Spesifikasi Minimal PC untuk Instalasi e-Rapor SMK

Spesifikasi Minimal PC untuk Instalasi e-Rapor SMK. Sobat operator dapodik yang kami hormati, beberapa hari ini pada jenjang Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) disibukkan dengan sebuah aplikasi baru. Jika dibilang baru sebenarnya tidak juga, sebab pada awal pemberlakuan kurikulum 2013 silam, aplikasi ini juga sudah pernah dirilis Kemendikbud khusus untuk SMK.

Aplikasi tersebut bernama e-Rapor SMK. Pastinya anda sekalian sudah begitu akrab dengan aplikasi ini. Sebab pemberitaan mengenai e-Rapor SMK begitu massif dikalangan operator. Di website Dit PSM info ini juga mendapat kunjungan serta komentar yang sangat banyak. Ini menandakan bahwa para pengelola SMK antusias menyambut rilisnya aplikasi ini.

Spesifikasi Minimal PC untuk Instalasi e-Rapor SMK
 Spesifikasi Minimal PC untuk Instalasi e-Rapor SMK.

Di berbagai forum media sosial, informasi mengenai e-Rapor SMK juga menjadi trending topix. Banyak dari operator atau guru yang ditugaskan sebagai admin aplikasi ini saling bertukar informasi mengenai cara pengoperasiannya. Mulai dari cara instalasi yang benar, input data nilai ke dalam aplikasi, membuat akses kepada para pengguna hingga diskusi mengenai sejumlah persoalan yang terjadi saat menjalankan e-Rapor SMK.

Aplikasi e-Rapor SMK merupakan sebuah aplikasi untuk penilaian hasil belajar siswa. Nantinya nila siswa dalam mengikuti proses pembelajaran akan diinput ke dalam aplikasi ini. Sehingga input data nilai siswa akan lebih sistematis dan baik. Hal ini akan sangat membantu baik bagi guru maupun peserta didik sendiri. Sebab mereka akan dengan mudah melihat tingkat kemajuan pembelajaran siswa.

Namun perlu anda ketahui bersama, sebelum melakukan instalasi aplikasi e-Rapor SMK di dalam PC, anda harus menyesuaikan spesifikasi minimal PC yang bisa digunakan untuk menjalankan e-Rapor SMK. Spesifikasi minimal PC adalah standar minimal kualitas program di dalam PC yang harus ada supaya bisa digunakan untuk instalasi aplikasi e-Rapor SMK.

Apakah penting memenuhi spesifikasi minimal PC tersebut? Jawaban saya tentu sangat penting sekali. Apa alasannya? Sebab apabila sebuah PC yang digunakan untuk instalasi e-Rapor SMK tidak memenuhi standar yang telah ditentukan maka dijamin proses instalasi akan mengalami kegagalan. Kalaupun berhasil, saat pengoperasiannya akan ditemukan banyak hambatan, seperti tidak berjalannya menu yang ada hingga aplikasi heng dan harus diinstal ulang.

Tentu, anda semua tidak ingin mengalami hal demikian. Sebab proses intalasi e-Rapor SMK di PC tidak sempurna maka kerusakan sangat mungkin terjadi. Apalagi aplikasi ini sampai sekarang masih terus berada dalam tahap pengembangan. Artinya akan terus ada perbaikan secara berkelanjutan sebagai upaya penyempurnaan aplikasi.

Lantas apa saja spesifikasi minimal PC yang bisa digunakan untuk instalasi aplikasi e-Rapor SMK? Standar minimal yang wajib dipenuhi dibagi menjadi 3 hal, yaitu Hardware, Software dan Brainware. Untuk lebih jelasnya perhatikan penjelasn berikut ini:

A. Standar Minimal Hardware

Ada 5 hal yang wajib dipenuhi dalam hardware PC yang akan anda gunakan untuk instalasi aplikasi e-Rapor SMK, yaitu:

1. Standar Processor yang digunakan adalalah Intel Core i5 (Prosesor 64 bit)

2. Standar RAM yang digunakan minimal 4 GB DDR3

3. Standar Jenis PC/Tower/Desktop dan bukan Laptop

4. Standar UPS yang digunakan Minimal 500VA

5. Standar Ethernet port

B. Standar Minimal Software

Ada 6 hal yang wajib dipenuhi dalam Software PC yang akan anda gunakan untuk instalasi aplikasi e-Rapor SMK, yaitu:

1. Standar Sistem Operasi adalah 64 bit (Windows 7/Windows server 8/Linux)

2. Standar Apache adalah 2.4

3. Standar PHP adalah 5.6

4. Standar Mysql adalah 5.0

5. Standar MySQL Settings (my.ini) adalah max_allowed_packet = 100M

6. Standar Apache settings adalah (php.ini) max_execution_time=3000

C. Standar Minimal Brainware

Apa yang dimaksud Brainware di sini adalah seseorang yang mampu mengoperasikan aplikasi e-Rapor SMK mulai dari tahap instalasi sampai dengan penggunaannya. Di sini diperlukan seorang Administrator. Administrator di sini adalah seorang tenaga pendidik atau tenaga kependidikan yang ada di sekolah anda dan ia  memiliki kompetensi atau pengalaman di bidang teknologi informasi dan komunikasi.

Mengapa harus demikian? sebab untuk mengoperasikan aplikasi e-Rapor SMK dibutuhkan tenaga ahli yang paham deng IT, supaya aplikasi ini dapat digunakan secara maksimal. Demikian informasi mengenai Spesifikasi Minimal PC untuk Instalasi e-Rapor SMK yang bisa saya berikan untuk anda sekalian pada kesempatan ini. Selamat beraktifitas.


EmoticonEmoticon