Cetak Verifikasi Data Siswa Calon Peserta UN

Cara Cetak Verifikasi Data Siswa Calon Peserta UN. Sobat admin Ujian Nasional sekalin, sudahkah anda menyelesaikan tugas terkait dengan UN? Jika sudah semua maka anda termasuk operator yang rajin dan disiplin. Namun apabila belum selesai maka segeralah diselesaikan sebab pelaksanaan UN akan dimulai beberapa bulan lagi.

Salah satu dokumen administrasi yang wajib anda siapkan adalah verifikasi data siswa calon peserta UN. Apa itu? Verifikasi data siswa calon peserta UN adalah daftar peserta didik yang akan mengikuti UN dari sebuah sekolah di mana data/identitasnya sudah diverifikasi oleh pihak sekolah yang dinyatakan lengkap dan valid.

Cetak Verifikasi Data Siswa Calon Peserta UN
Cetak Verifikasi Data Siswa Calon Peserta UN.

Data siswa yang harus diverifikasi meliputi semua hal yang menyangkut identitas diri peserta didik bersangkutan. Mulai dari Nama Lengkapnya, Nomor Induk Siswa Nasional atau NISN, sampai dengan identitas kedua orang tuannya. Semua wajib lengkap dan valid, sehingga tidak ada kekeliruan maupun kesalahan data ketika nanti UN dilaksanakan.

Verifikasi data siswa calon peserta UN ini dilakukan melalui Aplikasi Pendataan Ujian Nasional Tahun 2016/2017. Aplikasi ini bersifat offline di mana softwarenya diberikan oleh dinas pendidikan Kabupaten/Kota masing-masing. Untuk masalah ini saya sudah mengulasnya secara detil dalam artikel yang berjudul Cara Cek Validasi Siswa di Aplikasi Pendataan UN.

Kembali lagi ke judul artikel ini, mengapa data siswa calon peserta UN harus dicetak? Karena kelengkapan data UN bukan hanya berbasis online semata. Melainkan juga harus dicetak dan ditanda tangani oleh pihak yang memiliki wewenang. Ini sangat penting karena menjadi tanda bukti legalitas sebuah dokumen.

Ada beberapa data yang akan dicetak dari verifikasi data siswa calon peserta UN ini. Data tersebut di antaranya meliputi, Nomor Peserta UN, Nama Lengkap, Nomor Tempat Duduk sampai dengan identitas lengkap tempat tanggal lahir siswa bersangkutan.

Lalu bagaimana Cara Cetak Verifikasi Data Siswa Calon Peserta UN? Tentu yang harus anda persiapkan terlebih dahulu adalah data siswa. Data tersebut perlu anda pastikan bahwa sudah sepenuhnya selesai diverifikasi. Jangan ada perubahan lagi setelah anda melakukan pencetakan. Simaklah penjelasan di bawah ini dengan seksama


Cara Cetak Verifikasi Data Siswa Calon Peserta UN

1. Login ke dalam Aplikasi Pendataan UN Tahun Ajaran 2016/2017

Silahkan anda masuk ke Aplikasi Pendataan dengan menggunakan User ID dan Password masing-masing. Setiap sekolah berbeda-beda, yang memberikan kedua hal tersebut adalah dinas pendidikan kabupaten/kota setempat.

2. Pilihlah Menu Cetak

Menu cetak berada di bagian atas dalam beranda Aplikasi Pendataan UN. Seperti yang anda lihat dari gambar di atas ada sebuah menu yang bertuliskan Cetak. Silahkan anda Klik satu kali saja.

3. Pilihlah Sub Menu Daftar Siswa

Sub Menu Daftar Siswa berada di sebelah kiri dari beranda aplikasi pendataan UN yang berwarna biru. Karena anda akan melakukan pencetakan terhadap data siswa, maka silahkan klik satu kali Sub Menu tersebut

4. Pilihlah Sub Menu Rayon/Wilayah

Rayon/Wilayah berfungsi untuk memetakan sekolah yang disesuaikan dengan lokasi (Provinsi/Kabupaten) di mana sekolah tersebut berada. Sehingga anda akan dimudahkan ketika hendak mencari sebuah data sekolah.

5. Pilihlah Sub Menu Sekolah

Sub Menu Sekolah ini berfungsi untuk mencari data sekolah. Temukan nama sekolah anda, jangan sampai keliru dengan sekolah lainnya

6. Pilih Setting Cetak

Setting cetak berada di bagian bawah sebelah kiri. Fitur ini berfungsi untuk melakukan pengaturan terhadap apa yang akan dicetak. Dalam setting cetak ada 4 hal, yaitu siswa, verifikasi, DNS dan DNT.

Karena anda ingin melakukan pencetakan terhadap verifikasi data calon peserta UN maka yang diceklis adalah,  Verifikasi, Ringkas, dan TTD Kepsek (Tanda Tangan Kepala Sekolah). Jangan lupa keterangan halaman juga perlu diisi

7. Klik Tombol Cetak

Terakhir adalah cetak data. Klik tombol cetak yang berada di bagian bawah sebelah kanan Aplikasi Pendataan UN.

8. Tandatangani Kepsek dan Pengawas

Setelah semua data berhasil dicetak, selanjutnya harus segera ditandatangani oleh Kepala Sekolah (Kepsek) dan Pengawas sekolah tersebut. Ini menjadi tanda bukti legalitas dokumen UN tersebut.

Penutup

Ketika akan melakukan pencetakan, PC harus terhubung dengan printer. Usahakan printer yang dipakai mempunyai kualitas bagus, sehingga hasilnya akan jelas. Demikian informasi mengenai Cara Cetak Verifikasi Data Siswa Calon Peserta UN yang dapat saya berikan kepada anda semuanya.

Artikel Terkait :

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cetak Verifikasi Data Siswa Calon Peserta UN"

Posting Komentar