Panduan Pengisian Mapel Lintas Minat SMA K13

Panduan Pengisian Mapel Lintas Minat SMA K13. Sahabat Operator Dapodik SMA, pada Aplikasi Dapodik 2016c terdapat berbagai pembaruan. Salah satu pembaruan yang harus segera dipahami adalah tentang pembelajaran di SMA yang telah menerapkan Kurikulum 2013.

Apa yang baru di dalam Dapodik SMA yang telah menerapkan K13? Pembaruan tersebut berada pada Mapel Lintas Minat. Karena pembaruan ini tidak sedikit operator yang bingun tentang bagaimana car a mengisi jenis Mapel ini, sebab ketika divalidasi tetap saja masih ada peringatan Invalid sehingga tidak bisa melakukan sinkronisasi data.

Panduan Pengisian Mapel Lintas Minat SMA K13
Panduan Pengisian Mapel Lintas Minat SMA K13.

Kekeliruan saat input Mapel lintas minat, akan membuat validasi invalid dan ada informasi yang berisi, peserta didik dengan nama Si A dalam jenis rombongan belajar K13 kelas 10 dengan nama rombongan belajar XXJPG1 (Bahasa dan Sastra Jepang 3 jam pelajaran ) sesuai SMA Kurikulum 2013 batas maksimum peminatan/lintas minat utk tingkat 10 yaitu 18jam/minggu (saat ini data anda adalah 21 jam per minggu) XX GEO3 ( Mapel Geografi (3 jam pelajaran) sesuai dengan aturan SMA K13  batas maksimum”

Untuk itulah pada kesempatan kali ini saya akan membantu anda dalam pengisian Mapel Lintas Minat pada SMA K13. Penjelasan ini saya dapat langsung dari panduan resmi yang dikeluarkan oleh Ditjen Dikdasmen Kemendikbud.

Panduan Pengisian Mapel Lintas Minat SMA K13

Perlu anda pahami, untuk mengisi Kelompok Mapel Lintas Minat harus menggunakan rombel jenis TEORI. Adapun ketentuannya adalah sebagai berikut:

1. Pastikan dahulu aplikasi Dapodik yang anda gunakan sudah diupdate ke versi 2016.c

2. Jenis Rombel TEORI khusus diperuntukkan hanya untuk  mengisi data pembelajaran kelompok Jam Lintas Minat.

3. Dalam memilih Program Pengajaran pada jenis rombel teori harus didasarkan pada Mapel Lintas Minat yang diajarkan pada Rombel teori, bukan berdasarkan jurusan peserta didik yang menjadi anggota rombelnya.

4. Jumlah siswa anggota Rombel Teori tidak boleh kurang dari 20 siswa (Untuk Rombongan Belajar Paralel/Warning)

5. Jumlah Jam belajar peserta didik harus sesuai ketentuan yang berlaku, tidak boleh melebihi yang ditetapkan (Invalid Data)

Dalam Rombongan Belajar TEORI Mapel yang muncul akan difilter sesuai dengan kurikulum yang akan dipilih. Kemudian akan terdapat kondisi peserta didik dari Program IPS berada pada Rombel TEORI dengan Kurikulum MIPA.

A. Pengisian Rombongan Belajar

a) Pelajaran-pelajaran yang berada di lintas Minat dikelompokkan pada Jenis Rombongan Belajar TEORI

b) Dalam 1 kelas teori digunakan hanya untuk 1 Mata Pelajaran Lintas Minat yang akan diajar oleh 1 Guru

c) Berbeda dengan kelas lain, Jenis Kelas Teori tidan Membutuhkan Wali Kelas

d) Mapel lintas minat merupakan pilihan dari mapel peminatan lintas jurusan. Bagi kelas XI dan XII SMA pilihan Mapel akan dikurangi satu Mapel Lintas Minat dari pilihan waktu kelas X.  Selain itu, Mata pelajaran lintas minat yang digunakan adalah lanjutan dari pilihan pada saat kelas X

Misalnya, ketika berada di kelas X mengambil 2 lintas minat yaitu Ekonomi dan Sosiologi. Maka pada saat berada di kelas XI dan XII hanya akan ada Ekonomi saja atau sosiologi saja.

e) Penambahan Mata Pelajaran pada Kelas TEORI dilakukan dengan cara Menekan Menu Tambah pada Pembelejaran. Kemudian pilih Kelompok Mapel Peminatan

f) Apabila jurusan kelas lintas minat tak ada maka anda harus melakukan penambahan jurusan di Tabulasi Menu Sekolah kemudian Pilij fitur Program Pengajaran yang dilayani.

Misalnya saja, Di sebuah SMA Program pengajaran yang dilayani hanya terdapat 2 pilian yaitu IPS dan MIPA. Namun di sekolah tersebut terdapat siswa yang memilih lintas minat bahasa, maka anda dapat menambahkan Program Bahasa pada Menu Program Pengajaran yang dilayani.

g) Apabila telah terlanjur melakukan entri pembelajaran di mana Mapel lintas minat akan dimasukkan pada kelas utama dengan jenis rombongan belajar KELAS. Maka anda harus melakukan Hapus Mata Pelajaran Mapel lintas minat tersebut yang berada di rombel kelas. Caranya: nPilihlah Mata Pelajaran lintas minat yang sudah terlanjur di entrikan. Kemudian Klik Menu Hapus.


B. Pengisian Anggota Rombel Lintas Minat

Untuk mengisi Anggota Rombel Lintas Minat terdapat dua cara, yaitu:

1. Apabila semua peserta didik mengambil jenis Mapel lintas minat yang sama dalam 1 kelas utama (jenis rombongan belajar kelas maka bisa anda lakukan dengan cara salin anggota rombel dari kelas utama.

2. Apabila peserta didik bebas menentukan pilihan lintas minat dalam 1 kelas, maka peserta didik harus dikelompokkan atau diambil dengan cara manual seperti pengambilan siswa untuk membuat kelas utama atau jenis rombongan belajar KELAS.

Demikianlah penjelasan mengenai Panduan Pengisian Mapel Lintas Minat SMA K13. Segera perbaiki data pembelajaran anda agar dalam validasi bisa valid. Sehingga dapodik anda bisa segera anda sinkronisasikan.

0 Response to "Panduan Pengisian Mapel Lintas Minat SMA K13"

Posting Komentar