Cara Membuat dan Menyetting Mesin Virtual UNBK


Haloo sobat dikbud semuanya, untuk membantu anda menyiapkan segala keperluan untuk pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK), kali ini saya akan kembali melanjutkan postingan tentang ujian ini.

Pembahasan saya pada kesempatan ini adalah fokus mengenai Cara Membuat dan Menyetting Mesin Virtual UNBK.

Mesin Virtual ini memili peranan sangat penting dalam pengoperasian komputer yang digunakan ketika pelaksanaan UNBK berlangsung.

Tak perlu lama-lama lagi berikut ini Cara Membuat dan Menyetting Mesin Virtual UNBK.

Cara Membuat dan Menyetting Mesin Virtual UNBK

Cara Membuat Mesin Virtual


1. Atur terlebih dahulu waktu server sesuai dengan waktu yang riil atau seharusnya. Misalnya saja apabila sekarang waktu adalah pukul 07.00 WIB tanggal 20 Januari 2017, maka silahkan pilih regional, GMT +7, dan waktu wajib tepat pukul 07.00 WIB tanggal 20 Januari 2017.  Ini sangat penting, supaya tidak mengacaukan waktu yang berada di  dalam VM.

2. Untuk memulai pembuatan mesin virtual baru, silahkan jalankanlah aplikasi VirtualBox.

3. Klik tombol  yang NEW atau anda bisa memilih menu MACHINE. Selanjutnya item New gunanya membuat guest machine yangbaru. Jika anda ingin mempercepat pembuatan mesin virtual baru, silahkan Klik Ctrl-N pada keybord PC anda.

4. Lalu akan tampil jendela pop-up Create Virtual Machine, Gunanya adalah untuk memberikan label, jenis serta versi sistem operasi guest yang digunakan (windows 2012 (64 bit)yang nantinya akan diinstall. Nanti akan muncul sebuah jendela untuk Memberi kanNama dan Memilih OS Virtual Machine.

5. Ada beberapa data yang harus anda isi, diantaranya adalah:

  • Name isi dengan nama sistem operasi guest yang nantinya akan diinstall. Pada UNBK kolom Name ini diisi dengan menggunakan format  [nama sekolah]_Server[Nomor Server]. Misalnya unbk_offline 
  • Kolom Type isi dengan jenis operating system (OS) virtual machine yang digunakan. Karena ini untuk UNBK maka isilah dengan OS Microsoft Windows.  
  • Kolom  Version diisi dengan versi dari operating system yang digunakan. Karena untuk UNBK maka digunakanlah versi Windows Server 2012,64 bit. Maka dari itu silahkan kolom ini diisi dengan Windows 2012 R2 (64bit). 

Apabila semua kolom sudah terisi dengan benar, selanjutnya silahkan Klik tombol NEXT.

6. Jiks di dalam kolom version tidak tersedia pilihan Windows versi 2012 (64 bit) maka anda harus melakukan beberapa langkah berikut ini:

  • Memastikan Server lokal telah menggunakan mesin 64 bit.
  • Apabila server   lokal  tersebut telah  menggunakan  mesin  64  bit,  selanjutnya anda harus mengaktifkan/enable terhadap Virtualization Technology (VTx/VTd).
  •  Untuk melakukan pengubahan terhadap  pengaturan  Virtualization  Technology VTx/VTd) caranya adalah dengan masuk BIOS. Adapun pengaturan detil mengenai Virtualization Technology (VTx/VTd) bergantung  dengan jenis BIOS. Namun kebanyakan BIOS yang digunakan, pengaturan terhadap Virtualization Technology (VTx/VTd) berada di dalam menu SECURITY  dan sub menu SYSTEM SECURITY.

7. Atur jumlah memori yang dialokasikan untuk mesin virtual di dalam satuan Megabyte. Anda harus melakukan perubahan terhadap alokasi memori semaksimal mungkin. Caranya dengan mengambil alokasi memori ½ dari alokasi memori yang berwarna hijau namun jangan memori tersebut sampai mencapai garis warna merah. Isian maksimal akan ditunjukkan dengan indikator warna hijau atau setengah dari jumlah total memori komputer yang masih tersedia. Tujuannya supaya sistem operasi utama tidak terganggu karena andanya mesin virtual. Apabila alokasi memory telah ditentukan, selanjutnya Klik tombol NEXT.

8. Mengatur media penyimpanan (hard disk) yang akan digunakan untuk mesin virtual. Dalam pengaturan media penyimpanan virtual terdapat 3 pilihan yang bisa anda gunakan yaitu:

a. Do not add a virtual hard drive


Pilihan digunakan bagi  pengguna tingkat mahir. hard disk virtual akan dibuat dalam bentuk pengaturan yang terpisah sesudah pembuatan mesin virtual selesai dilaksanakan.

b. Create a virtual hard drive now


Pilihan ini digunakan untuk membuat hard disk virtual baru secara bersamaan dengan pembuatan mesin virtual.

c. Use an existing virtual hard drive


Pilihan ini digunakan untuk memilih hard disk virtual yang telah ada.

9. Silahkan anda pilih Use  an  existing  virtual  hard  drive  saja. Sebab anda  akan menggunakan virtual mesin yang telah tersedia dengan mencari sumber file VM yang sudah ada di dalamnya. KemudianKlik tombol buat/Create

10. Di dalam Window Virtual Box nanti akan tampil nama virtual machine yang tadi sudah anda buat. (lihatlah gambar di atas)

Cara Setting Jaringan Virtual Machine


Untuk melakukan Setting Jaringan Virtual Machine anda harus melakukan beberapa langkah berikut ini:

1. Syarat mutlak untuk pelaksanaan UN-CBT adalah server lokal wajin memiliki NIC (Network Interface Card). Adapter 1 yang akan digunakan untuk  koneksi Ke LAN (Local Area Network). Sedangkan pada Adapter 2 akan dipergunakan untuk melakukan koneksi  ke  internet ketika semi online.

AdapunToken dan user  name telah berada ada pada file di dalam folder vhd  verifikasi  offline.

2. Maka dari itu kedua Adapter  tersebut harus  aktif  di  virtual  machine  dengan mengatur adapter di virtual machine.Untuk melakukan setting terhadap adapter dapat melalui menu mesin/machine > pilih pengaturan/settings. Setting jaringan ini harus dilakukan ketika kondisi VM UNBK off.

Cara Membuat dan Menyetting Mesin Virtual UNBK

3. Pilihlah jaringan yang berada di menu sebelah kiri. Tekan Adapter 1, kemudian pilih Terpasang pada Bridge Adapter. Pilihlah nama  Adapter 1 yang sudah terinstall  atau  terpasang  pada  komputer  server  lokal yang digunakan. Sedangkan pada pilihan Tingkat lanjutan gunakanlah default virtual box.

4. Untuk mengaktifkan Adapter 2 silahkan gunakan pilihan pada adapter 2. Kemudian pilih terpasang pada NAT,  pilihlah nama adapter Adapter 2 yang sudah terinstall atau terpasang pada komputer server lokal (ketika posisi sedang online ) yang digunakan. Sedangkan pada pilihan Tingkat lanjutan gunakanlah default virtual box.

5. Usai melakukan setting terhadap jaringan, maka vm sudah siap untuk di start. Caranya dengan Klik tombol START, ini berfungsi  untuk menjalankan virtual machine.

6. Agar dapat masuk ke dalam windows, anda harus memasukkan password pada Bitlocker. Silahkan isi Password tersebut dengan P4ssw0rd

7. Agar dapat masuk ke Windows Server 2012 R2 di virtual machine, anda harus menekan tombol keyboard ctrl+alt+del secara bersamaan. Adapun cara memasukkan tombol ctrl+alt+del di virtual machine tersebut adalah dengan melalui menu machine, yaitu tekan Insert Ctrl+Alt+Del di virtual box

8. Selanjutnya Proktor akan masuk ke Window Server 2012 R2 dengan menggunakan:

  • User : UNCBTProktor Utama
  • Password : P4ssw0rd

Demikianlah informasi mengenai Cara Membuat dan Menyetting Mesin Virtual UNBK yang bisa saya bagikan untuk anda pada kesempatan kali ini.


Artikel Terkait :

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Cara Membuat dan Menyetting Mesin Virtual UNBK"

  1. mau tanya, password administrator windows 2012 R2 apa pak? di virtual box unbk 2018

    BalasHapus