Cara Instalasi Server UNBK yang Benar


UN Tahun Ajaran 2016/2017 resmi diberlakukan dengan sistem Ujian Nasional Berbasis Komputer. Sekolah mulai dari tingkat SMP sampai SMA sederajat wajb menggunakan model UNBK ini.

Supaya proses pelaksanaan UNBK berjalan dengan baik, kali ini saya akan berbagi artikel tentang Cara Instalasi Server UNBK yang Benar.

Instalasi Server adalah langkah pertama dan yang paling utama dalam persiapan pelaksanaan UNBK. Server ini harus dipastikan telah terinstal dengan baik di semua komputer yang digunakan ujian nasional.

Komputer di sekolah tidak akan bisa digunakan untuk pelaksanaan UNBK jika tidak diinstal server yang benar. Bisa jadi ketika salah melakukan instalasi server, saat pelaksanaan UNBK berlangsung akan terjadi masalah teknis yang cukup mengganggu.

Seperti yang anda ketahui bahwa UNBK adalah tes ujian yang berbasis komputer dengan penyajian dan pemilihan soal yang diberikan dilakukan secara terkomputerisasi (berada di dala komputer semua). Sehingga setiap peserta ujian akan memperoleh paket soal yang tidak sama satu dengan yang lainnya.

UNBK digelar dengan tujuan utama memperoleh hasil tes yang benar-benar valid dan bisa  dipertanggung jawabkan kemurnian jawaban yang dipilih peserta didik. Sehingga tidak ada kasus kebocoran soal kemabali.

Dengan sistem UNBK, peserta didik akan mengerjakan semua soal di  mata pelajaran yang diujikan secara terkomputerisasi  dan tidak lagi menggunakan media kertas. Dalam pelaksanaannya, UNBK tidak jauh berbeda dengan UN biasanya, setiap mapel yang diujikan akan dikenai batas waktu pengerjaan.

Sebenarnya UNBK tidak sepenuhnya online melainkan menggunakan VHD offline. Tujuannya supaya sekolah dapat melakukan persiapan dan latihan secara rutin  untuk menggunakan aplikasi UNBK.

Karena sistem bersifat online maka ketika mengaksesnya tidak perlu jaringan internet. Anda hanya butuh jaringan local saja. Server hanya butuh koneksi internet ketika melakukan sinkronisasi data ke server pusat dan memakai vhd semi online.

Mengingat sangat pentingnya peran komputer dalam kesuksesan pelaksanaan UNBK, maka sudah sepatutnya anda mempersiapkan sarana komputer dengan baik. Salah satunya mengenai instalasi server UNBK.

Supaya lebih jelas, silahkan anda simak penjelasan mengenai Cara Instalasi Server UNBK yang Benar berikut ini:

Cara Instalasi Server UNBK yang Benar

Cara Instalasi Server UNBK yang Benar


Sebelum instalasi server UNBK dilakukan, anda harus mengecek dan memastikan terlebih dahulu seluruh kabel jaringan telah terhubung dari NIC server ke hub. Kemudian dari hub sudah terhung pula ke komputer klient. Rangkaian hubungan itu haruslah terkoneksi dengan baik.

Hal pertama yang perlu anda lakukan adalah menginstal VirtualBox, untuk cara instalasinya adalah sebagai berikut:

1. Instalasi VirtualBox Bisa Dilakukan Offline dan Online


Proses Instalasi VirtualBox bisa dilakukan dengan dua cara, yaitu secara offline dan online. Bagi sistm operasi windows yang menggunakan 32 bit atau 64, bit silahkan download file aplikasi VirtualBox pada bagian VirtualBox for Windows hosts. Tunggu sampai file tersebut berhasil didownload sepenuhya

2. Buka Software Aplikasi


Jika sudah, buka software aplikasi VirtualBox yang sudah anda download. Caranya klik dua kali atau klik kanan > open pada file aplikasi VirtualBox anda tersebut

3. Proses Instalasi Dimulai


Kemudian akan tampil sebuah layar yang berisi selamat datang di proses instalasi VirtualBox. Untuk melanjutkan proses instalasi silahkan Klik tombol Next


4. Pilih Fitur yang akan diinstal 


Nanti anda akan dibawa menuju proses instalasi tentang Custom Setup. Di situ anda bisa memilih fitur apa saja yang akan diinstall atau apa saja yang tidak perlu diintas. Misalnya mengenai  jaringan, dukungan terhadap USB hingga  script Phyton bagi VirtualBox API. Di

Pada bagian ini anda juga memilih penempatan lokasi folder VirtualBox akan anda install. Saran saya, biarkan saja semua fitur aplikasi dan pengaturan folder yang akan diinstall. Untuk melanjutkan proses Instalasi Klik Tombol Next

5. Membuat Shortcut


Selanjutnya anda akan diminta untuk menentukan cara akses VirtualBox secara cepat atau yang biasa disebut dengan shortcut. Shortcut ini nantinya akan diinstall bagian Quick Launch Bar dan desktop komputer anda.

Caranya Klik (Cheklis) semua pada pilihan akses yang akan ditampilak. Jangan lupa aktifkan juga Register file associations supaya file dengan ekstensi yang terkait dengan VirtualBox dapat dikenali oleh sistem operasi. Selanjutnya Klik Tombol Next untuk melanjutkan proses intalasi.

6. Penonaktifan Kartu Jaringan


Kemudian akan tampil sebuah pemberitahuan yang isinya bahwa selama proses instalasi berlangsung kartu jaringan atau interface yang terdapat dalam komputer akan dinonaktifkan untuk sementara waktu.

Kartu jaringan ini akan secara otomatis diaktifkan kembali dengan menggunakan tambahan kartu jaringan virtual bawaan yang berasal dari VirtualBox.

Setelah anda memahaminya, Klik tombol Yes agar proses instalasi bisa dilanjutkan. Apabila memilih No maka instalasi tidak bisa dilanjutkan.

7. Notifikasi VirtualBox Siap untuk di Install


Usai langkah nomor 6 sobat lalui maka  VirtualBox telah mempunya semua  informasi  yang  dibutuhkan. Artinya VirtualBox  siap  untuk diinstalasi.

Silahkan Klik tombol Install agar proses intalasi VirtualBox dapat segera dimulai. Pilih tombol Back jika ingin kembali ke proses sebelumnya, Klik Tombol Cancel untuk membatalkan instalasi VirtualBOX.

8. Instalasi VirtualBox Selesai


Tunggu sampai proses intalasi VirtualBox selesai. Selama proses berlangsung biarkan komputer yang anda gunakan tetap hidup. Saya sarankan jangan mengantifkan aplikasi lain yang ada di dalam komputer. Sebab hal itu dapat mengganggu proses intalasi.

Proses instalasi VirtualBox ini membutuhkan waktu beberapa saat. Jadi anda harus sabar menunggunya sampai selesai.

Apabila Instalasi selesai maka akan mmuncul sebuah layar berisi informasi bahwa instalasi virtualbox telah selesai.

Biasanya informasi tersebut akan bertuliskan, Oracle VM VirtualBox installation is Complete. Jika kalimat tersebut sudah muncul berarti instalasi sudah rampung.

Jangan lupa klik (cheklis) pada bagian Start Oracle VM VirtualBox After Installation.

9. Klik Tombol Finish


Untuk mengakhiri proses intalasi dan mulai menjalankan Aplikasi VirtualBox silahkan Klik Tombol Finish yang berada di bawahnya.

Apabila anda akan menjalan Aplikasi VirtualBox, silahkan Klik dua kali pada icon VirtualBox yang terpasang di Dekstop komputer anda. Lebih jelasnya silahkan perhatikan kotak merah pada gambar di atas.

Penutup


Intalasi aplikasi VirtualBox adalah tahap awal dalam proses instalasi server UNBK. Karena nanti masih ada pembuatan dan pengaturan mesin Virtual.

Memang hal ini sengaja saya pisahkan agar pembahasan artikel ini fokus. Dan anda tida perlu khawatir karena mengenai cara pembuatan dan pengaturan mesin virtual juga akan buatkan panduannya.

Artikel Terkait :

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Instalasi Server UNBK yang Benar"

Posting Komentar