhadap data perencanaan penilaian yang sudah diinput. Apabila terjadi sebuah kesalahan maka yang bisa dilakukan adalah dengan menghapus perencanaan penilaian tersebut. Baru kemudian melakukan penambahan perencanaan penilaian ketrampilan baru seperti langkah-langkah di atas.

Mengingat belum adanya fitur edit data rencana penilaian, maka harus diperhatikan dalam melakukan penambahan anda harus melakukannya dengan benar. Usahakan jangan sampai ada kekeliruan.

Saran saya, sebelum anda melakukan penambahan atau edit perencanaan penilaian pengetahuan dan ketrampilan, ada baiknya anda tulis dulu secara manual. Kemudian konsultasikan dengan kepala sekolah atau wakil kepala sekolah anda masing-masing.

Setelah perencanaan penilaian tersebut dinyatakan sudah benar dan sesuai dengan kebutuhan, maka bisa anda input ke dalam e-Rapor SMK. Langkah ini sebagai upaya pencegahan supaya tidak terjadi kesalahan. Sebab apabila anda harus mengulangi penambahan perencanaan penilaian membutuhkan waktu yang cukup lama. Semoga informasi mengenai Cara Membuat Perencanaan Penilaian di e-Rapor SMK bisa membantu anda.

0 Response to "Cara Membuat Perencanaan Penilaian di e-Rapor SMK"

Posting Komentar