Cara Mudah Instal e-Rapor SMA Terbaru

Cara Mudah Instal e-Rapor SMA Terbaru. Sahabat Operator Dapodik dan Guru SMA di seluruh Indonesia, terimakasih telah berkunjung ke blog saya ini. Kali ini saya akan membahas mengenai Aplikasi Rapor elektronik SMA atau yang biasa disebut dengan e-Rapor.

Perlu diketahui sebelumnya, e-Rapor adalah aplikasi berbasis website untuk mengolah Rapor Peserta Didik Sekolah Menengah Atas (SMA). Adapun pengolahan penilaian di dalamnya mencakup Sikap, Pengetahuan dan Ketrampilan Peserta Didik.Itu Artinya dengan menggunakan Aplikasi e-Rapor ini anda akan terbantu dalam menilai perkembangan pembelajaran siswa di sekolah.

Cara Mudah Instal e-Rapor SMA Terbaru
Cara Mudah Instal e-Rapor SMA Terbaru.

Untuk sementara ini, Aplikasi e-Rapor hanya ada untuk SMA saja. Sementara bagi SMK aplikasi e-Rapor masih Beta atau tahap uji coba sehingga anda yang mengajar dan menjadi Operator Dapodik SMK harus bersabar terlebih dahulu menanti “kelahiran” Aplikasi e-Rapor khusus untuk jenjang Sekolah Menegah Kejuruan (SMK).

Perlu difahami bersama, Aplikasi e-Rapor SMA diperuntukkan bagi semua SMA di Indonesia. Baik SMA Negeri maupun swasta semua boleh menggunakannya. Namun ada syarat yang harus dipenuhi yaitu, SMA terkait sudah menggunakan Kurikulum 2013. Jadi bagi SMA yang masih menggunakan KTSP jangan menggunakan e-Rapor dahulu sampai SMA tersebut menggunakan Kurikulum 2013.

Jika SMA anda sudah menggunakan Kurikulum 2013 maka segeralah intal Aplikasi e-Rapor. Aplikasi ini bisa anda unduh di website psma.kemdikbud.go.id di Menu Download. Ada dua aplikasi e-Rapor SMA yaitu 32 Bit dan 64 Bit. Dua hal ini berkaitan dengan spesifikasi PC yang anda gunakan. Pada intinya kegunaannya tetaplah sama.

Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan mengenai Cara Mudah Instal e-Rapor SMA Terbaru. Bagi anda yang belum faham simaklah langkah-langkah berikut ini dengan seksama:

1. Install postgresql-9.5.5-1-windows-x64 (password 123456) dengan link http://get.enterprisedb.com/…/postgresql-9.5.5-1-windows-x6…

Jika mengalami masalah terjadi error saat ditengah instalasi maka jalankan dulu Fix_eRapor_SMA ( https://drive.google.com/open… ) lalu ulangi langkah 1

2. Install PostgreSQL-9.5.5-1-win64-bigsql (password 123456)

http://oscg-downloads.s3.amazonaws.com/…/PostgreSQL-9.5.5-1…

3. Install eraporSMA2016_64bit dengan link http://psma.kemdikbud.go.id/files/eraporSMA2016_64bit.rar

4. Restart Windows

5. Maka Aplikasi e-Rapor SMA anda sudah berhasil diinstal

Catatan!!! Saat hendak instal Aplikasi e-Rapor SMA harap cek terlebih dahulu versi windows pc anda, apakah menggunakan apakah 64bit atau 32bit. Caranya, klik kanan pada icon Computer lalu klik Properties. Hal ini penting berkaitan dengan keberhasilan proses instalasi Aplikasi e-Rapor.

Demikian informasi mengenai Cara Mudah Instal e-Rapor SMA Terbaru. Semoga dapat membantu anda semua. Terimakasih.

Cara Mengajukan Perubahan NISN melalui VerValPD Agar Cepat Diapprove

Cara Mengajukan Perubahan NISN melalui VerValPD Agar Cepat Diapprove. Salam Satu Data. Nomor Induk Siswa Nasional atau yang biasa disebut NISN merupakan nomor khusus yang dimiliki oleh siswa dari SD sampai dengan SMA sederajat. Semua siswa yang masih aktif bersekolah otomatis akan memiliki nomor ini. NISN sangat penting karena berkaitan dengan validitas data siswa yang nantinya akan berpengaruh terhadap dana BOS, PIP hingga ujian nasional.

Namun, bagaimana jika yang terjadi data NISN siswa ada yang berbeda antara ijazah dengan yang berada di Dapodik? Lantas bagaimana cara merubah NISN yang di Dapodik agar sama dengan ijazah SD atau SMP siswa tersebut. Jika anda belum faham mengenai perubahan NISN perhatikan dengan seksama penjelasan berikut.

Cara Mengajukan Perubahan NISN melalui VerValPD Agar Cepat Diapprove
Cara Mengajukan Perubahan NISN melalui VerValPD Agar Cepat Diapprove.

Sebelum masuk penjelasan tentang Cara Mengajukan Perubahan NISN melalui VerValPD Agar Cepat Diapprove, saya akan menjelaskan terlebih dahulu tentang penyebab NISN yang tidak sama terlebih dahulu.

Siswa memiliki dua NISN yang berbeda. Penyebabnya lantaran NISN diijazah berbeda dengan yang ada di Dapodik sekarang. Hal ini terjadi karena NISN baru yang terbit melalui mekanisme NOTMATCH di VerValPD sehingga PDSK menerbitkan NISN baru. Akibatnya kedua NISN tersebut  sama-sama terdaftar di web NISN Data.

Jika Hal itu terjadi, Lantas NISN mana yang boleh digunakan? Menurut keterangan resmi di website http://nisn.data.kemdikbud.go.id/ NISN yang digunakan ialah yang sudah digunakan sebagai alat administrasi dan validasi oleh siswa di sekolahnya saat ini. Jika tidak maka yang digunakan ialah NISN yang paling kecil kodenya.

Berdasarkan penjelasan terbut, maka NISN yang digunakan ialah NISN yang sudah tertulis di ijazah sebelumnya. Sebab NISN yang sudah tertulis diijazah sebelumnya telah menjadi alat administrasi dan masih terdaftar dalam website NISN Data. Selain itu, NISN dengan kode digit terkecil pasti terbit dahulu dari pada NISN yang baru terbit.

Setelah anda memahami hal tersebut, maka sekarang saatnya saya menjelaskan tentang Cara Mengajukan Perubahan NISN melalui VerValPD Agar Cepat Diapprove. Langsung saja berikut ini langkah-langkahnya:

1. Silahkan Login ke VerValPD yang beralamat http://vervalpd.data.kemdikbud.go.id/ menggunakan akun anda masing-masing

2. Pastikan siswa yang akan anda lakukan perubahan NISN sudah masuk ke Menu Referensi

3. Kemudian silahkan Klik Menu Edit Data>Pengajuan>NISN

4. Selanjutnya silahkan Klik Menu Pilih Siswa

5. Silahkan Pilih Siswa yang akan anda edit data NISN

6. Pilih Nama Siswa tersebut

7. Masukkan NISN yang telah terdaftar sebelumnya. Ingat jangan klik Menu Chek

8. Selanjutnya anda harus melampirkan bukti scan ijazah siswa tersebut dalam format .png atau .jpg sebagai bukti pendukung

9. Kemudian klik Menu Pengajuan Perubahan

10. Kini pengajuan anda telah terkirim. Dan menunggu persetujuan dari pihak terkait

Perhatian!!!

a. Pengajuan perubahan NISN bisa dilakukan asal NISN yang tertulis diijazah terdaftar di Website NISN data.

b. Untuk itu, sebelum melakukan pengajuan perubahan NISN anda harus mengecek terlebih dahulu NISN siswa tersebut

c. Jika NISN yang tertera diijazah tak terdaftar miliki siswa tersebut maka otomatis NISN yang digunakan adalah yang saat ini tertera dalam Dapodik, dan anda tak perlu melakuakn permohonan perubahan data.

Demikian informasi mengenai Cara Mengajukan Perubahan NISN melalui VerValPD Agar Cepat Diapprove. Semoga dapat membantu anda semua.

Cara Memperbaiki Data Citra Sekolah di VerValSP

Cara Memperbaiki Data Citra Sekolah di VerValSP. Salam Satu Data. Rekan Operator Dapodik di seluruh Indonesia. Terimakasih anda telah mengunjungi blog saya ini. Semoga anda semua selalu dalam keadaan sehat sehingga bisa terus bekerja menjaga data pendidikan agar terus valid.

Sahabat Operator Dapodik, pada kesempatan kali ini saya akan kembali mengulas tentang salah satu hal yang harus dilakukan di Aplikasi Verifikasi dan Validasi Satuan Pendidikan atau yang biasa disebut e-VerValSP. Tentu anda semua yang menjadi operator Dapodik sekolah tidak asing lagi mendengar Aplikasi tersebut.

Cara Memperbaiki Data Citra Sekolah di VerValSP
Cara Memperbaiki Data Citra Sekolah di VerValSP.

Bagi anda para Operator Dapodik baru, perlu dipahami bahwa e-VerValSP adalah sebuah aplikasi untuk mendukung pengelolaan data pendidikan. Dengan adanya aplikasi ini diharapkan lebih memudahkan dan mendekatkan proses pengelolaan data satuan pendidikan/lembaga pendidikan dan master pendidikan antara tingkat pusat dengan tingkat daerah. e-VerValSP adalah sebuah aplikasi berbasis web yang terintregasi dengan sebuah sistem referensi pendidikan yang berada di alamat : http://vervalsp.data.kemdikbud.go.id/. Verifikasi dan Validasi data satuan pendidikan dilakukan untuk memeriksa dan memperbaiki data sehingga menghasilkan data yang valid.

Jadi setiap saat jika ada perubahan dalam sekolah anda, maka perlu diperbaiki melalui e-VerValSP. Kali ini saya akan membahas tentang data citra sekolah. Yang dimaksud Data Citra adalah gambar atau foto yang menggambarkan kondisi sekolah saat ini. Foto bisa berupa sarpras, proses pembelajaran hingga kegiatan kesiswaan. Nantinya foto-foto tersebut dapat dilihat oleh seluruh masyarakat Indonesia.

Bagi anda yang belum mengerti berikut ini kami jelaskan tentang Cara Memperbaiki Data Citra Sekolah di VerValSP:

1. Silahkan Login ke e-VerValSP menggunakan akun anda masing-masing

2. Klik Pada Kotak Menu yang berada di sebelah kiri atas laman

3. Kemudian pilih Menu Citra, Sehingga akan muncul Perbaikan Data Citra E-VerValSP

4. Silahkan Pilih Jenis Foto, kemudian Input Judul Foto dan Klik Browse untuk memasukkan Foto.

5. Setelah itu klik Tombol SImpan dan menunggu persetujuan dari Admin PDSP-K.

6. Silahkan lakukan unggah foto sesuai dengan jenis foto yang tertera dalam e-VerValSP, sesuai dengan prosedur diatas.

7. Untuk menghapus foto lama dari halaman web Referensi, silahkan lakukan perubahan status pada foto.

8. Secara defaul foto dalam status Aktif, sehingga foto ini akan di tampilkan di web http://referensi.data.kemdikbud.go.id apabila foto dalam status Tidak Aktif, maka foto tersebut tidak akan di tampilkan di web referensi.

9. Setelah memilih status Foto, silahkan klik tombol Update dan menunggu persetujuan dari Admin PDSPK.

Cukup sederhana dan mudah bukan? Segera perbaiki Data Citra Sekolah anda sehingga perkembangan sekolah dapat terus terupdate. Demikian informasi tentang Cara Memperbaiki Data Citra Sekolah di VerValSP. Semoga dapat bermanfaat.

Cara Mengunduh Daftar Calon Peserta UN

Cara Mengunduh Daftar Calon Peserta UN. Salam Satu Data. Sahabat Operator Dapodik Sekolah di manapun anda berada. Semoga anda selalu mendapat banyak limpahan kenikmatan dan terutama kesehatan sehingga anda bisa melaksanakan tugas pendataan Data Pokok Pendidikan (Dapodik). Amiin.

Sahabat Operator Dapodik sekalian, sudah tahukah anda jika data peserta Ujian Nasional (UN) sudah muncul? Jika belum tahu ada baiknya anda mengecek data peserta didik di sekolah anda yang akan mengikuti UN tahun 2017 nanti. Tentu para calon peserta UN ini merupakan siswa tingkat akhir di sebuah satuan pendidikan, yaitu kelas 6, 9 dan 12.

Cara Mengunduh Daftar Calon Peserta UN
Cara Mengunduh Daftar Calon Peserta UN.

Lantas bagaimana cara mengecek data calon peserta UN? Perlu anda pahami terlebih dahulu jika sekolah harus pro aktif melihat sendiri calon peserta UN di sekolahnya. Bagi yang belum tahu caranya berikut ini langkahnya:

A. Silahkan buka website http://pdun.data.kemdikbud.go.id/ kemudian anda tampil laman Manajemen Dapodik Ditjen Dikdasmen

B. Di laman tersebut anda diminta untuk login. Login bisa menggunakan dua cara, pertama dengan Login Utama yang berisi Username dan Password (Isikan sesuai Username dan Password Dapodik anda. Cara kedua menggunakan Alternatif yaitu dengan kemudian masukkan Kode Registrasi Sekolah anda

C. Kemudian klik login

Hal terpenting yang perlu anda lakukan setelah berhasil Login ialah mengunduh daftar peserta UN. Mengapa? Langkah ini penting guna mengecek validitas data peserta didik di sekolah anda yang akan mengikuti Ujian Nasional.

Lalu bagaimana Cara Mengunduh Daftar Calon Peserta UN? Bagi yang belum tahu caranya tentu hal ini cukup sulit sebab ada beberapa menu download yang belum bisa berfungsi secara maksimal. Agar proses unduh data peserta didik di sekolah anda yang akan mengikuti UN perhatikan langkah-langkah berikut ini:

1. Silahkan Login terlebih dahulu di website http://pdun.data.kemdikbud.go.id/ (Caranya seperti yang sudah saya jelaskan di atas.

2. Setelah berhasil Login, langkah selanjutnya klik menu Calon Peserta UN

3. Kemudian silahkan anda klik Menu Pengaturan No Kursi, lalu urutkan nomor berdasarkan rombel kelas dan selanjutnya Simpan

4. Terakhir silahkan anda klik Menu Unduh Berita Acara, silakan lihat Daftar CPUN pada lampiran berita acara.

5. Maka data Daftar Calon Peserta UN di sekolah anda berhasil diunduh

Catatan!!! Untuk sementara waktu, hasil Unduh File CPUN ke Excel belum bisa dibuka karena masih ada bug aplikasi pada format excel xml. Semoga cepat dapat diperbaiki

Pesan saya, amati dengan seksama data siswa anda. Jika masih ada yang keliru segera perbaiki di Dapodik. Untuk beberapa perbaikan, seperti Nama dan NISN perbaikan di lakukan melalui VerValPD. Demikian informasi mengenai Cara Mengunduh Daftar Calon Peserta UN. Semoga dapat bermanfaat.

Kumpulan Doa Operator Dapodik

Kumpulan Doa Operator Dapodik. Judul artikel ini memang sengaja saya buat demikian, sebab hanya doa saja yang saat ini bisa dilakukan oleh para Operator Dapodik Sekolah di Indonesia terkait dengan nasib yang mereka alami. Mengapa demikian? Sebab selama ini apa beban berat operator Dapodik masih dipandang sebelah mata. Nasibnya pun semakin tidak jelas.

Sebenarnya apa sih yang dikerjakan oleh Operator Dapodik? Seorang Operator Dapodik ialah orang yang bertugas melakukan pendataan pendidikan di sebuah sekolah ke dalam Aplikasi Dapodik. Di dalamnya operator harus melakukan input data mulai dari perserta didik, sekolah, GTK, pembelajaran sampai dengan sarana prasarana.

Kumpulan Doa Operator Dapodik
Kumpulan Doa Operator Dapodik.
Semua pekerjaan operator berkaitan dengan berbagai hal penting di sekolah. Mulai dari Dana BOS, PIP hingga sertifikasi Guru. Semua itu berada di tangan operator. Tak jarang, jika salah satu dari ketiga hal tersebut tidak cair, maka operator menjadi satu-satunya pihak yang akan menjadi sasaran kemarahan. Namun apabila cair, operator terhapus dari ingatan.

Sayangnya, beban besar yang dipikul Operator Dapodik belum diimbangi dengan penghargaan yang pantas baik dari pemerintah maupun sekolah itu sendiri. Mereka hanya mengandalkan “honor” yang besarannya tak tentu dari sekolah sebagai “upah” dari kerja kerasnya. Saya sengaja memberi tanda petik pada kata “honor” dan “upah” karena selama ini honor operator belum bisa dikatakan manusiawi.

Persoalan tersebut bukan hanya kasuistis saja, melainkan juga secara nasional. Dalam berbagai forum operator Dapodik, keluhan tersebut selalu muncul. Maka dari itu kali ini saya membuat artikel berjudul Kumpulan Doa Operator Dapodik. Semoga doa ini benar-benar dikabulkan. Amiin

Kumpulan Doa Operator Dapodik:

1. Berilah Operator Dapodik Fasilitas yang memadai. Selama ini banyak operator yang modal sendiri untuk melakukan pendataan. Mereka rela mengorbankan laptop sendiri dan mengeluarkan ongkos pribadi untuk membeli pulsa internet demi menjamin validitas data yang diinput ke dalam Aplikasi Dapodik.

2. Buatlah payung hukum resmi mengenai posisi Operator Dapodik. Sehingga keberadaanya sebagai tenaga kependidikan di sekolah di akui secara nasional

3. Berikan Honor Operator Dapodik yang manusiawi. Banyak kasus terjadi Operator Dapodik hanya dibayar seadanya oleh sekolah. Padahal keberadaannya termasuk dalam kategori tenaga ahli. Hal ini disebabkan belum ada aturan jelas yang mengaturnya. Hingga saat ini baru Operator Dapodik SMK yang secara resmi mendapat honor dari Dana BOS. Itu pun nilainya masih kecil.

4. Operator Dapodik harus diberikan tunjangan profesi. Sebab peran operator tidak kalah pentingnya dengan guru. Ia harus mengelola seluruh komponen pendidikan di sekolah. Selain itu, waktu kerjanya bisa dikatakan 24 jam penuh sebab ia harus selalu update informasi. Tak jarang mereka rela bangun tengah malam agar bisa melakukan sinkronisasi data.

Itulah beberapa Kumpulan Doa Operator Dapodik. Doa-doa itu saya simpulkan dari berbagai forum diskusi dengan Operator Dapodik. Tentu masih banyak doa lain yang perlu dipanjatkan dan anda bisa menulisnya di kolom komentar yang ada di bawah. Semoga semua doa tersebut segera terkabulkan. Amiin.

Syarat dan Ketentuan Penerbitan NUPTK Terbaru

Syarat dan Ketentuan Penerbitan NUPTK Terbaru. Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan atau yang biasa disebut NUPTK merupakan salah satu instrumen penting dalam hal kepangkatan Guru. Dengan memiliki NUPTK, seorang Guru akan bisa memperoleh berbagai macam tunjangan dari pemerintah seperti Sertifikasi dan Inpassing. Selama belum memiliki NUPTK maka seorang guru belum bisa mendapat tunjangan.

Lantas, bagaimana cara mendapatkan NUPTK? Mulai tahun 2016 pengajuan NUPTK dilakukan secara online lewat VerVal GTK. Panduan utamanya ialah data mengajar anda yang sudah masuk dalam Aplikasi Dapodikdasmen. Aturan baru ini tertuang dalam Surat Edaran Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Nomor 14652/B.B2/PR/2015 tentang Penerbitan NUPTK bagi Guru dan Tenaga Kependidikan pada Satuan Pendidikan Formal dan Non Formal di Tahun 2016.

Syarat dan Ketentuan Penerbitan NUPTK Terbaru
Syarat dan Ketentuan Penerbitan NUPTK Terbaru.

Dalam aturan tersebut dijelaskan secara detil tentang Syarat dan Ketentuan Penerbitan NUPTK Terbaru bagi Guru danTenaga Kependidikan adalah sebagai berikut:

1. Guru, Kepala Sekolah dan Pengawas Sekolah pada jenjang TK, SD, SMP, SMA, SMK, PLB.

2. Pendidik dan Tenaga Kependidikan pada Satuan Pendidikan Non Formal (KB/TPA/SPS, PKBM/TBM, Kursus, danUPT)

3. Guru PNS/CPNS, Pengawas PNS,dan Guru bukan PNS

4. Pendidik dan Tenaga Kependidikan pada Satuan pendidikan Non Formal PNS/CPNS dan bukan PNS

5. S1/D4 dari LPTK/PTN yang memiliki prodi terakreditasi atau dari LPTK/PTS yang terakreditasi Kopertisse tempat bagi guru dan tenaga kependidikan yang diangkat setelah Januari2006

6. Guru dan tenaga kependidikan yang aktif dalam Dapodikdikdasmen dan paud-Dikmas dengan ketentuan:

a. Belum memiliki NUPTK melalui proses verval GTK oleh PDSPK

b. Kandidat guru dan tenaga kependidkan penerima NUPTK melengkapi persyaratan dengan memindai (meng-upload) dokumen persyaratan melalui aplikasi verval GTK:

i. Guru dan tenaga kependidikan PNS: SKCPNS/PNS+SK Penugasan dari Dinas Pendidikan

ii. Guru dan tenaga kependidikan non PNS:

1) Di sekolah negeri:SKPengangkatan dari Bupati/Walikota/Gubernur

2) Di sekolah swasta: SK Pengangkatan GTY selama 2 tahun secara terus menerus dihitun gsampai dengan bulan Januari 2016 (SK tidak berlaku surut)

7. Guru yang aktif tidak dalam dapodik (GuruKemenag):

a. Diajukan oleh operator Disdik melalui aplikasi vervalGTK

b. Belum memiliki NUPTK melalui proses verval GTK oleh PDSPK

c. Kandidat guru penerima NUPTK melengkapi persyaratan denga nmemindai (meng-upload) dokumen persyaratan melalui aplikasi vervalGTK:

i. Guru PNS, SK CPNS/PNS+SK Penugasan dari Disdik

ii. Guru non PNS:

1) Di sekolah negeri: SK Pengangkatan dari Bupati/Walikota/Gubernur

2) Di sekolah swasta: SK Pengangkatan GTY selama 2 tahun secara terus menerus dihitung sampai dengan bulan Januari 2016 (SK tidak berlaku surut)

8. Diverifikasi dokumen persyaratannya oleh Disdik Kab/Kota, Ditjen GTK sesuai kebijakan yang ada

Itulah semua Syarat dan Ketentuan Penerbitan NUPTK Terbaru . Jika anda sudah memenuhinya maka anda akan masuk dalam kandidat calon penerima NUPTK. Semoga dapat membantu.


Sumber: Panduan Pengelolaan Data GTK dan NUPTK Pusat Data dan Statistik Pendidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan


Jenis Penilaian Peserta Guru Pembelajar

Jenis Penilaian Peserta Guru Pembelajar. Sahabat Guru Pembelajar Moda Daring di manapun anda berada. Sebelumnya terimakasih telah mengunjungi blog saya ini. Semoga anda semua selalu mendapat rahmat dan kesehatan agar selalu bisa mencerdaskan para generaso muda penerus bangsa. Serta bisa mengikuti berbagai tahapan dalam pembelajaran online di Program Guru Pembelajar Moda Daring.

Sahabat Guru Pembelajar sekalian, apakah anda semuanya sudah menyelesaikan berbagai tahapan pebelajaran online? Jika sudah pastinya anda semua sudah masuh dalam kategori tes. Di situ anda akan dinilai sejauh mana kompetensi anda sesuai dengan mata pelajaran yang anda ajarkan dalam pembelajaran di kelas.

Jenis Penilaian Peserta Guru Pembelajar
Jenis Penilaian Peserta Guru Pembelajar.

Perlu anda ketahui, pada prinsipsinya pembelajaran di Program Guru Pembelajar Moda Daring ini sama dengan pembelajaran siswa di kelas. Selama proses pembelajaran online Guru akan mendapat berbagai materi yang pada akhirnya bertujuan meningkatkan kompetensi guru tersebut. Setelah selesai pembelajaran, maka anda harus mengikuti beberapa tes atau penilaian.

Penilaian merupakan tahap akhir dari kegiatan GP Daring ini. Hasil penilaian ini merupakan keluaran dari keberhasilan peserta. Tahukah anda jika dalam programa pembelajaran ini terdapat beberapa model penilaian? Semua jenis penilaian tersebut akan diakumulasikan menjadi nilai anda yang nantinya menjadi standar keberhasilan anda mengikuti Program ini. Bagi anda yang belum mengetahui, berikut ini Jenis Penilaian Peserta Guru Pembelajar:

a. Penilaian Diri oleh peserta

Pada akhir pembelajaran di tiap Sesi, peserta wajib memberikan penilaian diri tentang pencapaian kompetensi peserta sendiri untuk mengetahui sejauh mana proses pembelajaran yang telah dikuasai dalam Sesi tersebut. Peserta GP Daring sendiri melalui kuis yang sudah disediakan di akhir setiap Sesi. Penilaian Diri ini memiliki bobot nilai untuk sebesar 10%.

b. Penilaian Tes Sumatif

Selain penilaian diri oleh peserta GP Daring, terdapat juga penilaian Tes Sumatif. Tes ini wajib dikerjakan oleh peserta GP Daring dengan menjawab kuis yang telah disediakan. Penilaian Tes Sumatif ini memiliki bobot nilai untuk sebesar 50%.

c. Penilaian Tes Akhir

Pada akhir kegiatan Guru Pembelajaran Moda Daring peserta GP Daring wajib mengerjakan soal-soal Tes Akhir pembelajaran. Tes Akhir terdapat pada Sesi Penutup dengan bobot nilai 40%.

Itulah tiga macam Jenis Penilaian Peserta Guru Pembelajar. Semua nilai nantinya akan diakumulasikan menjadi satu sehingga akan terlihat berapa nilai akhir seorang guru dalam mengikuti tes. Maka dari itu, ada baiknya jika anda memperhatikan ketiga komponen Jenis Penilaian Peserta Guru Pembelajar sehingga hasil yang anda dapat akan memuaskan.

Persyaratan Mengikuti UN Terbaru

Persyaratan Mengikuti UN Terbaru. Salam Satu Data. Ujian Nasional atau yang biasa disingkat dengan UN merupakan sebuah evaluasi hasil pembelajaran di sekolah yang dilakukan secara nasional. Semua sekolah formal mulai dari jenjang SD sederajat sampai dengan SMA sederajat wajib mengikuti UN yang waktu dan Mata Pelajarannya sudah ditentukan oleh Pemerintah Pusat dalam hal ini Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Tentu, semua peserta ingin mengikuti UN, sebab UN ini menjadi pintu gerbang kelulusan siswa, sehingga ia bisa melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Namun, dalam beberapa kasus terdapat siswa di sekolah yang tak bisa mengikuti UN. Hal ini karena tidak memenuhi syarat-syarat yang telah ditentukan.

Persyaratan Mengikuti UN Terbaru
Persyaratan Mengikuti UN Terbaru.

Lantas, apa sajakah syarat tersebut? Bagi anda yang belum tahu, ada baiknya anda menyimak artikel berikut ini yang berjudul Persyaratan Mengikuti UN Terbaru. Berdasarkan Infografis Ujian Nasional dari Kemdikbud, syarat-syarat mengikuti UN adalah:

1. Peserta didik telah atau pernah berada pada tahun terakhir satuan pendidikan tertentu di jenjang pendidikan dasar dan menengah.

2. Peserta didik memiliki laporan lengkap penilaian hasil belajar pada suatu jenjang pendidikan di satuan pendidikan tertentu, mulai semester 1 tahun pertama sampai dengan semester 1 tahun terakhir.

3. Peserta didik memiliki laporan lengkap penilaian hasil belajar pada pendidikan kesetaraan Peserta didik belum memenuhi kriteria pencapaiankompetensi lulusan.

Lantas, bagaimana jika pada saat UN ada siswa yang sakit dan harus di bawa ke Rumah Sakit? Tenang saja, pada prinsipnya siswa yang sedang dalam perawatan di rumah sakit tetap mempunyai hak untuk mengikuti UN sepanjang syarat-syarat sebagai peserta UN terpenuhi. Teknis pelaksanaannya dikoordinasikan sebagai berikut:

a. Jika kondisi kesehatannya memungkinkan, siswa mengikuti UN di rumah sakit, dengan koordinasi antara Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota, satuan pendidikan pelaksana dan rumah sakit;

b. Jika kondisi kesehatannya tidak memungkinkan mengikuti UN, setelah kondisi kesehatannya memungkinkan, siswa tersebut dapat mengikuti UN susulan sesuai dengan jadwal di sekolah atau di rumah sakit;

c. Jika kondisi kesehatannya tidak memungkinkan mengikuti UN susulan, maka siswa dapat mengikuti UN perbaikan sesuai jadwal yang ditetapkan.

Catatan!!! Siswa yang tersangkut kasus hukum saat pelaksanaan UN tetap mempunyai hak untuk mengikuti UN sepanjang syarat-syarat sebagai peserta UN terpenuhi, namun pelaksanaannya dikoordinasikan antara Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota dengan satuan pendidikan pelaksana dan aparat hukum yang terkait.

Demikian informasi mengenai Persyaratan Mengikuti UN Terbaru. Pastikan semua siswa di sekolah anda masuk dalam kategori peserta Ujian Nasional. Semoga bermanfaat.

Cara Melakukan Perbaikan Data Akreditasi Sekolah di VerValSP

Cara Melakukan Perbaikan Data Akreditasi Sekolah di VerValSP. Sahabat Operator Dapodik Sekolah, bagaimana kabar anda semuanya? Semoga anda semua selalu dalam keadaan sehat wal afiat tanpa kekurangan suatu apapun, sehingga bisa terus menjalankan tugas sebagai pejuang Data Pendidikan di Indonesia.

Kawan-kawan Operator Dapodik, apakah sekolah sudah melakukan perbaruan akreditasi? Jika sudah, apakah anda sudah melakukan perbaikan dalam sistem sehingga pembaruan data tersebut bisa masuk ke server pusat? Jika belum, ada perlu segera melakukan perbaikan data akreditasi sehingga data yang lama bisa segera diperbaharui.

Cara Melakukan Perbaikan Data Akreditasi Sekolah di VerValSP.

Pertanyaan selanjutnya ialah, sudah tahukah anda bagaimana Cara Melakukan Perbaikan Data Akreditasi Sekolah di VerValSP? Apakah harus melalui Dapodik? Jawabannya TIDAK. Perbaikan datan akreditasi bukan melalui Aplikasi Dapodik namun melalui Aplikasi Verifikasi dan Validasi Satuan Pendidikan atau yang biasa disebut e-VerValSP.

Perlu anda ketahui, e-VerValSP merupakan sebuah aplikasi untuk mendukung pengelolaan data pendidikan. Melalui aplikasi ini diharapkan lebih memudahkan dan mendekatkan proses pengelolaan data satuan pendidikan/lembaga pendidikan dan master pendidikan antara tingkat pusat dengan tingkat daerah.

Lalu, bagaimana Cara Melakukan Perbaikan Data Akreditasi Sekolah di VerValSP? Proses perbaikan data akreditasi sebenarnya cukup mudah, silahkankan anda simak baik-baik penjelasan mengenai langkah-langkah perbaikan data akreditasi sekolah berikut ini:

a. Silahkan login ke e-VerValSP di alamat http://vervalsp.data.kemdikbud.go.id/ menggunakan akun anda masing-masing

b. Klik Pada Kotak Menu yang berada di pojok kiri atas

c. Nati akan muncul menu Beranda, Pengelolaan, Spasial dan Citra

d. Kemudian silahkan anda klik Menu  Pengelolaan > Perbaikan Akreditasi

e. Sehingga muncul tampilan Input Data Akreditasi

f. Masukkan Nilai 8 standar nasional pendidikan dari hasil kareditasi sesuai dengan yang tertera di Piagam Akreditasi, masukkan tahun akreditasi, dan Nilai Akhir Akreditasi. Anda harus benar dalam memasukkan data tersebut. Jangan sampai ada yang dikurangi atau ditambahi

g. Kemudian silahkan anda klik Browse yang berada di bawah untuk melampirkan dokumen Akreditasi.

h. Setelah itu klik Tombol Simpan dan menunggu persetujuan dari Admin PDSP-K.

Cukup mudah bukan? Demikian Cara Melakukan Perbaikan Data Akreditasi Sekolah di VerValSP. Semoga dapat membantu anda dalam proses perbaikan data akreditasi sekolah. Terimakasih.