Cara Membuat Pelaporan dan Kenaikan Kelas e-Rapor SMK


Pada akhir dari setiap kegiatan penilaian di sebuah satuan pendidikan atau sekolah adalah menerbitkan laporan hasil pembelajaran siswa. Maka dari itu berbagai kelengkapan mengenai laporan hasil belajar  perlu dientrikan oleh para wali kelas melalui aplikasi e-Rapor SMK.

Apa saja kelengkapan hasil belajar tersebut? Simaklah penjelasan lengkapnya melalui artikel Cara Membuat Pelaporan dan Kenaikan Kelas e-Rapor SMK berikut ini

Membuat Catatan Wali Kelas


Catatan wali kelas adalah sebuah pengganti deskripsi antar mata pelajaran yang dulunya ada di desain rapor Kurikulum 2013 di versi awal.

Cara Membuat Pelaporan dan Kenaikan Kelas e-Rapor SMK


Setiap Wali kelas harus mengisi kolom yang disediakan dengan catatan-catatan yang terkait dengan pencapaian kompetensi secara generik atau informasi pendukung lainnya yang perlu diketahui oleh peserta didikan, orang tua atau wali muridnya.

Untuk mengentri dan mengedit catatan wali kelas, ikuti langkah-lagkah berikut:


  • Fitur catatan wali kelas bisa anda buka melalui menu Laporan Hasil Belajar-Catatan Wali Kelas. Setelah anda buka, maka di layar monitor akan muncul  sebuah form isian catatan wali kelas bagi seluruh peserta didik di dalam rombel yang dibina oleh wali kelas tersebut.
  • Di dalam Form isian catatan wali kelas juga dilengkapi dengan sebuah fitur editing yang sederhana. Sehingga para wali kelas bisa dengan kreatif menyusun sebuah catatan bagi peserta didik yang dibinanya.
  • Setelah semuanya selesai, selanjutnya klik tombol Simpan. Apabila wali kelas ingin mengedit catatannya kembali, cukup dengan mengakses kembali menu yang sama tadi.


Membuat Deskripsi Sikap


Di setiap pelaporan akhir semester, wali kelas akan mengompilasi  semua catatan observasi para guru terhadap peserta didik yang ada di dalam rombel yang dibinanya melalui kolom deskripsi sikap yang ada pada rapor.

Untuk mengentri atau mengedit deskripsi sikap, ikuti tahap-tahap berikut ini:


  • Fitur deskripsi sikap bisa anda buka dengan mengakses menu Laporan Hasil Belajar-Deskripsi sikap. Setelah berhasil dibuka, maka pada layar monitor akan muncul sebuah form isian deskripsi sikap bagi semua peserta didik yang berada di rombel yang dibina oleh wali kelas tersebut.
  • Di bagian kolom catatan sikap akan tercantum semua catatan observasi mengenai sikap yang telah dientri oleh para guru. Wali kelas hanya tinggal memberikan kesimpulan dari semua catatan tersebut ke dalam kolom deskripsi.
  • Setelah semuanya selesai langsung saja klik tombol Simpan. Apabila wali kelas ingin mengedit deskripsi sikap kembali, cukup dengan mengakses kembali menu yang sama tadi.


Membuat Data Absensi


Untuk Membuat Data Absesnsi Ikuti langkah-langkah berikut:


  • Fitur absensi bisa anda buka dengan mengakses menu Laporan Hasil Belajar- Absensi. Setelah berhasil anda buka maka di layar monitor akan muncul sebuah form isian tentang absensi peserta didik untuk seluruh peserta didik di dalam rombel yang dibina oleh wali kelas tersebut.
  • Setelah semuanya selesai klik tombol Simpan. Apabila wali kelas ingin mengedit absensi kembali, cukup dengan mengakses kembali menu yang sama tadi.


Deskripsi Kegiatan Ekstrakurikuler


Di setiap akhir semester, para wali kelas perlu memasukkan deskripsi pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler dengan menggunakan kolom ekstrakurikuler yang terdapat pada rapor.

Untuk mengentri atau mengedit deskripsi ekstrakurikuler, ikuti langkah-langkah berikut:


  • Fitur ekstrakurikuler bisa anda buka dengan mengakses menu Laporan Hasil Belajar-Esktrakurikuler. Setelah berhasil anda buka maka di layar monitor akan muncul data pilihan ekstrakurikuler yang sudah diisikan oleh admin e-Rapor SMK ke dalam referensi ekstrakurikuler.
  • Usai memilih ekstrakurikuler tersebut maka akan muncul form deskripsi ekstrakurikuler peserta didik untuk semua peserta didik di dalam rombel yang dibina oleh wali kelas tersebut.
  • Wali kelas bisa menentukan predikat pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler bagi tiap peserta didik sebagai perangkat bantuan untuk menuliskan data deskripsi pelaksanaan esktrakurikuler per pesertad didik. Para peserta didik tidak terisi data deskripsinya akan dianggap tidak mengikuti ekstrakurikuler. Selain itu deskripsinya juga tidak akan muncul pada tampilan e-rapor SMK.
  • Setelah semuanya selesai klik tombol Simpan. Apabila wali kelas ingin mengedit deskripsi ekstrakurikuler kembali, cukup dengan mengakses kembali menu yang sama tadi.


Penilaian Praktik Kerja Lapangan


Sebenarnya untuk penilaian praktik kerja lapangan (PKL) itu melekat pada penilaian formal. Tetapi di dalam rapor juga perlu dituliskan deskripsi/keterangan mengenai pelaksanaan PKL yang sudah dilakukan oleh pserta didik.

Untuk mengentri atau mengedit keterangan terkait PKL ikuti langkah-langkah berikut:


  1. Fitur PKL bisa anda buka dengan mengakses menu Laporan Hasil Belajar-Praktik Kerja Lapangan. Setelah berhasil anda buka,  maka di layar monitor akan muncul pilihan peserta didik.
  2. Usai memilih peserta didik maka akan tampil sebuah form entri deskripsi pelaksanaan PKL.
  3. Form itu harus diisi dengan berbagai keterangan berikut ini:

  4. Setelah semua selesai klik tombol Simpan.
  5. Apabila wali kelas ingin mengedit keterangan praktik kerja lapangan kembali, cukup dengan mengakses kembali menu yang sama tadi tetapi dengan menekan tombol Aksi-Edit
  6. Apabila wali kelas ingin menghapus keterangan PKL, cukup dengan mengakses kembali menu PKL sesuai langkah di atas tetapi dengan menekan tombol Aksi-Hapus


Prestasi Peserta Didik


Untuk mengentri atau mengedit mengenai catatan prestasi peserta didi, ikuti langkah-langkah berikut ini

1. Fitur prestasi peserta didik bisa anda buka dengan mengakses menu Laporan Hasil Belajar-Prestasi Siswa. Setelah berhasil anda buka maka di layar monitor akan muncul pilihan peserta didik.

2. Usai memilih peserta didik maka akan tampil sebuah form entri deskripsi prestasi peserta didik.

3. Form yang tampil itu harus diisi dengan keterangan sebagai berikut:


  • Jenis prestasi : prestasi yang di peroleh peserta didi. Misalnya Juara LKS Tingkat Provinsi.
  • Keterangan prestasi:  detail prestasi yang diperoleh peserta didik.Misalnya  Juara 1 LKS Tingkat Provinsi di bidang lomba Perakitan Komputer


4. Setelah semuanya selesai klik tombol Simpan.

Apabila wali kelas ingin mengedit keterangan prestasi siswa kembali, wali kelas tinggal mengakses kembali menu prestasi siswa dengan alur yang sama. Namun dengan mengklik tombol Aksi-Edit

Jika wali kelas akan menghapus keterangan prestasi siswa, cukup dengan mengakses kembali menu prestasi siswa sesuai langkah di atas tetapi dengan menekan tombol Aksi -Hapus

Cara Membuat Pelaporan dan Kenaikan Kelas e-Rapor SMK


Mencetak Rapor


Hasil akhir dari aplikasi e-rapor SMK ini adalah rapor digital yang berformat pdf. Setiap Wali kelas bisa mengakses atau men-generate-nya dengan mengikuti langkah-langkah berikut.


  • Fitur review dan cetak rapor bisa anda buka dengan mengakses menu Laporan Hasil Belajar-Cetak Rapor. Setelah berhasil dibuka pengguna akan diperlihatkan opsi Lihat Deskripsi, Lihat Nilai, dan Cetak Rapor dalam bentuk PDF.
  • Wali kelas hanya cuku memilih opsi yang diinginkannya dengan cara klik image yang berada di samping nama peserta didik.
  • Apabila wali kelas ingin mengklik tombol cetak rapor PDF, sistem akan secara otomatis men-generate rapor dalam bentuk pdf sesuai kurikulum yang digunakan sekolah. Bagi kurikulum 2006 (KTSP) pengelompokan Mapel adalah adaptif, normatif, dan produktif. 
  • Sedangkan bagi pelaksanma kurikulum 2013, pengelompokan Mapel iala Kelompok A, Kelompok B, dan Kelompok C. Untuk form nilai akan disajikan dengan menggunakan format page orientation Landscape. Wali kelas bisa menyimpan atau mendistribusikan dokumen tersebut ke dalam bentuk pdf atau bisa juga langsung dicetak di kertas dengan ukuran A4.


Mencetak Legger


Hasil akhir lain dari aplikasi e-rapor SMK ini adalah legger dalam bentuk format excel. Setiap Wali kelas dapat men-generate-nya dengan cara berikut ini:


  • Fitur cetak legger bisa anda buka dengan mengakses menu Laporan Hasil Belajar-Cetak Legger. Setelah berhasi anda buka pengguna akan diperlihatkan opsi Download Legger Pengetahuan serta Download Legger Keterampilan.
  • Pengguna hanya cukup klik icon yang tersedia untuk mengunduh legger yang diinginkannya


Kenaikan Kelas


Aplikasi e-rapor SMK  tidak memfasilitasi pada proses kenaikan kelas peserta didik secara otomatis. Sebab terdapat berbagai hal yang harus diputuskan dalam rapat dewan guru. Contohnya mengenai sikap peserta didik di sekolah.

Maka dari itu, aplikasi e-rapor SMK hanya memfasilitasi kenaikan kelas secara manual. Carabta adalah sebagai berikut:


  • Pihak yang bisa mengakses fitur kenaikan kelas hanyalah  Admin e-Rapor SMK melalui menu Referensi-Referensi Rombel
  • Setiap rombel untuk tingkat di atasnya harus dipastikan telah dimasukkan data referensinya. Contohnya untuk memproses kenaikan kelas yang berasal dari kelas 10 menuju ke kelas 11, pastikan rombel untuk kelas 11 sudah dientrikan dalam referensi
  • Periode Aktif pada Konfigurasi Umum (Menu Referensi-ReferensiUmum) harus dipastikan untuk diubah ke periode sesudah periode berjalan. Tetapi sebelumnya  pastikan dulu semua nilai dari guru dan deskripsi wali kelas telah masuk atau rapor telah selesai dicetak. Sebab apabila langsung diubah sebelum guru menyelesaikan pengentrian nilai maka dikhawatirkan nilai akan masuk ke dalam tahun pelajaran yang berbeda
  • Sealnjutnya, Klik tombol Proses Kenaikan yang berada di sisi paling kanan dari tiap rombel
  • Pilihlah rombel yang berada di bagian bawah form Proses Kenaikan Kelas. Selanjutnya pilih peserta didik yang akan dinaikkan dengan cara klik namanya peserta didika satu per satu atau bisa juga dengan cara klik tombol Pilih Semua
  • Terakhir klik tombol Simpan.


Artikel Terkait :

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Membuat Pelaporan dan Kenaikan Kelas e-Rapor SMK"

Posting Komentar